Basilika Dua Puluh Enam Martir Suci Jepang, Nagasaki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Dua Puluh Enam Martir Suci Jepang
Jepang: 日本二十六聖殉教者聖堂
LokasiNagasaki
NegaraJepang
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
Dedikasi26 Martir Jepang
Arsitektur
StatusKon-katedral, basilika minor
Status fungsionalAktif
GayaNeo-Gotik
Selesai1864
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Nagasaki

Gereja Oura Tenshudo pada sebuah kartu pos lukisan tangan (era Meiji)

Basilika Dua Puluh Enam Martir Suci Jepang[1] (日本二十六聖殉教者聖堂) juga Gereja Katedral Oura (大浦天主堂, Ōura Tenshudō) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik [1] dan kon-katedral[1] yang terletak di Nagasaki, Jepang. Gereja ini dibangun segera setelah berakhirnya Kebijakan Pengasingan pemerintah Jepang pada tahun 1853. Gereja ini juga dikenal sebagai Gereja 26 Martir Jepang. Selama bertahun-tahun, bangunan ini merupakan satu-satunya bangunan bergaya Barat yang dinyatakan sebagai warisan nasional Jepang, dan dikatakan sebagai gereja Katolik tertua di Jepang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1863, dua pastor Perancis dari Société des Missions Etrangères de Paris, Pastor Louis Furet dan Bernard Petitjean, mendarat di Nagasaki dengan tujuan membangun gereja untuk menghormati Dua Puluh Enam Martir Jepang, delapan pastor Eropa, satu pastor Meksiko, dan tujuh belas orang Kristen Jepang yang disalib pada tahun 1597 atas perintah Toyotomi Hideyoshi. Gereja ini selesai dibangun pada tahun 1864. Dibangun oleh tukang kayu ahli dari Glover Residence, Koyama Hidenoshin, awalnya merupakan gereja kayu kecil dengan tiga lorong dan tiga menara segi delapan.[2] Struktur yang ada sekarang adalah basilika Gotik yang jauh lebih besar yang berasal dari masa itu. dari sekitar tahun 1878. Versi ini dibangun dari batu bata plesteran putih dengan lima lorong, langit-langit berkubah, dan satu menara segi delapan. Desainnya kemungkinan besar berasal dari denah Belgia yang digunakan oleh misionaris Katolik di gereja sebelumnya yang dibangun di Osaka.[3] Jendela kaca patri diimpor dari Perancis.

Pada tanggal 17 Maret 1865, tak lama setelah selesainya katedral aslinya, Pastor Petitjean melihat sekelompok orang berdiri di depan katedral. Mereka memberi isyarat kepada pastor bahwa mereka ingin dia membukakan pintu. Saat pastor berlutut di altar, seorang wanita tua dari kelompok itu mendekatinya dan berkata "Hati (iman) kami semua sama dengan hatimu. Di manakah patung Santa Maria?"[4] Petitjean menemukan bahwa orang-orang ini berasal dari desa terdekat Urakami dan merupakan Kakure Kirishitan, keturunan umat Kristen awal di Jepang yang bersembunyi setelah Pemberontakan Shimabara pada tahun 1630-an. Patung marmer putih Perawan Maria diimpor dari Perancis dan didirikan di gereja untuk memperingati peristiwa ini. Relief perunggu di halaman bawah gereja menunjukkan pemandangan penemuan yang mengesankan. Tak lama kemudian, puluhan ribu umat Kristen bawah tanah keluar dari persembunyiannya di wilayah Nagasaki. Berita tentang hal ini sampai ke Paus Pius IX, yang menyatakan ini sebagai "keajaiban dari Timur".

Katedral Ōura ditetapkan sebagai Harta Nasional pada tahun 1933. Selama Perang Dunia II, katedral tersebut dirusak oleh bom atom pada tanggal 9 Agustus 1945.[5] Artefak dari kerusakan ada di Museum Bom Atom Nagasaki.

Penunjukan Harta Karun Nasional dikukuhkan pada tanggal 31 Maret 1953 berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Kekayaan Budaya tahun 1951. Ini adalah bangunan bergaya Barat pertama di Jepang yang mendapat penghargaan ini dan menjadi satu-satunya hingga tahun 2009 ketika Istana Akasaka neo-Baroque ditetapkan sebagai Harta Nasional. Di dalam Gereja Ōura Gereja ini diberikan status sebagai basilika kecil oleh Takhta Suci pada tanggal 26 April 2016 [6]

Pada tanggal 30 Juni 2018 Katedral Ōura, bersama dengan 11 situs yang terkait dengan penganiayaan Katolik di Jepang, ditambahkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO.[7][8]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Basilika Dua Puluh Enam Martir Suci Jepang (Gereja Oura), 長崎 (Nagasaki), 長崎県 (Nagasaki), Jepang". www.gcatholic.org. Diakses tanggal 2017-01-31. 
  2. ^ Dallas Finn, Meiji Revisited: The Sites of Victorian Japan, (New York: Weatherhill, 1995), 12-13.
  3. ^ Finn 13.
  4. ^ Francisque Marnas, ' 'La Religion de Jesus Ressuscitée au Japon dans la seconde moitie de XIX siècle., 2 jilid. (Paris: Delhomme et Briguet, 1897), 487-490. tautan langsung
  5. ^ Katedral Oura, oleh kyushuandtokyo.org
  6. ^ "Jepang mendapatkan Basilika kecil pertamanya". 
  7. ^ "Situs Kristen Tersembunyi di Wilayah Nagasaki". 
  8. ^ "UNESCO menambahkan situs-situs Jepang yang terkait dengan penganiayaan terhadap umat Kristen ke Dunia Daftar warisan". 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 32°44′03″N 129°52′13″E / 32.734106°N 129.870236°E / 32.734106; 129.870236