Baris per inci

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Baris per inci (LPI) adalah pengukuran resolusi pencetakan dalam sistem yang menggunakan layar halfton. Secara spesifik, adalah ukuran seberapa dekat jarak baris di grid halfton. LPI yang tinggi menunjukkan detail dan ketajaman yang lebih tinggi.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Majalah dan koran cetak banyak menggunakan sistem halfton. Kertas koran pada umumnya tidak terlalu detail, dan memiliki dot gain yang relatif tinggi atau color bleeding, jadi kertas koran biasanya hanya sekitar 85 LPI. Kertas dengan kualitas lebih tinggi, seperti yang digunakan dalam majalah komersial, memiliki dot gain lebih sedikit, dan dapat berkisar hingga 300 LPI dengan kertas kualitas glossy (coated).

Agar dapat secara efektif memanfaatkan seluruh rentang LPI yang tersedia dalam sistem halftone, sebuah gambar yang dipilih untuk pencetakan umumnya harus memiliki 1,5 sampai 2 kali lebih banyak sampel per inci (SPI). Misalnya, jika perangkat target output mampu mencetak pada 100 LPI, sumber gambar yang optimum adalah 150 sampai 200 SPI. Gambar dengan SPI lebih rendah dari nilai ini tidak menggunakan LPI yang tersedia pada printer secara optimum; sedangkan gambar dengan SPI lebih tinggi dari nilai ini akan melebihi kemampuan printer, dan hanya akan terbuang percuma.

Perangkat lain yang menggunakan spesifikasi LPI adalah tablet grafis.

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]


Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik. Terima kasih.