Basic Instinct

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Basic Instinct (1992)
Basic Instinct.jpg
SutradaraPaul Verhoeven
ProduserMario Kassar dan Alan Marshall
PenulisJoe Eszterhas
PemeranSharon Stone, Michael Douglas, George Dzundza, Jeanne
Penata musikJerry Goldsmith
SinematograferJan de Bont
PenyuntingFrank J. Urioste
DistributorTriStar Pictures
Tanggal rilis
20 Maret 1992 (1992-03-20)
Durasi105 menit
Negara Amerika Serikat
BahasaBahasa Inggris
Anggaran$49,000,000
Pendapatan
kotor
$352,927,224

Basic Instinct adalah film bergenre detektif yang dibumbui dengan unsur misteri, thriller, klasik, dan erotisme. Film garapan sutradara Paul Verhoeven ini dibintangi oleh Sharon Stone, Michael Douglas, George Dzundza, dan Jeanne. Sejak dirilis pada tahun 1992, film ini menjadi salah satu film paling kontroversial hingga 1993. Bahkan pada awal tahun 2000 masih ramai diperbincangkan karena saat itu Sharon Stone sedang naik daun, ditambah beberapa potongan adegan yang tergolong panas.[1][2][3][4]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Basic Instinct adalah film kontroversial antara tahun 1992 hingga 1993. Bahkan hingga awal tahun 2000-an masih ramai dibicarakan orang. Tak lain karena bintangnya adalah Sharon Stone, seorang bintang top yang sedang naik daun saat itu, dengan bayaran selangit. Jadi tak heran bila orang selalu mengikuti derap langkahnya, apapun yang dilakukannya. Film Basic Instinct benar benar membuat sensasi kala itu. Seluruh televisi dan majalah hiburan dunia membahas, mencerca tetapi juga ada yang mengacungi jempol.[5]

Salah satu yang selalu diingat orang dan menjadi kekhasan film itu adalah adengan saat Sharon berada di ruang interogasi di hadapan para polisi. Di bagian itu ia duduk tanpa mengenakan pakaian dalam. Alhasil para polisi melongo dan menelan air ludah. Adegan ini akhirnya sering dijadikan parodi baik untuk film bioskop, humor panggung, karikatur, acara televisi, dan lain-lain. Adegan lain yang membangun kontroversial adalah pembunuhan yang menggunakan tusukan es. Setelah melakukan hubungan intim, sang laki-laki dihabisi dengan sadis. Pada kenyataannya adegan-adegan itu menjadi memorabilia dan menjadikan film semakin lasik sepanjang masa.

Sama seperti film-film controversial lainnya, Basic Instinct juga mengeluarkan versi lain yaitu rated, berisi adegan panas dan kekerasan yang menghebohkan. Yang kedua unrated, lebih keras dan lebih panas dari versi rated. Beberapa scene yang sudah disensor di versi rated ditampilkan di versi ini, dikemas dalam DVD serta ditambahkan pula dengan adegan dari scene ekstra.[6]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Bermula dari Katherine Tramel (Sharon Stone) dituding melakukan pembunuhan terhadap kekasihnya yang seorang pengusaha dan mantan rocker. Detektif Nick Curran (Michael Douglas), meminta keterangan dan melakukan penyelidikan atas dirinya. Namun ia terjerat oleh kecantikan dan sensualitas Catherine yang punya jiwa dan kepribadian yang sangat misterius. Antara nalar dan nafsu berperang dalam diri Nick, sementara korban berjatuhan.

