Basilika Santo Fransiskus Xaverius, Dyersville

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santo Fransiskus Xaverius
Basilika Minor Santo Fransiskus Xaverius
Inggris: Basilica of St. Francis Xavier
Basilika Santo Fransiskus Xaverius
LokasiDyersville, Iowa
Negara Amerika Serikat
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Dubuque

Basilika Santo Fransiskus Xaverius (Inggris: Basilica of St. Francis Xavier) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di Dyersville, Iowa, Amerika Serikat. Gereja ini dinamai untuk menghormati misionaris Santo Fransiskus Xaverius. Statusnya dinaikkan menjadi basilika minor pada tahun 1956. Gereja dan pastoran terdaftar bersama dalam Daftar Tempat Bersejarah Nasional pada tahun 1999.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Altar Utama (latar depan) dan bekas Altar Tinggi (latar belakang)

Dyersville awalnya dihuni oleh imigran Inggris. Dalam beberapa tahun Inggris pindah, dan banyak imigran Jerman mulai berdatangan di daerah tersebut. Sebuah paroki didirikan untuk melayani para imigran ini pada tahun 1859. Gereja St. Francis Xavier yang pertama selesai dibangun pada tahun 1862. Paroki tersebut berkembang pesat dan ukuran gereja harus diperbesar dua kali lipat pada tahun 1869. Pada tahun 1880, menjadi jelas bahwa dengan meningkatnya umat Katolik penduduk Dyersville dan daerah sekitarnya, gedung gereja lama tidak lagi memadai.[1]

Program pembangunan gereja baru dimulai pada pertengahan tahun 1880-an. Paroki memutuskan untuk membangun bangunan besar bergaya Kebangkitan Gotik untuk melayani peningkatan populasi. Dubuque arsitek Fridolin Heer Sr. dan putranya Fridolin Heer Jr. merancang gereja tersebut. Imam saat itu, Anton Kortenkamp (1834-1889), juga mempunyai pandangan ke depan agar altar ditempatkan di atas fondasi batu yang kokoh, yang merupakan salah satu syarat agar sebuah altar dapat disucikan. Konstruksi dimulai pada tahun 1887, dan batu penjuru diletakkan pada tanggal 3 Juni 1888. Gereja baru ini diresmikan oleh Uskup John Hennessy pada tanggal 3 Desember 1889. Ketika bangunan itu selesai dibangun berdedikasi, kereta khusus membawa orang-orang dari seluruh negara bagian Iowa untuk menyaksikan upacara tersebut. Dibutuhkan biaya sekitar $100,000 dolar untuk membangun gereja ini.[1] Setelah bangunan ini selesai dibangun, gereja lama diubah menjadi ruang kelas. Itu kemudian dirobohkan setelah sekolah baru selesai dibangun. Lampu listrik ditambahkan ke gereja pada tahun 1904.

Bagian dalam gereja dihiasi dengan sejumlah lukisan dan lukisan dinding. Sebagian besar pekerjaan ini dilakukan oleh seniman Milwaukee Clotilda dan Alphonse Brielmaier dari tahun 1904 hingga 1905. Pekerjaan untuk menyempurnakan lukisan dinding asli atau menutupi sebagian di antaranya dilakukan pada tahun 1930 dan 1955.

Pastoran ini dibangun di sebelah barat gereja pada tahun 1935. Tempat tinggal bata berukuran 68-x-66-kaki (21 x 20 m) berisi 14 kamar.[2] Kamar-kamarnya adalah a kombinasi ruang tamu pribadi dan kantor. A. J. Osterhaus Construction dari Dyersville adalah kontraktor yang membangun pastoran tersebut. Sebuah garasi dan lorong menghubungkannya ke basilika.

Detail lukisan dinding

Perpindahan untuk mengangkat Santo Fransiskus Xavier menjadi basilika kecil dimulai pada tahun 1940-an. Pastor Mathias M. Hoffman saat itu, yang pernah menjabat sebagai pastor militer di Eropa pada Perang Dunia I dan Perang Dunia II, mulai menyampaikan tujuan tersebut kepada pejabat Vatikan. Perjuangan ini diperkuat ketika seorang Kardinal Jerman berpangkat tinggi, Konrad von Preysing, mengunjungi gereja tersebut.[2] Pada pertengahan tahun 1950-an gedung gereja ditahbiskan. Di bagian dalam terdapat sejumlah salib emas kecil di dinding samping, menandai dua belas tempat di mana dinding gereja diurapi dengan Krisma pada saat gereja ditahbiskan. Setelah ditahbiskan, sebuah gedung gereja tidak boleh digunakan untuk tujuan lain apa pun dan hanya gereja yang ditahbiskan yang dapat diangkat ke pangkat basilika. Sebelumnya paroki telah bekerja keras untuk mencapai dan mempertahankan status bebas hutang, sebuah persyaratan awal sebelum sebuah gereja dapat ditahbiskan.

Pada tanggal 11 Mei 1956, gereja tersebut diangkat menjadi basilika kecil oleh Paus Pius XII. Ini adalah gereja kedua belas di Amerika Serikat yang menerima kehormatan ini.[1] Misa yang secara resmi menamai gereja tersebut sebagai basilika menarik banyak orang dari seluruh negara bagian, serta banyak pastor tingkat tinggi.

Penambahan dilakukan pada sisi selatan basilika pada tahun 1989. Di dalamnya terdapat lift bagi penyandang cacat, toilet dan akses ke ruang bawah tanah basilika.

Pada pertengahan tahun 1990-an, paroki mulai mengadakan Misa Tridentina pada pukul 12.00. pada hari Minggu. Misa ini diucapkan atau dinyanyikan dalam bahasa Latin menurut Ritus 1962. Saat ini, Misa Siang dipersembahkan dalam bahasa Spanyol.

Bagian dalam gereja direnovasi dari tahun 2000 hingga 2001. Lukisan dan fresko dibersihkan. Lukisan dinding lain yang tersembunyi di bawah lapisan cat dipulihkan. baldacchino, altar utama, altar samping, dan patung dibersihkan dan dipugar. Hal ini dimungkinkan karena pemberian dari seorang umat paroki.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "History". Basilika St. Fransiskus Xavier. Diakses tanggal 19-01-2016. 
  2. ^ a b Clarabelle Baum. .nps.gov/pdfhost/docs/nrhp/text/99001205.PDF "Basilika St. Fransiskus Xavier, Gereja dan Pastoran" Periksa nilai |url= (bantuan) (PDF). Layanan Taman Nasional. Diakses tanggal 2016-01-19.