Basilika Kebangkitan Kristus, Kaunas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Kebangkitan Kristus
Basilika Minor Kebangkitan Tuhan Kita Yesus Kristus
bahasa Lituania: Kauno mūsų Viešpaties Jėzaus Kristaus Prisikėlimo bazilika
Basilika Kebangkitan Kristus
LokasiKaunas
Negara Lituania
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
Tanggal konsekrasi2004
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
ArsitekKarolis Reisonas
GayaFungsionalisme
Selesai2005
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Kaunas

Pemandangan di atas atap

Basilika Kebangkitan Tuhan Kita Yesus Kristus (bahasa Lituania: Kauno mūsų Viešpaties Jėzaus Kristaus Prisikėlimo bazilika) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di Kaunas, Lituania. Gereja ini disucikan pada tahun 2004, dan pada 2005 akhirnya selesai dibangun. Gereja ini adalah gereja basilika terbesar di Negara Baltik.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Setelah Lithuania memperoleh kembali kemerdekaannya pada tahun 1918, muncullah konsep gereja baru yang mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan atas kebebasan yang diperoleh kembali. Sebuah komite yang dipimpin oleh presiden Antanas Smetona didirikan pada tahun 1926 untuk mengawasi pembangunannya. Kota Kaunas dipilih sebagai lokasinya, karena ibu kota bersejarah Lituania, Vilnius, adalah bagian dari Polandia antara tahun 1920 dan 1939. Sebuah kompetisi desain diadakan pada tahun 1928 dan proposalnya disusun oleh Karolis Reisonas dipilih untuk gereja sebagai yang terbaik. Karena kesulitan teknis yang timbul dari luasnya cakupan desain, dan peningkatan perkiraan biaya yang dramatis, desain akhir baru disetujui pada tahun 1933.

Batu penjuru pertama untuk gereja ini dibawa dari Gunung Zaitun di Yerusalem pada tahun 1934, menandai tonggak sejarah simbolis pertama gereja tersebut. Dana untuk pembangunan dikumpulkan di Lituania dan luar negeri. Pastor Lithuania terkemuka Feliksas Kapočius secara khusus terlibat tidak hanya dalam rincian proyek pembangunan, tetapi juga dalam pendanaannya. Dia melakukan perjalanan ke Amerika Serikat, tempat tinggal banyak emigran Lituania, untuk mendapatkan dukungan. Pembangunannya mengalami beberapa kemunduran, dan terkadang terhenti karena kurangnya dana.

Pada tahun 1936, arsitek tertentu Cekoslowakia dari Praha mengatakan bahwa gereja tersebut akan menjadi mahakarya arsitektur modern di Baltik.[1] Pada tahun 1938 tembok dan atap gereja selesai dibangun, dan oleh 1940 sebagian besar telah selesai; saat ini sekitar satu juta litas telah dibelanjakan, sebagian besar berasal dari sumbangan perorangan. Pekerjaan lebih lanjut di gereja dihentikan selama Perang Dunia II. Pihak berwenang Pekerjaan Nazi menggunakan gereja sebagai gudang; pada masa Pendudukan Soviet di Lituania, bangunan tersebut disita oleh pemerintah. Pada tahun 1952 Stalin mengeluarkan keputusan bahwa bangunan tersebut akan digunakan sebagai pabrik; salib di atas menara dihancurkan, begitu pula kapelnya.[2]

Struktur gereja digunakan sebagai pabrik radio hingga kebangkitan nasional Lituania pada tahun 1988. Segera setelah itu, kendali gereja dikembalikan ke dewan yang baru didirikan. Selama tahun 1990-an, rehabilitasinya menemui hambatan lebih lanjut; gereja dan negara telah resmi dipisahkan, dan warga Lituania berjuang menghadapi kemerosotan ekonomi selama transisi ke ekonomi pasar. Bagaimanapun, pekerjaan terus berlanjut. Pendanaan disediakan oleh sumber swasta dan pemerintah Lituania, dan gereja tersebut ditahbiskan pada tahun 2004.

Pada tahun 2015 gereja menerima gelar basilika minor dari Paus Fransiskus.

Basilika Kebangkitan hari ini[sunting | sunting sumber]

Gereja sekarang memiliki dua menara: satu setinggi 70 meter, dan yang lebih rendah muncul dari altar utama. Di tingkat atas menara utama terdapat kapel tambahan. Lift memungkinkan akses ke atap gereja, yang memberikan pemandangan kota yang indah.

Gereja berdiri di atas Bukit Hijau Kaunas, Žaliakalnis. Ruang bawah tanahnya menampung columbarium dan museum paroki. Gereja ini tidak hanya didedikasikan untuk upacara Katolik Roma - gereja ini juga digunakan untuk pertemuan dan acara komunitas, dan sebagai taman kanak-kanak. Tempat kudus dapat menampung 400 orang; secara keseluruhan, dapat menampung sekitar 5.000 orang.

Kota Kaunas dilihat dari atap Basilika Kebangkitan Kristus

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 54°54′07″N 23°55′01″E / 54.902°N 23.917°E / 54.902; 23.917