Basso profondo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Basso profondo (Italia: "bass dalam"), terkadang basso profundo, contrabass atau oktavis, adalah jenis suara bas terendah.

Rentang suara basso profondo (C 2 –C 4 ) ditunjukkan pada keyboard piano berwarna hijau dengan tanda titik di tengah C

Sementara The New Grove Dictionary of Opera mendefinisikan bass tipikal memiliki rentang yang terbatas pada E kedua di bawah C tengah ( E <sub id="mwGg">2</sub> ), [1] bassi profondi opera dapat dipanggil untuk menyanyikan C rendah ( C <sub id="mwHw">2</sub> ), sebagai dalam peran Baron Ochs di Der Rosenkavalier . Seringkali komposer paduan suara menggunakan nada-nada rendah, seperti G 1 atau bahkan F 1 ; dalam kasus yang jarang terjadi, paduan suara mengandalkan bassi profondi dengan rentang yang sangat dalam yang disebut oktavis atau oktavis, yang terkadang menyanyikan satu oktaf di bawah bagian bass.

Penyanyi bas Tim Storms memegang Rekor Dunia Guinness untuk "nada terendah yang dihasilkan oleh manusia".[2]

Pengertian[sunting | sunting sumber]

Kisaran basso profondo menurut definisi Italia berkisar dari C 2 hingga F 4

Menurut Rousseau (1775): "Basse-contres – suara yang paling dalam dari semua suara, bernyanyi lebih rendah dari bass seperti double bass, dan tidak sama dengan kontrabas, yang merupakan instrumen." [3]

Oktavis[sunting | sunting sumber]

Oktavis adalah basso profondo dengan jangkauan yang sangat dalam, terutama khas muzik paduan suara Ortodoks Rusia . Jenis suara ini mempunyai rentang vokal yang meluas hingga A 1 (satu oktaf di bawah rentang bariton) dan terkadang hingga F 1 (satu oktaf di bawah paranada bas ) dengan nada paling rendah yang ekstrem bagi para oktavis, seperti Mikhail Zlatopolsky atau Alexander Ort, mencapai C 1 . [4]

Komposer paduan suara Slavia terkadang menggunakan nada rendah seperti B 1 seperti dalam All-Night Vigil karya Rachmaninoff, G#1 dalam "The Twelve Brigands" oleh Vladimir Pasjukov, G 1 dalam "Ne otverzhi mene" oleh Pavel Chesnokov, atau F 1 dalam "Kheruvimskaya pesn" (Lagu Kerub) oleh Krzysztof Penderecki, meskipun nada-nada tersebut terkadang juga muncul dalam repertoar oleh komposer non-Slavia (misalnya B 1 muncul dalam Simfoni Kedua dan Kedelapan Gustav Mahler ).

Dalam budaya populer, beberapa grup a capella memiliki penyanyi bass dengan rentang oktavis, seperti Tim Foust dari Home Free, Geoff Castellucci dari VoicePlay, dan Avi Kaplan (sebelumnya dari Pentatonix ), serta pemain broadway nominasi Tony, Patrick Page, masing-masing ini mampu mencapai G 1 atau dalam beberapa kasus bahkan lebih rendah, dengan Castellucci mampu mencapai B 0 menggunakan nyanyian subharmonik dan Foust mampu mencapai G 0 menggunakan geraman .

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Bas
  • Fach
  • Berat vokal

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Owen Jander; Lionel Sawkins; J. B. Steane; Elizabeth Forbes. L. Macy, ed. "Bass". Grove Music Online. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 16, 2008. Diakses tanggal 14 June 2006.  ; The Oxford Dictionary of Music gives E2 to E4 or F4
  2. ^ "Lowest vocal note by a male". Guinness World Records (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-04-07. 
  3. ^ Rousseau, Jean-Jacques (1775). Dictionnaire de musique (dalam bahasa Prancis). Paris. hlm. 66. ... des Basse-Contres les plus graves de toutes les Voix, qui chantent la Basse sous la Basse même, & qu'il ne faut pas confondre avec les Contre-basses, qui sont des Instrumens. 
  4. ^ Galbraith, R. (28 March 2018). "Russian Basses". Russian Sacred Music. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 June 2022. Diakses tanggal 11 July 2019. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]