Banksia aquilonia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Banksia aquilonia
Banksia aquilonia1.jpg
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
Ordo: Proteales
Famili: Proteaceae
Genus: Banksia
Spesies: B. aquilonia
Nama binomial
Banksia aquilonia[1]
(A.S.George) A.S.George
Sinonim[1]

Banksia integrifolia subsp. aquilonia (A.S.George) K.R.Thiele
Banksia integrifolia var. aquilonia A.S.George

Banksia aquilonia, umumnya disebut sebagai banksia utara (bahasa Inggris: northern banksia), adalah pohon dalam familia Proteaceae asli dari Queensland utara di pantai timur laut Australia. Dengan tinggi rata-raata 8 m (26 ft), itu memiliki daun yang hijau, berkilau dan sempit dengan panjang hingga 20 cm (7,9 in) dan bunga paku kuning pucat dengan tinggi hingga 6 to 10 cm (2,4 to 3,9 in), yang disebut sebagai bunga majemuk, muncul pada musim gugur. Seiring paku-paku menua, bunganya jatuh dan mereka mengembangkan hingga 50 folikel, setiap folikel berisi dua biji.

Alex George mendeskripsikan tumbuhan ini pada monograf tahun 1981 dari genus Banksia sebagai varietas dari Banksia integrifolia, tetapi kemudian mengklasifikasikan ulang tumbuhan ini sebagai spesies terpisah. Studi genetik menunjukkan tumbuhan ini berkerabat dengan Banksia plagiocarpa, Banksia oblongifolia dan Banksia robur. Spesies ini ditemukan di hutan sklerofil basah dan batas hutan hujan di tanah berpasir. Banksia aquilonia beregenerasi setelah kebakaran dengan tumbuh ulang dari kuncup epikormik di bawah kulit kayunya. Banksia aquilonia jarang dibudidayakan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Banksia aquilonia". Australian Plant Name Index (APNI), IBIS database. Centre for Plant Biodiversity Research, Australian Government. Diakses tanggal 15 Maret 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]