Barakuda besar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Barakuda besar
Barracuda laban.jpg
Barakuda besar mengarungi arus di Arrecife Paraiso, Cozumel, Meksiko
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Scombriformes
Famili: Sphyraenidae
Genus: Sphyraena
Spesies: S. barracuda
Nama binomial
Sphyraena barracuda
(Edwards dalam Catesby, 1771)
Sinonim

Barakuda besar (Sphyraena barracuda) merupakan spesies dari ikan barakuda yang dapat ditemukan di laut tropis dan subtropis diseluruh dunia. Ikan ini merupakan sejenis ikan bersirip kipas (Actinopterygii).

Penyebaran dan Habitat[sunting | sunting sumber]

barakuda besar dijumpai di perairan hangat dan dangkal di samudra hindia, pasifik dan atlantik, dimana ikan ini biasanya hidup di perairan hutan bakau hingga perairan terumbu karang, dengan kedalaman maksimal 110 meter[1].

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

barakuda dengan mangsanya

barakuda besar dapat tumbuh sekitar 60–100 cm dan berat hingga 2.5-9.0 kilogram. spesimen terbesar dapat tumbuh sampai 1.5 meter dengan berat lebih dari 23 kilogram. Rekor ikan terbesar yang tertangkap oleh kail pancing memiliki berat 46.72 kilogram dan panjang 1.7 meter, dimana kemungkinan ada spesimen besar yang panjangnya mencapai 2 meter[2][3][4].

Perilaku dan Biologi[sunting | sunting sumber]

Ikan ini adalah pemangsa yang rakus dan berburu seperti ikan lainnya yaitu menunggu mangsanya diam-diam lalu menangkapnya. Barakuda mengandalkan serangan kejutnya dimana kecepatannya bisa mencapai hingga 27 mil/jam (43 km/jam) untuk menangkap mangsanya. Tidak seperti barakuda lainnya yang membentuk kawanan besar, barakuda besar memilih hidup sendiri atau soliter.

Rentang umur barakuda besar hingga 14 tahun. Musim pemijahan telur biasanya dilakukan antara bulan April hingga Oktober. Ikan betina melepas telur-telurnya yang berjumlah 5.000 hingga 30.000 telur. Barakuda besar merupakan pemangsa puncak dimana di wilayahnya ia biasa memangsa ikan, krustasea, dan moluska.[5]

Hubungan dengan Manusia[sunting | sunting sumber]

Sama seperti hiu, ikan ini juga dikenal karena reputasinya yang berbahaya bagi para penyelam[6]. Terdapat beberapa laporan perenang yang digigit oleh barakuda namun kasus tersebut jarang terjadi. Barakuda besar mungkin salah mengira hal-hal yang berkilauan dan bersinar adalah sisik ikan yang merupakan mangsanya. Cincin berlian dan benda mengkilap lainnya telah diketahui menarik perhatian mereka dan menyerupai mangsa bagi mereka. Untuk menghindari hal tersebut, hal yang harus dilakukan adalah melepas atau menutup barang tersebut saat berada di bawah air.[7]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sphyraena barracuda (Barra, Barracuda, Commerson's Sea Pike, Great Barracuda, Great Barra Cuda, Short Barracuda, Striped Seapike)". www.iucnredlist.org. Diakses tanggal 2017-11-18. 
  2. ^ "Sphyraena barracuda :: Florida Museum of Natural History". www.floridamuseum.ufl.edu (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-11-18. 
  3. ^ "Great Barracudas, Sphyraena barracuda". MarineBio.org. Diakses tanggal 2017-11-18. 
  4. ^ "Great barracuda". www.animalspot.net (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-11-18. 
  5. ^ http://www.mindcomet.com, MindComet, Inc. -. "Great Barracuda". seaworld.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-11-18. 
  6. ^ "Sphyraena barracuda". fishesofaustralia.net.au (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-11-18. 
  7. ^ "About the Great Barracuda | The Nature Conservancy". www.nature.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-11-18. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]