Alur[sunting | sunting sumber]

Di San Francisco, detektif pembunuhan Nick Curran menyelidiki pembunuhan pensiunan bintang rock Johnny Boz, yang telah ditikam sampai mati dengan pemecah es saat berhubungan seks dengan seorang wanita pirang misterius. Satu-satunya tersangka Nick adalah pacar biseksual Boz, novelis kriminal Catherine Tramell, yang telah menulis sebuah novel yang mencerminkan kejahatan tersebut. Disimpulkan bahwa Catherine adalah pembunuhnya atau seseorang mencoba menjebaknya. Catherine tidak kooperatif dan mengejek selama penyelidikan, merokok dan mengekspos dirinya selama interogasi. Dia lulus tes pendeteksi kebohongan dan dibebaskan. Nick menemukan Catherine memiliki sejarah berteman dengan pembunuh, termasuk pacarnya Roxy, yang secara impulsif membunuh dua adik laki-lakinya ketika dia berusia enam belas tahun, dan Hazel Dobkins, yang membunuh suami dan anak-anaknya tanpa alasan yang jelas.

Nick, yang secara tidak sengaja menembak dua turis saat mabuk kokain selama tugas penyamaran, menghadiri sesi konseling dengan psikolog polisi Dr. Beth Garner, dengan siapa dia berselingkuh. Nick menemukan bahwa Catherine mendasarkan protagonis dari buku terbarunya padanya, di mana karakternya dibunuh setelah jatuh cinta pada wanita yang salah. Nick mencurigai bahwa Catherine telah menyuap Letnan Marty Nielsen dari Urusan Dalam Negeri untuk mendapatkan informasi dari berkas psikiatri Nick dan bahwa Beth sebelumnya telah memberikannya kepada Nielsen setelah dia mengancam akan merekomendasikan pemecatan Nick. Nick menyerang Nielsen di kantornya, dan kemudian menjadi tersangka utama saat Nielsen terbunuh. Nick mencurigai Catherine, dan ketika perilakunya memburuk, dia cuti.

Nick dan Catherine memulai hubungan asmara dengan suasana permainan kucing-dan-tikus. Nick tiba di sebuah klub dan menyaksikan Catherine melakukan kokain dengan Roxy dan pria lain. Nick dan Catherine menari dan bercumbu, dan kemudian diamati oleh Roxy, berhubungan seks dengan kekerasan di tempat tidur Catherine. Catherine mengikat Nick ke kepala tempat tidur dengan syal sutra putih, seperti halnya Boz diikat oleh si pirang misterius, tetapi tidak membunuhnya. Roxy, cemburu pada Nick, mencoba menabraknya dengan mobil Catherine, tetapi meninggal ketika mobil itu menabrak. Catherine berduka atas kematian Roxy dan memberi tahu Nick tentang pertemuan lesbian sebelumnya di perguruan tinggi yang serba salah. Dia mengklaim bahwa gadis itu menjadi terobsesi dengannya, menyebabkan Nick percaya bahwa Catherine mungkin tidak membunuh Boz. Nick mengidentifikasi gadis itu sebagai Beth, yang mengakui pertemuan itu, tetapi dia mengklaim bahwa Catherine yang menjadi terobsesi. Selain itu, Nick menemukan bahwa seorang profesor perguruan tinggi Beth dan Catherine juga terbunuh dengan pemecah es dalam pembunuhan yang belum terpecahkan, dan bahwa peristiwa tersebut mengilhami salah satu novel awal Catherine.

Nick menemukan halaman terakhir buku Catherine di mana detektif fiksi menemukan tubuh rekannya di lift. Catherine kemudian memutuskan perselingkuhan mereka, menyebabkan Nick menjadi kesal dan curiga. Nick kemudian bertemu rekannya Gus Moran, yang telah mengatur untuk bertemu dengan teman sekamar Catherine di sebuah gedung perkantoran, berharap untuk mengungkapkan apa yang sebenarnya terjadi antara Catherine dan Beth. Saat Nick menunggu di dalam mobil, Gus ditikam sampai mati dengan pemecah es di lift. Mengingat halaman terakhir buku Catherine, Nick berlari ke dalam gedung, hanya untuk menemukan tubuh Gus dengan cara yang mirip dengan adegan yang dijelaskan. Beth tiba-tiba datang dan menjelaskan bahwa dia menerima pesan untuk bertemu Gus. Nick mencurigai Beth telah membunuh Gus dan, percaya bahwa dia meraih pistol, menembaknya, tetapi menemukan bahwa Beth hanya mengutak-atik ornamen di gantungan kuncinya.

