Basic Instinct

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Basic Instinct (1992)
Basic Instinct.jpg
SutradaraPaul Verhoeven
ProduserMario Kassar dan Alan Marshall
PenulisJoe Eszterhas
PemeranSharon Stone, Michael Douglas, George Dzundza, Jeanne
MusikJerry Goldsmith
SinematografiJan de Bont
PenyuntingFrank J. Urioste
DistributorTriStar Pictures
Tanggal rilis
20 Maret 1992 (1992-3-20)
Durasi
105 menit
Negara Amerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$49,000,000
Pendapatan kotor$352,927,224

Basic Instinct adalah film bergenre detektif yang dibumbui dengan unsur misteri, thriller, klasik, dan erotisme. Film garapan sutradara Paul Verhoeven ini dibintangi oleh Sharon Stone, Michael Douglas, George Dzundza, dan Jeanne. Sejak dirilis pada tahun 1992, film ini menjadi salah satu film paling kontroversial hingga 1993. Bahkan pada awal tahun 2000 masih ramai diperbincangkan karena saat itu Sharon Stone sedang naik daun, ditambah beberapa potongan adegan yang tergolong panas.[1][2][3][4]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Basic Instinct adalah film kontroversial antara tahun 1992 hingga 1993. Bahkan hingga awal tahun 2000-an masih ramai dibicarakan orang. Tak lain karena bintangnya adalah Sharon Stone, seorang bintang top yang sedang naik daun saat itu, dengan bayaran selangit. Jadi tak heran bila orang selalu mengikuti derap langkahnya, apapun yang dilakukannya. Film Basic Instinct benar benar membuat sensasi kala itu. Seluruh televisi dan majalah hiburan dunia membahas, mencerca tetapi juga ada yang mengacungi jempol.[5]

Salah satu yang selalu diingat orang dan menjadi kekhasan film itu adalah adengan saat Sharon berada di ruang interogasi di hadapan para polisi. Di bagian itu ia duduk tanpa mengenakan pakaian dalam. Alhasil para polisi melongo dan menelan air ludah. Adegan ini akhirnya sering dijadikan parodi baik untuk film bioskop, humor panggung, karikatur, acara televisi, dan lain-lain. Adegan lain yang membangun kontroversial adalah pembunuhan yang menggunakan tusukan es. Setelah melakukan hubungan intim, sang laki-laki dihabisi dengan sadis. Pada kenyataannya adegan-adegan itu menjadi memorabilia dan menjadikan film semakin lasik sepanjang masa.

Sama seperti film-film controversial lainnya, Basic Instinct juga mengeluarkan versi lain yaitu rated, berisi adegan panas dan kekerasan yang menghebohkan. Yang kedua unrated, lebih keras dan lebih panas dari versi rated. Beberapa scene yang sudah disensor di versi rated ditampilkan di versi ini, dikemas dalam DVD serta ditambahkan pula dengan adegan dari scene ekstra.[6]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Bermula dari Katherine Tramel (Sharon Stone) dituding melakukan pembunuhan terhadap kekasihnya yang seorang pengusaha dan mantan rocker. Detektif Nick Curran (Michael Douglas), meminta keterangan dan melakukan penyelidikan atas dirinya. Namun ia terjerat oleh kecantikan dan sensualitas Catherine yang punya jiwa dan kepribadian yang sangat misterius. Antara nalar dan nafsu berperang dalam diri Nick, sementara korban berjatuhan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Indosiar, diakses 16 Feb 2015
  2. ^ Leistedt, Samuel J.; Linkowski, Paul (January 2014). "Psychopathy and the Cinema: Fact or Fiction?". Journal of Forensic Sciences. American Academy of Forensic Sciences. 59 (1): 167–174. doi:10.1111/1556-4029.12359. PMID 24329037. Diakses tanggal January 17, 2014. 
  3. ^ "Dr. Fredricks Cinema Therapy Blog - Narcissistic personality disorder". Dr. Randi Fredricks, Ph.D. Diakses tanggal 2014-04-18. 
  4. ^ "A Conversation with Sharon Stone" from the Basic Instinct: Ultimate Edition DVD (Lions Gate Home Entertainment, 2006).
  5. ^ Daun Hijau, diakses 16 Feb 2015
  6. ^ Silverant, diakses 16 Feb 2015