Basilika Tempat Ziarah Nasional Bunda Penebus, Vallarpadam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Tempat Ziarah Nasional Bunda Penebus
വല്ലാര്‍പാടം പള്ളി
Basilika Tempat Ziarah Nasional Bunda Penebus
9°59′N 76°15′E / 9.99°N 76.25°E / 9.99; 76.25Koordinat: 9°59′N 76°15′E / 9.99°N 76.25°E / 9.99; 76.25
NegaraIndia
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs web[1]
Sejarah
Nama sebelumnyaIgreja de Nossa Senhora do Resgate
Arsitektur
StatusBasilika minor, tempat ziarah nasional
Status fungsionalAktif
GayaGotik

Basilika Tempat Ziarah Nasional Bunda Penebus atau Basilika Vallarpadam (Malayalam: വല്ലാർപാടം പള്ളി, Portugis Cochin : Basílica de Nossa Senhora do Resgate) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di Vallarpadam, pinggiran kota di Ernakulam, di kota Kochi, India. Sekitar 5 juta orang mengunjungi basilika setiap tahunnya. Orang-orang dari seluruh penjuru dunia terlepas dari kasta atau kepercayaan pergi ke gereja untuk mencari berkat dari Perawan Maria yang Terberkati, ibu Yesus, dikenal sebagai "Vallarpadathamma".[1]

Perubahan status[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 12 September 2004, Konferensi Waligereja India menaikkan status pusat ziarah ini menjadi "Tempat Ziarah Nasional". Pada bulan Desember berikutnya Paus Yohanes Paulus II menganugerahkan gelar kehormatan Basilika Kecil kepada gereja. Dokumen terkait peningkatan status Gereja Our Lady of Ransom di pulau itu diserahkan kepada Uskup Agung Varappuzha Daniel Acharupampil oleh presiden Konferensi Waligereja India, Yang Utama Kardinal Telesphore Toppo.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Vallarpadam terletak di sebelah Pulau Bolgatty di sebelah barat, dan terhubung ke daratan Ernakulam melalui jembatan Goshree yang baru.[1] Jaraknya sekitar 35 kilometer (22 mi) panjangnya ke arah utara-selatan dan menampung populasi 10.000 orang. Vallarpadam berjarak sekitar satu kilometer (½ mil) dari daratan Ernakulam.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]