Balau-balau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Balau-balau
Gymnostoma

Gymnostoma deplancheanum, very old specimen, near Prony, New Caledonia
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
KladSuperrosidae
Kladrosids
Kladfabids
OrdoFagales
FamiliCasuarinaceae
GenusGymnostoma
L.A.S.Johnson, 1980
Species
See text

Gymnostoma atau pohon balau-balau adalah genus dari sekitar delapan belas spesies pohon dan semak, yang merupakan salah satu dari empat genera keluarga tumbuhan Casuarinaceae . Spesies ini tumbuh secara alami di daerah tropis, termasuk di dataran tinggi yang beriklim sedang, di hutan di wilayah Samudera Pasifik bagian barat dan Malesia . Di Kaledonia Baru, ilmu botani yang diterbitkan menjelaskan delapan spesies yang ditemukan tumbuh secara alami, yang belum ditemukan oleh para ahli botani di tempat lain (endemik) . Spesies lain berasal dari Kalimantan, Sumatera, Maluku, dan Nugini, [1] dan masing-masing satu spesies endemik di Fiji dan Daerah Tropis Basah di Queensland, Australia.[2]

Genus ini pertama kali dijelaskan secara ilmiah oleh Lawrie AS Johnson pada tahun 1980 Banyak kombinasi nama spesies Gymnostoma ( binomial ) yang dideskripsikan olehnya pada tahun 1982. Hingga 2013 </link></link> , total delapan belas spesies global telah ditemukan dan dideskripsikan.  

Mayoritas spesies tumbuh di hutan hujan, di habitat yang terbuka, cerah, dan dalam jangka waktu lama, mulai dari tepi sungai (riparian) hingga situasi di puncak gunung. Di Kaledonia Baru, dua spesies endemik G. chamaecyparis dan G. deplancheanum mempunyai adaptasi khusus, tumbuh di formasi semak maquis dan paraforest maquis yang basah. G. chamaecyparis berasosiasi dengan tanah hipermagnesia (hypermagnesian inceptisol ) di bawah ketinggian 600 m di dasar pegunungan ultrabasa G. deplancheanum tumbuh di tanah keras atau tanah berkerikil desaturasi ferralitik feritik ( oxisol ) di pegunungan selatan pada ketinggian antara 200 dan 1.000 m".

Jenis[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Govaerts R. "Gymnostoma L.A.S.Johnson". Plants of the World Online. Board of Trustees of the Royal Botanic Gardens, Kew. Diakses tanggal 14 December 2020. 
  2. ^ "Gymnostoma L.A.S.Johnson". Atlas of Living Australia.