Basilika Santo Plekelmus, Oldenzaal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santo Plekelmus
Basilika Minor Santo Plekelmus
Belanda: Sint-Plechelmusbasiliek
Basilika Santo Plekelmus
LokasiOldenzaal
Negara Belanda
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif

Basilika Santo Plekelmus (Belanda: Sint-Plechelmusbasiliek) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di kota Oldenzaal, Belanda. Gereja ini didedikasikan untuk biarawan Irlandia abad ke-8, Plekelmus, yang pestanya pada tanggal 15 Juli telah masuk dalam kalender keuskupan Utrecht abad pertengahan sejak saat itu kanonisasinya pada abad ke-10. Festival ini masih dirayakan setiap tahun di basilika, dan peringatan 1050 tahun santo tersebut dirayakan di sana pada tahun 2004.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bagian tertua dari bangunan yang ada berasal dari pertengahan dan paruh kedua abad ke-12, namun sejarah gereja dimulai pada abad ke-8, ketika misionaris keliling Plechelmus mendirikan gereja pertama di situs tersebut, Gereja Silvester, awalnya didedikasikan untuk Paus Silvester dan beberapa saat sebelum tahun 954 didedikasikan kembali kepada Plechelmus sendiri (dikanonisasi setelah reliknya ditinggikan).[1] Pada tahun 954, uskup Balderic dari Utrecht mendirikan bab di Oldenzaal dan memperluas serta memulihkan gereja abad ke-8, memungkinkan peninggalan Plechelmus digunakan pada kanonisasinya untuk dipindahkan ke sana. Sejak itu, Gereja Plechelmus di Oldenzaal dijunjung tinggi - misalnya, selama Abad Pertengahan, cabangnya adalah satu dari hanya empat cabang di luar Utrecht yang dapat berpartisipasi dalam memilih uskup Utrecht.

Pada tanggal 13 Mei 1950, gereja dianugerahi gelar kehormatan basilika minor berdasarkan keputusan Paus Pius XII.[2]

Berdasarkan dekrit kerajaan tanggal 17 Maret 2009, Ratu Beatrix mengabulkan permintaan untuk memberikan lambang ke basilika .[3]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "BOUWGESCHIEDENIS". St. Plechelmusbasiliek. Diakses tanggal 27 Desember 2019. 
  2. ^ "PAUSELIJKE BUL". St. Plechelmusbasiliek. Diakses tanggal 27 Desember 2019. 
  3. ^ "WAPEN BASILIEK VAN DE H. PLECHELMUS". Diakses tanggal 27 Desember 2019.