Bukti yang dikumpulkan di tempat kejadian dan di apartemen Beth mengimplikasikannya sebagai pembunuh Boz, Nielsen, Moran, dan suaminya sendiri, bersama dengan koleksi foto dan kliping koran Catherine yang menyiratkan obsesi padanya. Nick dibiarkan bingung dan sedih. Dia kembali ke apartemennya di mana Catherine bertemu dengannya. Dia menjelaskan keengganannya untuk berkomitmen padanya dan keduanya berhubungan seks. Saat mereka mendiskusikan masa depan mereka, sebuah pemecah es terungkap berada di bawah tempat tidur.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Skenarionya, yang ditulis pada 1980-an, memicu perang penawaran hingga dibeli oleh Carolco Pictures seharga US$3 juta. Eszterhas, yang telah menjadi sumber kreatif untuk beberapa film laris lainnya, termasuk Flashdance (1983) dan Jagged Edge (1985), menulis film tersebut dalam 13 hari. Verhoeven telah menyarankan perubahan naskah yang Eszterhas tidak setujui, salah satunya termasuk adegan seks lesbian yang Eszterhas sebut "eksploitatif." Dengan Verhoeven tidak mau mengalah, Eszterhas dan produser Irwin Winkler meninggalkan produksi.

Gary Goldman kemudian dipekerjakan untuk melakukan empat penulisan ulang naskah yang berbeda, atas saran dari Verhoeven. Setelah penulisan ulang keempat, Verhoeven mengakui proposalnya "tidak dramatis" dan "sangat bodoh". Pada draf kelima, skrip telah dikembalikan ke aslinya Eszterhas, dengan sedikit perubahan visual dan dialog.[17] Joe Eszter telah menerima kredit penulisan tunggal untuk film tersebut.

Dalam persiapan untuk adegan kejar-kejaran mobil, Douglas menaiki tangga di Kearny Street di San Francisco selama empat malam sendirian. Douglas merekomendasikan Kim Basinger untuk peran Catherine Tramell, tetapi Basinger menolak. Dia juga melamar Julia Roberts, Greta Scacchi dan Meg Ryan, tetapi mereka juga menolak peran tersebut, seperti yang dilakukan Michelle Pfeiffer, Geena Davis, Kathleen Turner, Ellen Barkin, dan Mariel Hemingway. Verhoeven mempertimbangkan Demi Moore. Stone, yang akhirnya terpilih untuk peran tersebut, relatif tidak dikenal sampai film ini sukses, tetapi sebelumnya bekerja dengan Verhoeven di Total Recall. Verhoeven mengatakan perubahan emosinya yang cepat sebelum karakternya terbunuh di Total Recall mendorongnya untuk memilihnya untuk peran tersebut. "Transisi itu bagi saya sangat penting. Kejahatan di matanya berubah menjadi cinta dalam hidupnya dalam beberapa detik." Dia dibayar $ 500.000, jumlah yang rendah dibandingkan dengan anggaran produksi film. Michael Douglas bertekad untuk memiliki aktris A-list lain yang membintangi film itu bersamanya; khawatir mengambil risiko sendiri, dia dikutip mengatakan, "Saya membutuhkan seseorang untuk berbagi risiko film ini. Saya tidak ingin berada di sana sendirian. Akan ada banyak kotoran beterbangan."

Syuting di San Francisco dihadiri oleh aktivis dan demonstran hak gay dan lesbian, dan polisi anti huru hara Departemen Kepolisian San Francisco hadir di setiap lokasi setiap hari untuk menangani orang banyak. Para pengunjuk rasa di luar lokasi syuting memegang spanduk bertuliskan "Honk if you love the 49ers" dan "Honk if you love men". Para pengunjuk rasa menggunakan laser dan peluit untuk mengganggu pembuatan film. Meskipun polisi berada di lokasi dan perintah penahanan diberlakukan, produser Alan Marshall secara individual memilih setiap pemrotes yang ingin ditangkapnya. Ini mengganggu produksi, menyebabkan penangkapan warga terhadap Marshall, yang tidak mengarah pada apa pun dengan departemen kepolisian setempat.

