Basilika Bunda Maria Penolong Abadi, Santiago

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Bunda Maria Penolong Abadi
Basilika Minor Bunda Maria Penolong Abadi
Spanyol: Basílica de Nuestra Señora del Perpetuo Socorro
Basilika Bunda Maria Penolong Abadi
LokasiSantiago
Negara Chili
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Santiago de Chile

Basilika Bunda Maria Penolong Abadi (Spanyol: Basílica Nuestra Señora del Perpetuo Socorro) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di comuna Santiago, di Santiago ibu kota Chili. Bangunan ini dirancang dengan gaya Gaya Kebangkitan Gotik oleh arsitek religius Gustave Knockaert —dikenal sebagai «Bruder Gerardo»—[1] dan Huberto Boulangeot.[2] Mereka adalah anggota Penebus.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Interior

Peletakan batu pertama telah diberkati dan dilakukan pada tanggal 12 Desember 1904.[3] Kepemilikan tanah untuk membangun gereja telah dialihkan dari keluarga Ugarte melalui akta publik pada tanggal 26 April 1876.

Gustave Knockaert (1845-1928), seorang pastor Belgia yang sebelumnya merancang gedung gereja untuk umatnya di Madrid, Paris, Mulhouse dan Les Sables-d'Olonne,[1] ditunjuk untuk membentuk tim yang terdiri dari 15 arsitek.[3] Di antara mereka adalah Huberto Boulangeot, yang ditunjuk sebagai manajer konstruksi untuk proyek gereja.

Pembangunan gereja ini dimulai pada tahun 1906, bertepatan dengan gempa Valparaíso, yang menyebabkan rencana diubah untuk penguatan struktur tambahan.[2] Gereja ini dibangun dengan beton bertulang, direncanakan oleh insinyur Amerika Juan Tonkin. Kolaborator lainnya adalah saudara laki-laki Joaquín Chardin, seorang spesialis pekerjaan semen, yang berkontribusi pada penempatan lengkungan runcing, elemen karakteristik arsitektur Gotik. Ia juga membuat hiasan pintu sakristi, terbuat dari kayu encina, dan lambang jemaah yang dipahat di depan pintu masuk.[3]

Fitur taman basilika ditugaskan kepada saudara Constancio, yang meliputi taman, rumah kaca dan kolam.[3]

Balok-balok yang digunakan untuk kolom interior gereja berasal dari formasi monolit dan diangkut dari San José de Maipo menggunakan gerobak yang ditarik lembu. Potongan-potongan ini diangkut secara utuh, antara tahun 1906 dan 1907, untuk diukir dan dipoles di lokasi konstruksi.[3] Batu juga diekstraksi dari San José de Maipo untuk dibuat alas, alas dan tangga.

Impor barang dibatasi oleh krisis ekonomi sendawa dan Perang Dunia I. Akibatnya, 8 dari 28 kaca patri dan jendela mawar yang awalnya direncanakan tidak pernah dibeli,[3] meninggalkan bukaan tersebut dengan kaca kosong.

Bagian dalam basilika mencakup pengakuan yang terbuat dari kayu roble americano dan organ pipa Prancis yang dibuat oleh Neuville Frères pada tahun 1897,[4] yang kemudian dinyatakan sebagai Monumento Histórico.[2] Altar tinggi sebagian dibuat di Belgia dengan marmer dan perunggu, dan diselesaikan di Chili dengan lingue dan kayu ek Amerika. Di bagian tengahnya terdapat gambar Bunda Maria Penolong Abadi, replika gambar yang ditemukan di gereja penebus Roma.[3] Altar Santo Alfonsus dan Alfonso Our Lady of Mount Carmel dirancang oleh saudara Huberto dengan bas-relief oleh seniman Spanyol José Soria. Basilika ini memiliki panjang 68 meter (223 ft) dan lebar 30 meter (98 ft). menara puncak menara tertinggi mencapai 55 dan[convert: unit tak dikenal].[3] Gereja memiliki lima nave, tetapi hanya tiga di antaranya yang selesai, dua lainnya ditutup dan digunakan sebagai lorong dan gudang.[2] ubin atap terbuat dari tembaga dan memimpin.

Pada tahun 1919, Basilika diberkati dengan Misa Kepausan yang dipimpin oleh Uskup Agung dari Santiago, Crescente Errázuriz. Pada hari itu dan dengan cara yang luar biasa, musisi Argentina Domingo Santa Cruz merayakan Te Deum.[3]

Gereja ini dinyatakan sebagai Basilika minor oleh Takhta Suci pada tahun 1926, dan ditahbiskan oleh Duta Besar Kepausan Benedicto Marsella pada tahun yang sama.[3]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Neogótico en Madrid" (dalam bahasa Spanyol). Perpetuosocorro.org. Diakses tanggal 4 June 2009. 
  2. ^ a b c d "Socorro para el santuario" (dalam bahasa Spanyol). El Mercurio. 8 January 2005. Diakses tanggal 4 June 2009. 
  3. ^ a b c d e f g h i j "Cien años de la Basílica del Perpetuo Socorro" (dalam bahasa Spanyol). Iglesia.cl. Diakses tanggal 4 June 2009. 
  4. ^ El Sitio Chileno de Órganos de Iglesia. "Catastro de órganos por uso actual: Nuestra Señora del Perpetuo Socorro" (dalam bahasa Spanyol). Diakses tanggal 4 June 2009.