Basilika Santa Maria dei Servi, Bologna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santa Maria dei Servi
Basilika Minor Santa Maria dei Servi
bahasa Italia: Basilica di Santa Maria dei Servi
Basilika Santa Maria dei Servi
LokasiBologna
Negara Italia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Bologna

Basilika Santa Maria dei Servi (bahasa Italia: Basilica di Santa Maria dei Servi) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di Bologna, Italia.

Didirikan pada tahun 1346, sebagai gereja Komunitas Servite dari Perawan Maria yang Terberkati dan dirancang oleh Andrea da Faenza, seorang kepala biarawan dan arsitek yang juga membantu Antonio di Vincenzo pada Basilika San Petronio yang monumental. Pada abad ke-20, Paus Pius XII memberikan status "basilika minor" kepada gereja.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Bagian Dalam[sunting | sunting sumber]

Basilika ini berukuran panjang 100 meter dan lebar 20 meter. Bentuknya seperti salib Latin tetapi transeptnya tidak menonjol melampaui lorong. Apse dangkal terdiri dari lima segmen segi delapan, seperti yang umum di gereja Gotik Italia.

Ini dirancang dengan gaya Gotik dengan lengkungan runcing di seluruh bagiannya. Setelah kematian Padre Andrea pada tahun 1396, pekerjaan tersebut belum selesai. Namun, penyelesaiannya pada abad ke-15 tidak banyak mengubah desain basilika itu sendiri, yang seluruhnya berpenampilan Gotik.

Bagian tengah tengah dan lorong samping dipisahkan satu sama lain oleh kolom bundar kokoh dengan ibu kota berwarna bunga, batangnya berwarna merah dan ibu kota serta alasnya terbuat dari batu pucat yang kontras, menambah efek dekoratif pada arsitektur yang sangat sederhana. Dinding yang diplester di atas arcade ditembus oleh jendela mata yang dipasang tinggi di bawah kubah gotik. Kubahnya berbentuk segi empat sederhana dengan rusuk bata berbeda dengan pengisi.

Eksterior[sunting | sunting sumber]

Secara eksternal, gereja ini terbuat dari batu bata yang sangat polos dan tidak didekorasi. Fasad yang dibangun dalam beberapa tahap ini belum pernah dihias.

Ciri luar biasa dari gereja ini adalah halaman atau atriumnya. Ini adalah ciri yang umum di gereja-gereja Kristen mula-mula, termasuk gereja-gereja Basilika Santo Petrus di Roma, namun hampir selalu hilang. Ini adalah kasus atrium yang tidak biasa yang dibangun pada abad ke-16. Tampaknya ini meniru arcade yang dibangun oleh Brunelleschi di Rumah Sakit Innocents (Ospedale degli Innocenti) di Florence, dan kemudian diperluas ke bagian lain dari piazza besar, termasuk depan Gereja Asumsi.

Dalam kasus Santa Maria dei Servi, piazza di depan basilika cukup kecil—yang memungkinkan dibangunnya arcade lebar di sekelilingnya yang mengelilingi seluruh alun-alun tanpa gangguan. Arkade di satu sisinya ditutup oleh bangunan konventual, tetapi di kedua sisinya terbuka ke jalan, dan membentang di sepanjang sisi kiri bangunan. Jika arcade bertemu dengan fasad, maka membentuk "narthex" atau serambi lebar dengan lima lengkungan, membentang di depan gereja. Arcade ini memiliki hiasan cornice dan cetakan melingkar pada tiang-tiangnya menggemakan jendela mata di fasad.

Karya seni[sunting | sunting sumber]

Banyak karya seni yang masih disimpan di gereja termasuk Perawan Suci Bertahta yang secara tradisional dikaitkan dengan Cimabue tetapi dianggap sebagai produk bengkelnya,[1] sisa lukisan dinding abad ke-14 karya Vitale da Bologna dan Lippo di Dalmasio, lukisan karya Innocenzo da Imola dan Francesco Albani, dan altar marmer dari Annunciation of Mary (1558) oleh Giovanni Angelo Montorsoli, murid Michelangelo.[2]

Gereja juga memiliki organ pipa yang dipuji secara luas, dibuat pada tahun 1967 oleh perusahaan Tamburini dari Crema, yang dapat dioperasikan dengan tindakan mekanis.[2]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gibbs, Robert. Cimabue. Diakses tanggal 3 Desember 2013.  Templat:Perlu berlangganan
  2. ^ a b "La Basilica di Santa Maria dei Servi a Bologna". 1. Diakses tanggal 3 Desember 2013.