Dalam satu adegan, vulva Stone difilmkan saat dia menyilangkan kakinya. Stone kemudian mengatakan dia percaya karakter tidak mengenakan pakaian dalam hanya akan disinggung dan tidak ditampilkan. Dia mengatakan dia telah mengenakan celana putih sampai Verhoeven mengatakan bahwa mereka memantulkan cahaya pada lensa kamera dan memintanya untuk melepasnya, meyakinkannya bahwa hanya bayangan yang akan terlihat. Stone mengatakan bahwa baru setelah dia melihat film tersebut di ruang pemutaran dengan penonton uji, dia menyadarinya, membuatnya menampar wajah Verhoeven dan meninggalkan pemutaran film. Namun, Verhoeven membantah klaimnya, dan mengatakan bahwa dia sepenuhnya menyadari sebelumnya bahwa vulvanya akan difilmkan

Latar Trek[sunting | sunting sumber]

Latar Suara

Skor film untuk Basic Instinct disusun oleh Jerry Goldsmith, dan memberinya nominasi untuk Academy Award dan Golden Globe Award. Goldsmith berkata, "Basic Instinct mungkin adalah yang paling sulit yang pernah saya lakukan. Ini adalah cerita yang sangat berbelit-belit dengan karakter yang sangat tidak lazim. Ini adalah misteri pembunuhan, tetapi sebenarnya bukan misteri pembunuhan. Sutradaranya, Paul Verhoeven, memiliki gagasan yang sangat jelas tentang bagaimana seharusnya wanita itu, dan saya kesulitan mendapatkannya. Karena Paul mendorong saya, saya pikir itu adalah salah satu skor terbaik yang pernah saya tulis. Itu adalah kolaborasi sejati."

Terlepas dari skor, musik yang dirilis secara profesional tidak memainkan peran utama dalam film. Adegan di mana musik sumber memainkan peran penting terjadi selama adegan klub; Curran, Tramell, dan Roxy terlihat di Downtown San Francisco. Ini menampilkan "Blue" oleh pemain musik house Chicago LaTour dan "Rave the Rhythm" oleh grup Channel X. Ini juga menampilkan "Movin' on Up" oleh Jeff Barry dan Ja'Net DuBois. Chris Rea's "Looking for the Summer" terdengar selama adegan antara Douglas dan rekannya di Mac's Diner.

Soundtrack dirilis pada 17 Maret 1992. Rilisan skor Goldsmith yang jauh lebih luas, menampilkan bagian-bagian yang sebelumnya dihilangkan dan komposisi alternatif dari elemen-elemen tertentu, dikeluarkan oleh Prometheus Records pada tahun 2004.

Original Motion Picture Soundtrack

1."Main Title (Theme from Basic Instinct)" – 2:13 2."Crossed Legs" – 4:49 3."Night Life" – 6:03 4."Kitchen Help" – 3:58 5."Pillow Talk" – 4:59 6."Morning After" – 2:29 7."The Games Are Over" – 5:53 8."Catherine's Sorrow" – 2:41 9."Roxy Loses" – 3:37 10."An Unending Story" – 7:56

The Complete Original Motion Picture Soundtrack

1."Main Title" – 2:13 2."First Victim" – 1:39 3."Catherine & Roxy" – 5:14 4."Shadows" – 0:41 5."Profile" – 0:49 6."Don't Smoke" – 2:26 7."Crossed Legs" – 4:49 8."Beth & Nick" – 2:21 9."Night Life" – 6:03 10."Home Visit" – 1:13 11."Your Wife Knew" – 1:44 12."Untitled" – 0:52 13."That's Real Music" – 0:27 14."One Shot" – 1:27 15."Kitchen Help" – 3:58 16."Pillow Talk" – 4:59 17."Morning After" – 2:29 18."Roxy Loses" – 3:37 19."Catherine's Sorrow" – 2:41 20."Wrong Name" – 2:22 21."She's Really Sick" – 1:31 22."It Won't Sell" – 1:02 23."Games Are Over" – 5:53 24."Evidence" – 1:39 25."Unending Story / End Credits" – 9:23 26."First Victim" (alternate version) – 1:34

