Basilika Santo Sebastianus, Acireale

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santo Sebastianus
Basilika Minor Santo Sebastianus
bahasa Italia: Basilica Collegiata di San Sebastiano
Basilika Santo Sebastianus
LokasiAcireale
Negara Italia
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiSanto Sebastianus
Arsitektur
StatusBasilika minor, gereja kolegiat
Status fungsionalAktif
GayaBarok
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Acireale

Basilika Santo Sebastianus (bahasa Italia: Basilica Collegiata di San Sebastiano) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik bergaya Barok yang terletak di Piazza Lionardo Vigo di pusat Acireale di wilayah Sisilia, Italia. Gereja ini menjadi gereja kolegiat pada tahun 1924; dan basilika pada tahun 1990.

Sejarah dan deskripsi[sunting | sunting sumber]

Glory of St Sebastian, lukisan dinding apse oleh Pietro Paolo Vasta

Sebuah oratorium yang didedikasikan untuk Santo Sebastianus, didirikan oleh sebuah persaudaraan, dan telah didirikan pada abad ke-15 di lokasi yang sekarang menjadi tempat gereja Sant'Antonio di Padova sekarang berdiri. Santo Sebastianus adalah sumber penghormatan yang umum di Italia sebagai santo pelindung yang dipanggil untuk perlindungan selama serangan wabah. Ketika kota ini terhindar dari masalah parah akibat serangan wabah tahun 1577 di pulau itu, dukungan terhadap gereja meningkat, dan persaudaraan memutuskan untuk membangun gereja yang lebih besar di situs ini. Pada hari santo pelindung pada tanggal 20 Januari, prosesi ferculo dengan ikon santo dilakukan melintasi kota.

Selesai dibangun pada tahun 1608–1658, gereja ini juga diberi lukisan dinding oleh Venerando Costanzo dan Baldassare Grasso. Gempa bumi tahun 1693 meruntuhkan paduan suara, sakristi, dan oratorium. Rekonstruksi berlangsung cepat terutama antara tahun 1695 dan 1699. Fasad batu putih dari Syracuse dirancang oleh Angelo Bellofiore, dan selesai antara tahun 1705 dan 1715. Di depan fasad terdapat sebuah langkan yang sangat dihiasi dengan sepuluh patung. Deretan orang suci menggambarkan San Gervasio dan San Lorenzo di sebelah kiri, serta San Vito dan San Protasio di sebelah kanan. Di atas adalah patung saudara Santi Cosma dan Damiano. Fasadnya sendiri dihiasi dengan dekorasi pahatan putti dan topeng. Gerbang portal logam atrium diselesaikan oleh Salvatore Paradiso pada tahun 1848, sedangkan relief perunggu di pintu tengah dirancang oleh Gustave Doré pada tahun 1893.

Bagian dalamnya memiliki bagian tengah tengah dan dua lorong dengan kubah yang menjulang di persimpangan transept. Pada tahun 1732, Pietro Paolo Vasta dianugerahi komisi untuk membuat lukisan dinding paduan suara dan apse; dia bersaing untuk mendapatkan komisi dengan Venerando Costanzo, yang melukis Konversi Cromazio untuk lunette di transept kanan. Dalam paduan suara dan tiang kubah, Vasta menggambarkan pemandangan kehidupan Santo Sebastianus. Di Kapel Sakramen, lukisan dinding dibuat oleh Vasta, sedangkan kapel Yesus dan Maria memiliki lukisan dinding karya Alessandro d'Anna. Di transept terdapat beberapa lukisan dinding (1899-1901) dalam encaustic karya Francesco Mancini. Francesco Patanè melukis lukisan dinding di transept antara tahun 1899 dan 1901.[1]

Di antara altarnya adalah yang berikut ini dan Addolorata dan Trinity oleh Vasta dan Vito D'Anna; dan Santi Cosma e Damiano oleh Antonino Bonaccorsi.[2]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Parco Culturale Ecclesia - Terre dell'Etna e dell'Alcantara, situs web, entri gereja, teks oleh Anna Coco, Maria Coco, Antonella Agata Di Gregorio.
  2. ^ Comune of Acireale, entri singkat .

Koordinat: 37°36′41″N 15°09′56″E / 37.61152°N 15.16543°E / 37.61152; 15.16543