Basilika Keibuan Ilahi Bunda Maria, Ranchi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Keibuan Ilahi Bunda Maria
Basilika Keibuan Ilahi Bunda Maria di Jharkhand
Basilika Keibuan Ilahi Bunda Maria
Basilika Keibuan Ilahi Bunda Maria
23°17′57″N 85°25′46″E / 23.2992°N 85.4295°E / 23.2992; 85.4295Koordinat: 23°17′57″N 85°25′46″E / 23.2992°N 85.4295°E / 23.2992; 85.4295
LokasiUlhatu, Jharkhand
NegaraIndia
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
Didirikan1903
DedikasiSanta Perawan Maria
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
Ditetapkan30 November 2004
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Ranchi

Basilika Keibuan Ilahi Bunda Maria adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di Ulhatu, dekat Ranchi, India.[1] Keputusan yang menetapkannya sebagai basilika dikeluarkan pada tanggal 30 November 2004.

Dalam Gereja Katolik Roma, Perawan Maria dianggap tidak hanya sebagai Bunda Allah tetapi juga sebagai Bunda Gereja.

Asal usul gereja ini dapat ditelusuri kembali ke tahun 1903, di sebuah desa terpencil bernama Kawali, di mana sebuah sekolah dasar desa dibuka dan ditempatkan di bawah asuhan seorang katekis.[2] Sebuah kapel desa dibangun di Kawali pada tahun 1907 dan kemudian dipindahkan ke Bhuthataur pada tahun 1948. Sebuah sekolah dasar juga berfungsi dari sini dan seorang pastor menghadiri misa di gereja ini. Ini adalah masa ketika Ulhatu masih menjadi bagian dari paroki Katedral Ranchi.

Pada tahun 1952 ketika Pastor Defrijn meletakkan fondasi gereja dan gedung sekolah, tinggal di sebuah gubuk. Gereja ini resmi didirikan pada tahun 1953. Tak lama kemudian para peziarah mulai berdatangan di Ulhatu. Di kuil ini ditempatkan patung Bunda Maria dari Halle yang sedang memberi makan Kanak-kanak Yesus.

Ada beberapa cerita yang melekat pada Bunda Maria di paroki ini. Menurut legenda, ketika musuh menyerang kota Ranchi, penduduk setempat meminta bantuannya. Patung Bunda Maria menerima semua peluru meriam musuh, menjadi hitam namun menyelamatkan kota. Paroki ini kebetulan berada di dalam Lapangan Tembak Lapangan Hutan Horal.

Kisah lain menceritakan tentang seorang siswa, Constant Lievens, yang pergi berziarah ke Maria di Halle dan mendapat peneguhan panggilannya menjadi Misionaris Ranchi. Ketika Lievens mengunjungi desa Kawali pada tahun 1889, dia menyelamatkan nyawa masyarakat di sana, sehingga terjadi gerakan menuju gereja. Ceritanya adalah bahwa Lievens sedang sakit di Belgia dan dia sangat ingin kembali ke gereja untuk menghormati Bunda Maria. Lievens meninggal tetapi jenazahnya dikirim ke Ranchi pada tahun 1993, hanya seratus tahun setelah kematiannya. Rencananya dilaksanakan di Ulhatu dimana kuil tersebut diberkati pada tahun 1995.

Gereja Ulhatu memiliki kapel desa di Banpur, Barhibera, Jaratoli, Kawali, Kudagarha, Plandu, Serengtoli, dan Sogod. Beberapa biara dijalankan oleh gereja ini, antara lain Biara St Anne, Suster Hati Maria Tak Bernoda, dan institusi pendidikan antara lain Sekolah Menengah St Joseph, Sekolah Menengah dan Sekolah Dasar RC, Sekolah Biara dan Sekolah KG St Anne dan Sekolah Grihini St Anne. Ada juga Apotik St Anne yang berfungsi di Raja Ulhatu, Ranchi melayani anggota masyarakat yang kurang mampu.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]