Lompat ke isi

Basilika Darah Suci, Bruges

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Darah Suci
Basilika Minor Darah Suci
bahasa Belanda: Heilig-Bloedbasiliek
bahasa Prancis: Basilique du Saint-Sang
Basilika Darah Suci
LokasiBruges
NegaraBelgia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
GayaRomanesque-Gotik
Peletakan batu pertama1134[1]
Selesai1157

Basilika Darah Suci (bahasa Belanda: Heilig-Bloedbasiliek, bahasa Prancis: Basilique du Saint-Sang) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di Bruges, Belgia. Gereja ini menyimpan peninggalan dari Darah Suci yang diduga dikumpulkan oleh Yusuf dari Arimatea dan dibawa dari Tanah Suci oleh Thierry dari Alsace, Adipati Flanders. Dibangun antara tahun 1134 dan 1157 sebagai kapel Adipati Flanders, bangunan ini dipromosikan menjadi basilika minor pada tahun 1923.

Basilika di Burg square terdiri dari kapel bawah dan atas. Kapel bawah, didedikasikan untuk St. Basil Agung, adalah struktur Romawi gelap yang hampir tidak berubah. Peninggalan Sengsara yang dihormati berada di kapel atas, yang dibangun kembali dengan gaya Gotik pada abad ke-16 dan direnovasi pada abad ke-19 dalam daya Kebangkitan Gotik.

Pada tahun 1134, Thierry dari Alsace memutuskan untuk membangun kapel ganda pribadi di sebelah Oud Steen, kediaman pertama Pangeran Flandria, yang kini diubah menjadi balai kota dari Bruges. Thierry melanjutkan perang salib untuk kedua kalinya pada tahun 1147 selama Perang Salib Kedua. Menurut tradisi, Thierry dari Alsace kembali ke ibu kotanya, Bruges pada tanggal 7 April 1150, dengan membawa relik Darah Berharga. Selama paruh pertama abad ke-13, nama kapel atas diubah menjadi Kapel Darah Kudus.[1]

Lihat juga

[sunting | sunting sumber]

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ a b Snauwaert, Livia (2005). Gids voor architectuur in Brugge (dalam bahasa Belanda). Tielt: Lannoo Uitgeverij. hlm. 58–60. ISBN 90-209-4711-7.