Basilika Maria Dikandung Tanpa Noda, Mongomo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Maria Dikandung Tanpa Noda
Basilika Minor Maria Dikandung Tanpa Noda
Spanyol: Basílica de la Inmaculada Concepción de Mongomo
Basilika Maria Dikandung Tanpa Noda
LokasiMongomo
NegaraGuinea Khatulistiwa
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
Tanggal konsekrasi2011
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
Tipe arsitekturNeoklasik
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Mongomo

Basilika Maria Dikandung Tanpa Noda (Spanyol: Basílica de la Inmaculada Concepción de Mongomo atau Basilica de Mongomo) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di Mongomo, Guinea Khatulistiwa. Gereja ini kadang-kadang keliru disebut sebagai "katedral" karena ukurannya yang besar, namun tidak berdasarkan keuskupan mana pun, sehingga tidak menikmati status tersebut. Basilika Mongomo saat ini merupakan bangunan keagamaan terbesar di Afrika Tengah dan gereja Katolik terbesar kedua di seluruh Afrika, setelah Basilika Bunda Maria dari Perdamaian di Pantai Gading.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Basilika ini dimulai pada tahun 2006, didanai oleh negara Guinea Khatulistiwa, dan dibangun oleh perusahaan Italia Makinen Venture. Perusahaan Italia lainnya, Ruffini Decorazioni, bertanggung jawab atas interior dan penyelesaian akhir. Basilika ini memiliki kapasitas untuk menampung seribu umat, dan seperti namanya didedikasikan untuk Yang Dikandung Tanpa Noda, pelindung Guinea Khatulistiwa. Di dalam basilika terdapat replika pemujaan Esperanza Macarena, yang dibawa dari Sevilla, Spanyol.[1][2]

Basilika ini secara resmi ditahbiskan pada tanggal 7 Desember 2011 oleh Yang Utama Kardinal Francis Arinze dari Nigeria, presiden Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama, atas nama Paus Benediktus XVI. Kardinal Arinze menemani Nunsius Apostolik untuk Guinea Khatulistiwa, Kamerun dan Gabon, Piero Pioppo, beberapa uskup dan lebih dari dua ratus imam. Pada upacara tersebut, pembacaan dekrit bahwa Vatikan memberi gereja ini martabat basilika kecil diberikan.[3][4]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ «Asturias Mundial. Peresmian Basílica de la Inmaculada Concepción en Mongomo»
  2. ^ Scafidi, Oscar. Equatorial Guinea. Panduan Perjalanan Bradt. ISBN 9781841629254. 
  3. ^ ECUATORIAL, GUINEA. "Entrega de la residencia papal de la Basílica de la Inmaculada Concepción de Mongomo - Página Oficial del Gobierno de la República de Guinea Ecuatorial". www.guineaecuatorialpress.com. Diakses tanggal 2016-05 -05. 
  4. ^ "ElDiarioDeMalabo.com: El Presidente Obiang Nguema en la Basílica de Mongomo". www.eldiariodemalabo.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10-06-2016. Diakses tanggal 2016-05-05.