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Teater

Sutradara, produser dan bintang Sharon Stone, Jeanne Tripplehorn dan Michael Douglas di Festival Film Cannes 1992. Film ini diikutsertakan dalam Festival Film Cannes 1992.

Peringkat MPAA

Basic Instinct diberi peringkat R untuk "kekerasan dan sensualitas yang kuat, dan untuk penggunaan narkoba dan bahasa". Awalnya diberi peringkat NC-17 yang dibatasi secara komersial oleh MPAA untuk "penggambaran grafis kekerasan yang sangat eksplisit, konten seksual, dan bahasa yang kasar", tetapi di bawah tekanan dari TriStar dan Carolco, Verhoeven memotong 35–40 detik untuk mendapatkan peringkat R . Verhoeven menggambarkan perubahan dalam artikel Maret 1992 di The New York Times: Sebenarnya, saya tidak perlu memotong banyak hal, tetapi saya menggantinya dari sudut yang berbeda, membuatnya sedikit lebih elips, sedikit kurang langsung.

Film ini kemudian dirilis ulang dalam format yang belum dipotong di video dan kemudian di DVD.

Media Rumah[sunting | sunting sumber]

Mengikuti versi teater, film ini pertama kali dirilis dalam format yang belum dipotong dalam versi tanpa rating ke dalam video pada tahun 1992, dengan durasi 129 menit. Ini diikuti oleh rilis DVD pada tahun 1997, dalam format "barebones" yang berisi versi R-rated. A Collector's Edition dirilis dalam bentuk DVD pada tahun 2001, berisi versi film yang belum dipotong dengan komentar oleh Camille Paglia dan pemecah es kecil (senjata pilihan penjahat). Versi film ini, berdurasi 127 menit, dirilis ulang dua kali: pada tahun 2003 dan 2006.[perlu verifikasi]

Pada bulan Maret 2006, versi tanpa rating (juga dikenal sebagai Director's Cut) dirilis ulang dalam bentuk DVD dan diberi label sebagai Ultimate Edition. Pada tahun 2007, film ini dirilis pada Blu-ray dengan label Director's Cut.

Film ini dipotong 35–40 detik untuk menghindari peringkat NC-17 pada rilis teaternya pada tahun 1992,[14] dengan beberapa kekerasan dan konten seksual eksplisit dihapus. Materi yang hilang atau disensor (kemudian dirilis dalam bentuk video dan DVD tanpa rating sebagai potongan sutradara) termasuk:

  • Pembunuhan Johnny Boz di adegan pembuka. Dalam potongan sutradara, si pembunuh terlihat menikamnya di leher, di
dada, dan melalui hidungnya. Selain itu, si pembunuh masih berhubungan seks dengan kekerasan sambil menikamnya 
pada saat yang bersamaan.
  • Adegan di mana Nick berhubungan seks dengan Beth dipotong dalam versi teater AS, saat ia terlihat merobek
pakaiannya dan memaksanya di atas sofa, sebelum mereka berdua tergeletak di lantai. Dalam versi uncut mereka 
terlihat melakukan hubungan seks yang lebih kasar.
  • Adegan di mana Nick dan Tramell berhubungan seks setelah pergi ke klub lebih lama dan lebih eksplisit dalam
versi yang tidak dipotong.

