Basilika Kelahiran Perawan Maria, Chełm

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Kelahiran Perawan Maria
Basilika Minor Kelahiran Perawan Maria
bahasa Polandia: Bazylika Narodzenia Najświętszej Maryi Panny
Basilika Kelahiran Perawan Maria
LokasiChełm
Negara Polandia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
ArsitekPaweł Antoni Fontana
GayaBarok
SelesaiAbad ke-18

Basilika Kelahiran Perawan Maria (bahasa Polandia: Bazylika Narodzenia Najświętszej Maryi Panny, Ukraina: Собор Різдва Пресвятої Богородиці) adalah sebuah gereja basilika minor dan kompleks biara Katolik yang terletak di kota Chełm, Polandia. Gereja dan halaman basilika berdiri di tengah Chełm di Bukit Chełm (juga disebut Bukit Katedral atau Bukit Kastil). Sepanjang sejarahnya, gereja tersebut adalah Ortodoks, Uniate dan Katolik Roma. Di sekitar halaman basilika terdapat taman kota dan pemakaman.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Basilika ini merupakan bekas kompleks Gereja Ortodoks dan Biara Basilian. Didirikan pada paruh pertama abad ke-13 oleh Danylo Romanowych dan berfungsi sebagai Gereja Ortodoks dan kemudian sebagai Gereja Katolik Yunani. Gereja yang sekarang didirikan pada tahun 1735-56 oleh uskup Chełm Katolik Yunani Philip Włodkowic dan dibangun sesuai dengan rencana Paweł Fontana. Ini adalah gereja akhir barok yang dibangun dalam bentuk salib Latin, basilika tiga lorong dengan kubah besar delapan bagian.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bekas Katedral Katolik Yunani dan saat ini menjadi gereja Paroki, Basilika Perawan Maria berdiri di situs gereja Ortodoks dengan nama yang sama, didirikan oleh Daniel Romanowicz pada sekitar tahun 1260.

Setelah kebakaran pada tahun 1640, bangunan ini dibangun kembali oleh uskup Metody Terlecki yang memperkenalkan beberapa perubahan kecil. Seiring berlalunya waktu, gereja perlu diperbesar dan pada tahun 1711 uskup Józef Lewicki memulai pekerjaan perbaikan dan membangun transept. Sayangnya, ternyata pekerjaan tersebut dilakukan dengan tidak dapat diandalkan sehingga bangunan tersebut nyaris runtuh. Penerus Lewicki, uskup Felicjan Wołodkowicz menganggap kondisi bangunan tersebut sangat buruk sehingga renovasi tidak lagi menjadi pilihan dan oleh karena itu memerintahkan pembongkarannya. Pada tahun 1735 pekerjaan dimulai dan sebuah gereja baru yang jauh lebih besar dibangun, yang siap pada tahun 1756. Saat itu, di kuria duduk uskup Maksymilian Rylo, yang menyelesaikan investasi dan mendirikan tempat suci yang kaya akan dekorasi.[1]

Pada tanggal 15 September 1765 gereja ini menjadi tempat penobatan lukisan menakjubkan Bunda dari Chełm. Lukisan itu dihormati di seluruh negeri karena hubungannya dengan kemenangan dalam Pertempuran Berestechko yang terjadi pada tahun 1651.[2] Lukisan itu diambil oleh pasukan Rusia pada tahun 1915 dan saat ini disimpan di Lutsk, Ukraina.[3]

Pada tahun 1802 katedral ini dilalap api namun temboknya tetap utuh untuk waktu yang lama. Akhirnya, pada tahun 1827 uskup Ferdynand Dąbrowa-Ciechanowski, dengan mengorbankan perbendaharaan Kerajaan Polandia, membangun kembali tempat suci tersebut. Struktur yang dibangun kembali ini selamat dari konversi Eparki Chełm ke Ortodoksi Timur pada bulan Mei 1875.

Setelah serbuan pasukan Austria ke Chełm (pada tahun 1915), katedral ini digunakan sebagai gudang tentara.[4] Pada bulan Mei 1919, Polandia pihak berwenang menyumbangkan gereja tersebut kepada pendeta Katolik. Pada bulan Mei 1940, pihak berwenang Pendudukan Jerman memberikan katedral tersebut kepada orang Ukraina. Pada bulan November tahun yang sama, keuskupan Ortodoks dibentuk. Segera setelah pembebasan Polandia, 24 Agustus 1944, berdasarkan keputusan Komite Pembebasan Nasional Polandia, katedral Chełm diberikan kepada Gereja Katolik.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]