Basilika Bunda Maria dari Zapopan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Bunda Maria dari Zapopan
Basilika Minor Bunda Maria dari Zapopan
Basilika Bunda Maria dari Zapopan
LokasiZapopan
NegaraMeksiko
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif

Basilika Bunda Maria dari Zapopan (Spanyol: Basílica de Nuestra Señora de Zapopan) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik dan biara Fransiskan dari abad ke-17 yang terletak di pusat kota Zapopan, di negara bagian Jalisco, México.

Ini adalah salah satu cagar alam yang paling banyak dikunjungi di Meksiko Barat, dan melestarikan Perawan kayu yang dianggap sebagai peninggalan berharga asal abad pertengahan, yang datang dari Spanyol ke Galicia Baru pada abad ke-16.[1] Museum Huichol terletak di dalam gedung.

Afiliasi Katolik[sunting | sunting sumber]

Kompleks gereja milik provinsi Fransiskan Santo Fransiskus dan Yakobus (Francisco y Santiago), yang mencakup Jalisco, Monterrey, Guanajuato, dan Zacatecas. Berafiliasi dengan gereja adalah rumah jompo di Valle de la Misericordia (Lembah Pengampunan).[1]

Biara ini terdiri dari anggota Fransiskan Ordo Saudara Dina, meskipun juga digunakan oleh Kapusin, Ordo Ketiga, Serikat Santo Fransiskus, Clarisse, dan saudara perempuan Fransiskan. Ia juga bekerja sama dengan Dominikan dan Pemuda Fransiskan (Youfra) dari Roch.[1]

Perawan Zapopan[sunting | sunting sumber]

Basilica of zapopan in interior 2019
Interior Basilika Zapopan pada 2019

Perawan Zapopan juga dikenal sebagai Bunda Pengharapan. Dia juga disebut sebagai La Generala atau Zapopanita. Pada tahun 1734, ia dinyatakan sebagai Pelindung terhadap badai dan kilat.[2] Patung tersebut berada di Guadalajara dari 13 Juni hingga 12 Oktober.

Setelah Meksiko merdeka pada tahun 1821, Perawan Maria diproklamasikan sebagai Pelindung Negara Bagian Jalisco.[1] Ia dimahkotai secara kanonik pada tanggal 18 Januari 1921, dalam sebuah upacara yang mencakup penyerahan kunci kota Guadalajara.

Romeria—ziarah[sunting | sunting sumber]

Romería Perawan Zapopan adalah ziarah tahunan dari Katedral Guadalajara ke Basilika Zapopan.[3]

Ini dianggap sebagai ziarah terpenting ketiga di negara ini, setelah salah satu Perawan Guadalupe, dan Perawan San Juan de los Lagos. Romería of the Virgin of Zapopan terdiri dari rute sepanjang 8 km, dari metropolitan Katedral Guadalajara, hingga Basilika Our Lady of Zapopan.

Saat fajar pada tanggal 12 Oktober setiap tahun, prosesi umat awam Katolik, penari pra-Columbus, mendicants, imam dan seminarian membawakan patung Perawan Maria dari katedral hingga basilika. Sosok perawan pergi ditemani lebih dari 1.000.000 orang.[4][5] Festival ini melibatkan sebagian besar penduduk kedua kota dan diakhiri dengan Misa di alun-alun di luar basilika. Acara diakhiri dengan tarian tradisional dan malam kembang api.[6]

UNESCO mencantumkan Romería—ziarah pada tahun 2018 pada Perwakilan Daftar Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan.[7]

Sejarah Basilika dan biara[sunting | sunting sumber]

Berbagai suku masyarakat adat menghuni wilayah Tzapopan sejak sekitar abad ke-12 Masehi. Penakluk Spanyol, dipimpin oleh Nuño Beltrán de Guzmán, menaklukkan wilayah ini pada tahun 1530 untuk Spanyol Baru. Para misionaris segera menyusul. Pada tahun 1541, atas arahan raja Spanyol, kota Nuestra Señora de la Concepción de Tzapopan (Bunda Maria Dikandung Tanpa Noda Tzapopan) didirikan. Legenda lokal menceritakan bahwa Perawan menjadi perantara antara Spanyol dan masyarakat adat selama dalam pertempuran penaklukan, meyakinkan penduduk lokal untuk meletakkan senjata mereka dan masuk Katolik.[8]

Pembangunan besar-besaran biara dan basilika dimulai pada tahun 1689, meskipun proyek aslinya mengalami perubahan, penambahan, dan konversi seiring berjalannya waktu. Bagian depan gereja memiliki ruang depan yang besar, dengan portal Barok Spanyol yang menampilkan kolom ionik, relief pahatan, dan guci besar di alass.

Jendela kamar pastoran berada di sisi gereja. Altar utama terbuat dari marmer Italia dari Carrara. Alas patung Perawan dibuat dari cemara oleh pengrajin lokal pada abad ke-17.[9] Bagian dalam biara memiliki penginapan di lantai satu dan dua serta kapel untuk para pastor. Ada juga taman meditasi. Basilika ini berfungsi sebagai seminari dan pusat pengajaran agama bagi para Fransiskan.[10]

Legenda setempat menceritakan bahwa Perawan datang untuk membantu penduduk setempat yang berjuang untuk kemerdekaan dari Spanyol pada tahun 1821. Pada tahun 1979 Paus Yohanes Paulus II mengunjungi gereja tersebut.

Basilika ini merupakan contoh monumental arsitektur Barok kolonial abad ke-17, dan dikelilingi oleh arsitektur kolonial Spanyol lainnya, seperti Kapel Nextipac (konstruksi Fransiskan), Kapel Santa Ana Tepetitlán (rumah sakit didirikan oleh Fransiskan). Ada juga bangunan-bangunan akhir abad ke-17 seperti Gaya Neoklasik Gereja San Pedro Apóstol, Cruz Atrial de Tesistán, Istana Kota, dan Gerbang Masuk Zapopan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]