Film ini akan dirilis di Inggris oleh Studio Canal pada Edisi Kolektor 4K Ultra HD yang dipulihkan, Blu-ray, DVD, dan unduhan digital remaster pada 14 Juni 2021. Film ini juga akan dirilis di Australia pada 7 Juli dan Selandia Baru pada Juli 14, 2021. Restorasi dilakukan selama 2019 dan 2020 dari semula negatif 35MM dan diawasi oleh direktur. Sebuah fitur khusus baru termasuk sebuah film dokumenter berjudul “Basic Instinct, Sex, Death & Stone”.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Box Office

Basic Instinct dibuka di bioskop-bioskop di Amerika Serikat dan merupakan salah satu film terlaris tahun 1992, setelah dirilis pada 29 Maret. Pada akhir pekan pembukaannya, film ini meraup $15 juta. Itu adalah film terlaris keempat tahun 1992, meraup $352.927.224 di seluruh dunia. Film ini memiliki rekor pembukaan di Italia dengan pendapatan kotor $5,44 juta selama seminggu dari 155 layar. Itu adalah film terlaris di Spanyol sepanjang masa dengan pendapatan kotor $21,6 juta.

Film laris

Basic Instinct dibuka di bioskop-bioskop di Amerika Serikat dan merupakan salah satu film terlaris tahun 1992, setelah dirilis pada 29 Maret. Pada akhir pekan pembukaannya, film ini meraup $15 juta. Itu adalah film terlaris keempat tahun 1992, meraup $352.927.224 di seluruh dunia. Film ini memiliki rekor pembukaan di Italia dengan pendapatan kotor $5,44 juta selama seminggu dari 155 layar. Itu adalah film terlaris di Spanyol sepanjang masa dengan pendapatan kotor $21,6 juta.

Tanggapan kritis

Reaksi kritis film ini beragam. Di Rotten Tomatoes, film ini meraih skor 54% berdasarkan 67 ulasan, dengan peringkat rata-rata 6/10 dan konsensus: "Menggemakan karya Alfred Hitchcock secara tidak merata, Basic Instinct berisi pertunjukan bintang dari Sharon Stone, tetapi akhirnya dibatalkan oleh plotnya yang bermasalah dan terlalu menyeramkan." Di Metacritic, film ini mendapat skor 41 berdasarkan 28 kritikus, yang menunjukkan ulasan "campuran atau rata-rata". Audiens yang disurvei oleh CinemaScore memberi film ini nilai rata-rata "B+" pada skala A+ hingga F.

Janet Maslin dari The New York Times memuji film tersebut, dengan mengatakan "Basic Instinct mentransfer bakat Mr. Verhoeven untuk materi berorientasi aksi ke ranah intrik Hitchcockian, dan hasilnya sangat efektif bahkan ketika mereka tidak masuk akal." Peter Travers dari Rolling Stone juga memuji film tersebut, dengan mengatakan bahwa itu adalah film kesenangan yang bersalah; dia juga menyatakan kekaguman atas arahan Verhoeven, dengan mengatakan "mimpi basah sinematik [nya] mengantarkan barang, terutama ketika Sharon Stone melangkah dengan kedagingan yang cukup untuk menghanguskan layar," dan memuji penampilan Stone: "Stone, mantan model, adalah KO; dia bahkan mendapat kenaikan dari Ah-nold di Total Recall Verhoeven. Tapi menjadi titik terang di terlalu banyak film membosankan (He Said, She Said; Irreconcilable Differences) menghentikan karirnya. Meskipun Basic Instinct menetapkan Stone sebagai bom untuk tahun sembilan puluhan, itu juga menunjukkan dia bisa tertawa atau menaungi emosi dengan penuh percaya diri."

Kritikus Australia Shannon J. Harvey dari Sunday Times menyebutnya sebagai salah satu produksi terbaik "1990-an, melakukan lebih banyak untuk pemberdayaan perempuan daripada reli feminis mana pun. Stone – dalam penampilannya yang membuat bintang – sama panas dan seksinya dengan dia pemecah es dingin."

