Basilika Hati Kudus Yesus, Syracuse

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Hati Kudus Yesus
Basilika Minor Hati Kudus Yesus
Inggris: Basilica of the Sacred Heart of Jesus
Basilika Hati Kudus Yesus
Lokasi927 Park Avenue, Syracuse, New York
Negara Amerika Serikat
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webSacred Heart Basilica website
Sejarah
Nama sebelumnyaSacred Heart of Jesus Parish
Tanggal dedikasi3 Oktober 1999
Tanggal konsekrasi5 Juni 1910
Arsitektur
ArsitekMerrick and Randall
Administrasi
ParokiSacred Heart
KeuskupanKeuskupan Syracuse
Klerus
UskupYang Mulia Mgr. Douglas Lucia
RektorRomo Andrew E. Baranski, V.F.
DiakenRichard Galloway, Frank Timson, Jeffrey Getman

Basilika Hati Kudus Yesus (Inggris: Basilica of the Sacred Heart of Jesus) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di Syracuse, New York, Amerika Serikat. Terletak di 927 Park Avenue di lingkungan Westside. Bangunan ini ditetapkan sebagai basilika minor oleh Paus Yohanes Paulus II pada tanggal 27 Agustus 1998, dan diresmikan pada tanggal 3 Oktober 1999.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja ini didirikan pada tahun 1892 sebagai Paroki Hati Kudus di Westside, sebuah lingkungan dengan populasi etnis Polandia yang besar, setelah komunitas imigran Polandia mengajukan petisi kepada uskup Syracuse untuk memiliki paroki nasionalnya sendiri. Gereja aslinya terletak di seberang jalan dari bangunan saat ini.[1] Misa pertama di gereja paroki baru dirayakan pada tanggal 30 Agustus 1892, dengan peresmian resmi dilakukan hampir setahun kemudian pada 11 Juni 1893.[1]

Umatnya berkembang lebih besar dari gereja pertama dalam satu dekade, dan diputuskan untuk membangun gereja baru. Fondasinya dibangun oleh umat paroki untuk menghemat uang, dan batu penjuru diletakkan pada tahun 1907.[2] Pekerjaan selesai dalam tiga tahun, dan gereja selesai serta diresmikan pada tanggal 5 Juni 1910, oleh Yang Mulia Mgr. Paul Peter Rhode, uskup auksilier Chicago kelahiran Polandia.[2]

Setelah pembangunan gedung gereja baru, gedung gereja lama diubah menjadi sekolah paroki. Bangunan itu terbakar pada tahun 1916 dan digantikan oleh sekolah batu bata yang lebih besar. Gedung baru diperluas lagi pada tahun 1926, untuk menampung pertumbuhan paroki yang terus berlanjut. Bangunan komunitas tambahan dibangun hingga tahun 1940-an.[1] Sacred Heart High School ditutup pada bulan Juni 1975.[3] Pada tahun 2002 diambil keputusan untuk menutup sekolah paroki karena penurunan pendaftaran; beberapa keluarga Katolik telah pindah dari lingkungan sekitar dan yang lainnya tidak lagi memilih sekolah paroki.[4]

Pada bulan Juli 2017, basilika ini merayakan 125 tahun sebagai gereja paroki.[5] Basilika sedang mengerjakan proyek pemasangan organ pipa baru. Organ baru tersebut adalah Skinner Organ tahun 1927, Opus 669. Organ Skinner awalnya dibuat dan dipasang di First Church of Christ, Scientist di Genesee Street di pusat kota Syracuse; kongregasi ini ditutup pada tahun 2003. Organ Skinner menggantikan organ Moller yang lebih kecil, dibangun dan dipasang di basilika pada tahun 1910. Organ Moller telah rusak, dan perlu diganti.[6]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "History". Diarsipkan dari versi asli tanggal Parameter |archive-url= membutuhkan |archive-date= (bantuan). Diakses tanggal 29 Mei 2013. 
  2. ^ a b "Catholic . New York, Kuil La Salette, Kuil Nasional Bunda Maria Para Martir, Ayah dan Saudara Maryknoll, Saudari, Basilika Santo Adalbert, Kuil Bunda Maria Knock". Catholicplaces.org. Diakses tanggal 2013-06-12. 
  3. ^ Bonnie Ann Lewis, "Sedikit Kesuraman Menemani Wisuda di Sacred Heart, " Syracuse Post-Standard, 21 Juni 1975
  4. ^ Jim Commentucci / The Post-Standard (10 Maret 2011). .ssf/2011/03/syracuses_sacred_heart_basilic.html "Basilika Hati Kudus Syracuse berduka atas Monsignor Peter Gleba" Periksa nilai |url= (bantuan). syracuse.com. Diakses tanggal 2013-06-12. 
  5. ^ Maguire, Tom. The Catholic Sun 125/ http://thecatholicsun.com/2017/07/26/basilicas-blessed- 125/ Periksa nilai |url= (bantuan). Diakses tanggal 16 Maret 2018.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  6. ^ Basilika Hati Kudus - Organ. Basilika Hati Kudus Yesus http://www.sacredheartbasilicasyr.org/organ.html.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)