Basilika Santo Maurisius, Épinal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santo Maurisius
Basilika Minor Santo Maurisius dari Épinal
Prancis: Basilique Saint-Maurice
Basilika Santo Maurisius
LokasiÉpinal
Negara Prancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Saint-Dié

Basilika Santo Maurisius dari Épinal (Prancis: Basilique Saint-Maurice) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di komune Épinal, Perancis.

Basilika Santo Maurisius, dalam keadaannya saat ini, dibangun antara abad ke-11 dan ke-13. Basilika tersebut merupakan bagian dari Keuskupan Saint-Dié.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Denah basilika pada konsekrasinya pada tahun 1050 oleh Paus Leo IX (rekonstruksi).

Pada Abad Pertengahan, tanah tersebut berada di bawah yurisdiksi Penguasa Metz; secara gerejawi, mereka berada di bawah Keuskupan Toul, bagian dari paroki Dogneville.[1] Basilika ini diyakini berdiri di lokasi gereja pertama di kota itu, yang dibangun pada abad ke-10 oleh Uskup Gerard dari Toul atas permintaan Thierry de Hamelant, Uskup Metz. Paroki ini dibentuk dari lima rumah yang diambil dari paroki Dogneville: Spinal, Grennevo, Avrinsart, Villers, dan Rualménil, dalam mendirikan biara , mendedikasikan gereja tersebut kepada Saint Maurice, melayani penduduk kota dan para biarawan Benediktin. Untuk menyelesaikan fondasinya, kedua uskup tersebut pindah, dengan Thierry de Hamelant membawa relik Santo Goeric, sebuah acara yang konon diiringi keajaiban yang dicatat oleh Widric. Di sebelah selatan bagian tengah terdapat biara, sedangkan di sebelah selatan paduan suara, terdapat pemakaman pertama Epinal, yang terletak di Place de l'Âtre saat ini, seperti yang ditunjukkan oleh salib yang ditempelkan di dinding lengan selatan transept. . Uskup berikutnya, Adalbero II, yang mendapati biara itu sepi, memutuskan untuk mendirikan biarawati Benediktin di sana di bawah perlindungan Saint Goëry, salah satu pendahulunya di tahta uskup Metz.[2]

Perlindungan[sunting | sunting sumber]

Basilika Saint-Maurice diklasifikasikan sebagai monumen bersejarah berdasarkan daftar tahun 1846.[3]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lepage, Henri; Vosges.), Charles Charton (koki de divisi à la préfecture des. Le département des Vosges: statistik sejarah dan administrasi. hlm. 184. 
  2. ^ "Basilique Saint-Maurice et Saint-Goëry (Epinal, 11 ème siècle-13 ème siècle)". 
  3. ^ Base Mérimée: Église Saint-Maurice, Ministère français de la Culture. (dalam bahasa Prancis)

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Tronquart, Martine (1989). Saint-Maurice d'Épinal, une église dans la ville (dalam bahasa Prancis). Vagney: édition Gérard Louis. ISBN 2-907016-08-3. 
  • Tronquart, Martine (1996). Épinal: basilique Saint-Maurice. Itinéraires du patrimoine (dalam bahasa Prancis). Nancy: éditions Serpenoise. ISBN 2-87692-293-2.