Baserri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Baserri di Museum Chillida di Hernani

Baserri (pengucapan bahasa Basque: [bas̺eri]; Spanish: caserío vasco; French: maison basque) adalah jenis rumah farmhouse tradisional yang berbentuk setengah-kayu atau batu yang dibangun di negara Basque di wilayah utara Spanyol dan Barat Daya Prancis. Rumah basseri, dengan atap dan pintu yang landai, merupakan rumah yang sangat khas di kawasan ini dan merupakan bagian penting dalam struktur sosial negara Basque tradisional.[1] Rumah-rumah ini juga memiliki peran penting dalam melindungi bahasa Basque[2] pada periode persekusi dengan menyediakan bahasa dengan basis pembicara yang sangat tersebar, tetapi substansial.

Struktur[sunting | sunting sumber]

Meskipun terdapat gaya bangunan yang berbeda dengan fitur yang spesifik untuk masing-masing wilayah, sebagian besar rumah-rumah ini memiliki desain inti yang sama. Sebagian besar diantaranya berlantai tiga, di mana kandang kuda berada dalam gedung dan atapnya berbentuk miring, berdinding batu dan konstruksi internal yang sebagian besar dibuat dari kayu.

Jenis-jenis dasar[sunting | sunting sumber]

Basseri didesain berbentuk modular dalam arti terdapat sayap tambahan yang ditambahkan pada struktur utama agar bangunan dapat diperpanjang ketika dibutuhkan. Bangunan utama mengacu pada biarriko (atau two stone one), terdiri dari dua dinding pendukung utama; hiruharriko (atau three stone one) dengan ekstensi di satu sisi dan lauarriko (atau four stone one) dengan dua ekstensi, satu di kedua sisi bangunan aslinya.[3]

Denah lantai[sunting | sunting sumber]

Denah lantai sering kali berbentuk persegi panjang, dengan ujung sempit membentuk façade. Fasad biasanya memiliki jendela di ketiga lantainya dan minimun satu pintu masuk yang besar, dan sering kali berjumlah dua.

Distribusi lantai konvensional biasanya memiliki:

  • Kandang ternak di lantai dasar di satu sisi bangunan, dapur, kamar kecil dan ruang duduk di sisi lain
  • Tempat tidur di lantai pertama, biasanya di atas kandang untuk meminimalkan kebutuhan pemanasan. Di bagian luar, lantai ini sering juga memiliki satu atau lebih balkon.
  • Loteng besar untuk menyimpan barang dan aktivitas dalam ruangan yang membutuhkan lebih banyak tempat; Ruang loteng ini sering kali terbuka atau sebagian terbuka ke arah bagian luar; di bagian depan rumah untuk memastikan ventilasi.[3]

Dapur dan oven[sunting | sunting sumber]

Labrit Extea dalam Itzalle dengan oven eksternal di lantai pertama.

Di bagian dalam terdapat dapur (sukalde di Basque) yang merupakan pusat aktivitas dan interaksi sosial. Awalnya api terletak di tengah dapur (mirip dengan tipe rumah blackhouse Skotlandia) dengan besi yang dapat diputar, dan ditanam pada dinding armada yang terpasang di dinding, tetapi digantikan dengan perapian yang dibangun pada dinding dengan sebuah chimney.[1]

Meski biasa ditemui di bagian lantai dasar, tidak jarang dapur berada di lantai 1. Hal ini dapat ditemui khususnya di daerah yang lebih dingin di Negara Basque, di mana oven roti yang selalu ada dibangun pada sebuah balkon kecil, dengan hanya permukaan yang terbuka untuk meminimalisir risiko dari api.[1] Di daerah yang lebih beriklim sedang, oven roti biasanya terpisah dari bangunan baserri utama.

Lumbung[sunting | sunting sumber]

Lumbung pada basseri Ibarguren di Markina-Xemein.

Meskipun pada sebagian besar hasil baserris disimpan di dalam bangunan utama, beberapa telah ada lumbung berdiri sendiri yang disebut garai di Basque. Lumbung-lumbung inj merupakan bangunan kecil, kayu atau bangunan batu atau batu staddle[1] dan mengingatkan pada lumbung serupa di bagian lain dunia.

Menara rumah farmhouse[sunting | sunting sumber]

Basseri Aranguren di Orozko, yang diubah dari benteng menara

Beberapa baserri tampaknya menentang definisi basseri normal. Dalam banyak kasus, hal ini merupakan hasil dari Juntas Generales Biscay dan Gipuzkoa yang mengatur menara rumah ('dorretxeak' 'di Basque) yang diratakan dengan mengikuti perang partisan Basque yang berabad-abad.[1] Banyak diantaranya yang diubah menjadi bangunan non-militer, menghasilkan bentuk rumah basseri yang agak tidak biasa.

Perkembangan modern[sunting | sunting sumber]

Secara tradisional, aktivitas-aktivitas pertanian dan pastoral membentuk pemukiman penghuninya dengan gaya basseri, tetapi karena perubahan ekonomi dan sosial baru-baru ini, agrowisata telah menjadi aktivitas utama di baserris.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e Madariaga, Nikola de Baserrietxea eta Eusko Etxegintza Errikoia Bizkaiko Aurrezki Kutxa: 1983
  2. ^ Garate, G. 27.173 Atsotitzak Bilbao Bizkaia Kutxa Fundazioa: 1998 ISBN 84-89476-68-3
  3. ^ a b Etxegoien, J. Orhipean Xamar: 1996 ISBN 84-7681-119-5

Pranala luar[sunting | sunting sumber]