Bambangan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bambangan
Lutjanus malabaricus

Status konservasi
Risiko rendah
IUCN194346
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoLutjaniformes
FamiliLutjanidae
GenusLutjanus
SpesiesLutjanus malabaricus
Bloch dan Schneider, 1801

Bambangan (Lutjanus malabaricus) atau kakap darah adalah sejenis ikan kakap merah yang berasal dari wilayah Pasifik barat, di mana ikan ini ditemukan sampai ke perairan Fiji dan Jepang serta wilayah Samudra Hindia.

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Bambangan pertama kali dideskripsikan di tahun 1801 dengan nama binomial Sparus malabaricus oleh naturalis Jerman Marcus Elieser Bloch dan Johann Gottlob Schneider dengan lokalitas Pesisir Koromandel di India timur.[1] Nama spesiesnya, malabaricus berarti Pesisir Malabar yang terletak di India barat daya.[2]

Habitat[sunting | sunting sumber]

Ikan dewasa bisa ditemukan di daerah terumbu di pesisir atau lepas pantai, terutama di sela-sela karang spons atau di dasar laut yang berlumpur.[3] Sementara itu ikan mudanya lebih memilih untuk menghuni perairan dangkal yang dekat dengan tepian laut.[4]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "CAS - Eschmeyer's Catalog of Fishes". researcharchive.calacademy.org. Diakses tanggal 2022-11-01. 
  2. ^ Christopher Scharpf; Kenneth J. Lazara, ed. (5 January 2021). "Order LUTJANIFORMES: Families HAEMULIDAE and LUTJANIDAE". The ETYFish Project Fish Name Etymology Database. Christopher Scharpf and Kenneth J. Lazara. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 April 2021. Diakses tanggal 18 June 2021. 
  3. ^ Bray, D.J. (2020). "Lutjanus malabaricus". Fishes of Australia. Museums Victoria. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 June 2021. Diakses tanggal 18 June 2021. 
  4. ^ "{{{genus}}} {{{species}}}". FishBase. Ed. Ranier Froese and Daniel Pauly. February 2021 version. N.p.: FishBase, 2021.