Basilika Biara Bunda Maria Karmel, Recife

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Biara Bunda Maria Karmel
Basilika Minor dan Biara Bunda Maria Karmel
Portugis: Basílica e Convento de Nossa Senhora do Carmo
Basilika Biara Bunda Maria Karmel
LokasiRecife
Negara Brasil
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
GayaBarok
Peletakan batu pertama1665
Selesai1767

Basilika dan Biara Bunda dari Karmel[1] (Portugis: Basilica de Nossa Senhora do Carmo),[2] juga disebut sebagai Basilika Recife, adalah sebuah gereja basilika minor dan biara Katolik yang terletak di Recife,[3] Pernambuco, Brasil.[4]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pemandangan Lapangan Pátio do Carmo pada tahun 1878.

Para biarawan Karmelit pertama tiba di Brazil pada tahun 1580, datang dari Portugal. Pada tahun 1584, dengan berdirinya sebuah biara di Olinda yang pertama dibangun di Brasil, perayaan Brasil pertama diadakan untuk menghormati Bunda Maria dari Gunung Karmel.

Pada tahun 1654 Bunda Maria dari Gunung Karmel didirikan di Recife. Pada tahun 1665, Kapten Diogo Cavalcanti Vasconcelos memulai pembangunan basilika dan memerintahkan pelaksanaan kapel utama atas biayanya sendiri, tanpa izin kerajaan yang diminta pada tahun 1674, hanya diberikan pada tanggal 8 Maret 1687. Pada tahun yang sama Reduto da Boa Vista, didirikan oleh John Maurice, Pangeran Nassau-Siegen, disumbangkan kepada Ordo untuk diintegrasikan ke dalam kompleks basilika dan biara. Gereja ini selesai dibangun hampir seratus tahun kemudian, pada tahun 1767.

Di gereja ini, kepala Zumbi dos Palmares diekspos sampai benar-benar membusuk.

Gereja adalah tempat Frei Caneca mengucapkan kaul keagamaan dan menjadi pastor, dan tempat ia seharusnya dimakamkan.

Pada tahun 1909 Bunda Maria dari Gunung Karmel diproklamasikan sebagai Pelindung Recife, dan secara kanonik dimahkotai pada tanggal 21 September 1919 melalui dekrit kepausan dari Paus Benediktus XV. Pada tahun 1917, gereja tersebut ditambahkan ke Basilika Santo Petrus di Kota Vatikan. Pada tahun 1922, gereja ini dinaikkan statusnya menjadi basilika minor.

Basilika dan Biara do Carmo didaftarkan pada tanggal 5 Oktober 1938, oleh Institut Nasional Warisan Sejarah dan Artistik (IPHAN).

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Interior

Gereja mengikuti gaya Baroque. Badan utama mempunyai dua lantai, keduanya dengan tiga bukaan lengkungan melengkung dan ornamen pada tukang batu. Di lantai atas, di antara jendela, ada dua ceruk dengan patung, saling berhubungan di bagian atas oculu yang diisi dengan kisi-kisi, dan juga dibingkai. Di atas, bagian depan berbentuk segitiga dengan simpul terpotong dan sisi melengkung, dengan perisai Ordo, bunga-bunga tebal, dan berpuncak pada relung bergambar Bunda Maria, puncak dan sebuah salib. Di bagian samping gereja terdapat dua menara, yang di sebelah kanan masih belum selesai, dan yang di sebelah kiri, tingginya sekitar 50 meter, berdiri di atas empat lantai, dengan bentuk bukaan yang berbeda-beda: bagian dasarnya adalah pintu dengan lengkungan, dan pintu lengkung yang terbuka berturut-turut, dengan langkan, oculus sederhana, dan jendela lonceng juga berbentuk busur penuh. Di puncak menara terdapat kubah dengan beberapa hiasan cornice, oculus, puncak, dan salib yang saling tumpang tindih.

Di bagian dalam, dekorasinya dalam emas tak ternilai harganya. Di antara yang menarik adalah dua belas altar sekunder dan kapel utama, dengan altar luar biasa dengan gambar Bunda Maria dari Gunung Karmel seukuran aslinya, dilapisi dengan malaikat dan orang suci, dalam bingkai karya mewah ukiran emas. Altar lainnya juga didekorasi dengan mewah, menonjolkan altar Bunda Lilin dan altar St. Teresa dari Ávila, St. Crispin dan Crispinian.

Beberapa intervensi pada abad ke-19 dan ke-20 akhirnya menghilangkan karakterisasi beberapa aspek asli interior, khususnya lukisan ukiran. Praktis seluruh basilika dicat ulang dengan warna putih dan emas. Sebuah proyek restorasi baru-baru ini, yang menghilangkan lapisan lapisan luar, mengungkapkan semua keindahan dekorasi marmer khas abad ke-18, dengan basilika dibuka kembali pada 6 Juli 2001, setelah tiga tahun dikerjakan. Perubahan lain pada altar utama termasuk penobatan gambar Bunda Maria saat ini, gambar Kristus yang lain, dan pemasangan relik untuk menjaga roti sakramental. Pemugaran kapel juga mencakup kursi kayu rosewood, dengan pemugaran bagian kayu yang hilang dan pemugaran enam panel bergambar orang-orang kudus dan enam tribun dengan langkan yang berada di atas kios.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Basilika Bunda Maria Karmel di Recife
  2. ^ Recife dan Panduan Fokus Jejak Kaki Brasil Timur Laut: Termasuk Olinda, Fortaleza, Penedo, Pipa, Souza, Fernando de Noronha. Footprint Travel Guides. 2014-03-10. ISBN 9781909268876. 
  3. ^ Vries, Alexandra de; Blore, Shawn. Frommer's? Brasil. John Wiley & Sons. ISBN 9781118086063. 
  4. ^ A Contente Mãe Gentil Rumo Ao Bicentenário. 
  5. ^ Recife Sagrado: Basílica de Nossa Senhora do Carmo, January 27, 2017