Basilika Bunda dari Pelabuhan, Clermont-Ferrand

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Bunda dari Pelabuhan
Basilika Minor Bunda dari Pelabuhan
Prancis: Basilique Notre-Dame du Port
Basilika Bunda dari Pelabuhan
LokasiClermont-Ferrand
Negara Prancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Clermont

Basilika Bunda dari Pelabuhan (Prancis: Basilique Notre-Dame du Port) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di kawasan Pelabuhan di Clermont-Ferrand, antara Place Delille dan katedral, Prancis. Dari abad ke-10 hingga Revolusi Perancis dilayani oleh komunitas kanon, reguler hingga abad ke-13, dan setelahnya sekuler.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Chevet di bawah salju
Pintu barat

Menurut tradisi, gereja ini didirikan oleh Uskup Clermont, Avitus dari Clermont, pada abad ke-6 dan dibangun kembali pada abad ke-11 atau ke-12 setelah dibakar oleh Norman . Pembentukan komunitas kanon di sini terjadi tidak lebih awal dari pertengahan abad ke-10, di bawah uskup Étienne II dari Clermont.

Gereja ini secara resmi dinyatakan sebagai basilika minor pada tanggal 3 Mei 1886.

Pada abad ke-19 menara lonceng ditambahkan, dan genteng bergaya Romawi diganti dengan lempengan lava. Bangunan-bangunan ini telah dibongkar lagi dan atapnya dikembalikan sedekat mungkin ke keadaan semula. Program restorasi besar-besaran dilakukan di bagian dalam gereja antara tahun 2007 dan 2008, yang terdiri dari pembersihan semua pekerjaan batu, pemindahan semen yang menunjukkan restorasi abad ke-19, restorasi gambar dan penggantian pengkilap (namun ruang bawah tanah tidak termasuk).

Pada hari Minggu tanggal 7 Desember 2008 patung Notre-Dame du Port ("Bunda Pelabuhan") dipasang kembali di gereja, dan disimpan dengan aman di [[Katedral Clermont] ] selama pekerjaan restorasi, sehingga menandai pembukaan kembali gedung untuk umum.

Pada tahun 1998 Basilika Notre-Dame du Port ditambahkan ke daftar Situs Warisan Dunia UNESCO sebagai bagian dari Rute Santiago de Compostela di Perancis.

Nama "du Port" konon berasal dari fakta bahwa gereja tersebut dibangun di distrik "pelabuhan", dalam Latin portus, di sini lebih berarti "pasar" dan bukan "pelabuhan". Gereja pada mulanya mempunyai nama Sainte-Marie-Principale; deskripsi Portus atau du Port tidak diketahui sebelum abad ke-11. Distrik Port, setidaknya pada Abad Pertengahan, juga bukan distrik komersial: distrik Saint-Pierre dan Saint-Genès jauh lebih komersial.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Rencana dari Dictionnaire raisonné de l'architecture française du XIe au XVIe siècle, oleh Eugène Viollet -le-Duc, 1856

Basilika ini adalah salah satu dari lima gereja bergaya Romawi di Auvergne yang dikenal sebagai gereja "lebih besar" (majeures), yang lainnya adalah gereja Saint-Austremoine di Issoire , Basilika Notre-Dame Orcival, gereja Saint-Nectaire, dan gereja Saint-Saturnin.

Dibangun dari arkose, sejenis batu pasir, bangunan ini memiliki keselarasan hampir sempurna yang konon dihasilkan dari penerapan rasio Bilangan Emas.

Gereja ini dibangun di atas denah dasar Salib Latin dengan bagian tengah enam teluk di antara dua lorong samping rendah dengan kubah sederhana. Ada transept dengan kapel setengah lingkaran di masing-masing lengannya, dan quire yang dikelilingi oleh ambulatory yang darinya terbuka empat kapel yang memancar, tidak satupun di antaranya di poros utama, sehingga membentuk chevet, yang dengan mosaik halusnya merupakan contoh penting seni Romawi Auvergne. ibu kota, yang termasuk yang terbaik di Auvergne, pada dasarnya menggambarkan adegan-adegan dari Alkitab, tetapi juga beberapa dari Psychomachia dari Prudentius.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]