Film ini memiliki banyak pencela. Roger Ebert dari Chicago Sun-Times menganugerahinya dua dari empat bintang, dengan mengatakan bahwa film itu dibuat dengan baik tetapi mereda dalam setengah jam terakhir: "Film ini seperti teka-teki silang. Itu membuat Anda tertarik sampai Anda menyelesaikannya Maka itu hanya potongan yang tidak berharga dengan ruang yang terisi."Dave Kehr dari Chicago Tribune juga memberikan ulasan negatif, menyebutnya kosong secara psikologis: "Verhoeven tidak menjelajahi sisi gelap, tetapi hanya mengeksploitasinya, dan itu membuat semua perbedaan di dunia."

Kontroversi

Film ini menimbulkan kontroversi karena seksualitas dan kekerasan grafisnya, termasuk adegan pemerkosaan. Aktivis hak-hak gay memprotes selama pembuatan film, mengatakan itu mengikuti pola penggambaran negatif homoseksual dalam film. Anggota kelompok aktivis lesbian dan biseksual LABIA memprotes film tersebut pada malam pembukaannya. Yang lain juga berjaga-jaga di bioskop untuk mencegah orang menghadiri pemutaran film, membawa papan bertuliskan "Kiss My Ice Pick", "Hollywood Mempromosikan Kekerasan Anti-Gay" dan "Catherine Melakukannya!"/"Simpan Uang Anda—Biseksual yang Melakukannya". ] Verhoeven sendiri membela hak kelompok tersebut untuk memprotes, tetapi mengkritik gangguan yang mereka timbulkan, dengan mengatakan "Fasisme tidak meninggikan suara Anda; fasisme tidak menerima tidak."

Kritikus film Roger Ebert menyebutkan kontroversi dalam ulasannya, dengan mengatakan "Mengenai karakter homoseksual yang diduga ofensif: Para pengunjuk rasa film mungkin memperhatikan fakta bahwa heteroseksual film ini, dimulai dengan Douglas, sama-sama ofensif. dibuat tentang desakan tak henti-hentinya Hollywood pada typecasting homoseksual terutama lesbian sebagai bengkok dan jahat." Camille Paglia mencela aktivis gay dan protes feminis terhadap Basic Instinct, dan menyebut kinerja Sharon Stone "salah satu pertunjukan hebat oleh seorang wanita di layar. sejarah", memuji karakternya sebagai "sosok vampir yang hebat, seperti Mona Lisa sendiri, seperti dewi pagan".

Film ini juga dikritik karena mengagungkan merokok. Penulis skenario Joe Eszterhas kemudian didiagnosis menderita kanker tenggorokan dan secara terbuka meminta maaf karena mengagungkan merokok dalam film-filmnya.

Pada tahun 2006, Stone menuduh bahwa adegan di mana vulvanya terbuka saat dia menyilangkan kakinya difilmkan tanpa sepengetahuannya. Pada tahun 2021, Stone menuduh bahwa dia disesatkan oleh sutradara sehubungan dengan keadaan pembuatan film adegan meskipun dia akhirnya tidak mencari perintah untuk itu.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Indosiar, diakses 16 Feb 2015[pranala nonaktif permanen]
  2. ^ Leistedt, Samuel J.; Linkowski, Paul (January 2014). "Psychopathy and the Cinema: Fact or Fiction?". Journal of Forensic Sciences. American Academy of Forensic Sciences. 59 (1): 167–174. doi:10.1111/1556-4029.12359. PMID 24329037. Diakses tanggal January 17, 2014. 
  3. ^ "Dr. Fredricks Cinema Therapy Blog - Narcissistic personality disorder". Dr. Randi Fredricks, Ph.D. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-09-15. Diakses tanggal 2014-04-18. 
  4. ^ "A Conversation with Sharon Stone" from the Basic Instinct: Ultimate Edition DVD (Lions Gate Home Entertainment, 2006).
  5. ^ Daun Hijau, diakses 16 Feb 2015
  6. ^ Silverant, diakses 16 Feb 2015

https://en.wikipedia.org/wiki/Basic_Instinct