Basilika Bunda dari Kemurahan Hati, Yarumal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Bunda dari Kemurahan Hati
Basilika Minor Bunda dari Kemurahan Hati
Spanyol: Basílica Menor de Nuestra Señora de la Merced
Basilika Bunda dari Kemurahan Hati
LokasiYarumal
NegaraKolombia
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
Tanggal konsekrasi1944
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
ArsitekJosé María Zapata
Heliodoro Ochoa
GayaNeo-Renaisans
Peletakan batu pertama1861
Selesai1944
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Santa Rosa de Osos

Basilika Bunda dari Kemurahan Hati (Spanyol: Basílica Menor de Nuestra Señora de la Merced) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di Yarumal, Kolombia. Basilika ini berada di bawah naungan Keuskupan Santa Rosa de Osos, dan merupakan pusat paroki dengan nama yang sama. Basilika ini didedikasikan untuk Perawan Maria, dan santo pelindung adalah Perawan Pengasih. Basilika ini adalah gereja tituler Santo Aloysius Gonzaga.

Basilika dirancang dan dibangun dengan gaya Neo-Renaisans sebagai pengganti yang lebih besar untuk gereja pertama Yarumal. Dimulai pada tahun 1866, proyek konstruksi ini mengalami berbagai kesulitan termasuk biaya yang sangat besar, perang saudara di akhir abad kesembilan belas, keruntuhan sebagian pada tahun 1890, dan gempa bumi pada tahun 1938. Hal ini menunda penyelesaian pembangunan gereja. sampai tahun 1944, pada saat itu disucikan. Selama pembangunan, Kapel Santo Aloysius (sebelumnya kapel pemakaman) dijadikan gereja paroki.

Basilika ini berbentuk persegi panjang, terbagi memanjang menjadi tiga bagian. Fasad utama terdiri dari dua menara berkubah yang dihubungkan dengan nave pusat. Ini adalah rumah bagi beberapa karya seni, terutama Nuestra Señora de la Merced, sebuah lukisan Perawan Pengasih tahun 1798 yang dianggap keajaiban.[1]

Pada tahun 1998, Dewan Kota Yarumal mendeklarasikan basilika dan Kapel Santo Aloysius sebagai landmark budaya dan arsitektur kotamadya. Pada tanggal 12 Agustus 1999, Paus Yohanes Paulus II menganugerahkan gereja tersebut gelar basilika minor. Sejak tahun 2000, gereja ini menjadi rumah bagi sisa-sisa penyair Epifanio Mejía, penulis Himno Antioqueño.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Moreno 1995, bab 6.