Balap lintasan tanah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Balap trek tanah)

Balap lintasan tanah adalah bentuk olahraga otomotif yang diadakan pada lintasan balap oval berbahan tanah liat yang sering digunakan untuk pacuan kuda. Penyelenggaraan balap lintasan tanah telah dimulai di Amerika Serikat sebelum Perang Dunia I dan menjadi marak diadakan selama dekade tahun 1920-an dan 1930-an menggunakan mobil dan sepeda motor. Dua jenis mobil balap yang berbeda mendominasi - pembalap roda terbuka di timur laut dan barat dan stok mobil di Midwest dan Selatan. Sementara mobil balap roda terbuka adalah kendaraan balap yang dibangun khusus, mobil stok (juga dikenal sebagai mobil fender) dapat berupa mobil balap yang dibangun khusus atau kendaraan jalanan yang telah dimodifikasi menjadi berbagai tingkat. Ada ratusan pacuan kuda lokal dan regional di seluruh negara. Olahraga ini juga populer di Australia, Selandia Baru, Kanada, Afrika Selatan dan Inggris.

Balapan[sunting | sunting sumber]

Driver model terlambat menunjukkan bagaimana driver mobil trek tanah meluncur ujung belakang mobil mereka terlebih dahulu melalui sudut. Berbagai mobil menunjukkan juga berbagai sudut berbeda yang terjadi saat mengemudi melalui sudut -sudut.

Permukaan balap trek tanah dapat terdiri dari tanah apa pun, meskipun sebagian besar pembalap tanah berpengalaman mungkin menganggap tanah liat oval yang lembab dan disiapkan dengan benar sebagai permukaan balap tanah favorit mereka. Mempersiapkan trek tanah dengan benar untuk balapan adalah kerajinan tradisional yang dipelajari serta pekerjaan yang panjang dan rumit yang membutuhkan jam kerja. Alat berat yang umum digunakan dalam persiapan lintasan meliputi grader, cultivator atau rototiller, 2 jenis roller dan truk pengairan, meskipun prosesnya bervariasi pada lintasan tanah yang berbeda di seluruh dunia.

Setelah suatu peristiwa, permukaan rutan trek pertama-tama diratakan dan dihaluskan kembali ke kontur tata letak trek. kemudian lebih halus dan memadatkan tanah gembur di sekop ke setiap titik lunak. Permukaan trek yang baru dihaluskan kemudian diangin-anginkan dengan kultivator atau rototiler untuk melonggarkan lapisan atas yang sekarang dipadatkan dan membantu penetrasi air yang lebih besar untuk trek yang lebih lembab pada hari perlombaan. Penyiraman diulang seperlunya sesuai dengan iklim, lokasi dan komposisi tanah. Menggunakan nozel boom offset pada truk air akan menghindari tumbukan tanah yang diangin-anginkan. Trek tanah harus digulung dan disiram seperti yang dipersyaratkan pada pagi balapan dengan penyiraman ringan terakhir, sesaat sebelum pengepakan roda. Trek kotoran luar ruangan biasanya diangin-anginkan sedalam 12".

Inggris Raya[sunting | sunting sumber]

Di Inggris Raya, lintasan oval biasanya berada di atas rumput dengan panjang 400 meter (¼ mil) hingga 800 meter (½ mil). Balapan terdiri dari beberapa putaran kualifikasi empat putaran yang menghilangkan pembalap yang lebih lambat. Lalu ada balapan terakhir yang menampilkan pesaing tercepat.

Eropa[sunting | sunting sumber]

Di daratan Eropa, trek panjang dapat berupa rumput, pasir, atau abu, dan dapat mencapai panjang 1-kilometer (0,62 mi).

Australia[sunting | sunting sumber]

Balap trek tanah di Australia memiliki sejarah sejak tahun 1920-an dan 1930-an. Kebanyakan lintasan lintasan oval mirip dengan yang ada di AS untuk balap mobil seperti mobil lari cepat, mobil cepat (cebol) dan sedan, dengan sebagian besar lintasan umumnya sekitar mil (402 m) hingga mil (536 m). Kebanyakan trek memiliki permukaan tanah liat, meskipun beberapa menggunakan dolomit, campuran dolomit dan tanah liat atau bahkan campuran pasir dan tanah liat. Selama tahun 1970-an dan awal 1980-an, sejumlah kecil trek diaspal dengan aspal, meskipun fase ini hanya berlangsung sekitar satu dekade dan semua trek yang diaspal akhirnya kembali ke permukaan semula.

| width="" align="left" valign="top" style="padding-left:;"|

Kendaraan balap[sunting | sunting sumber]

Sebuah trek tanah khas balap mobil "street stock" di Wisconsin, AS

Setiap arena pacuan kuda atau organisasi sponsor memelihara buku peraturan yang menguraikan setiap kelas mobil balap yang mencakup dimensi, ukuran mesin, persyaratan peralatan, dan larangan. Persyaratan untuk setiap kelas biasanya dikoordinasikan dengan beberapa trek untuk memungkinkan tempat terluas yang tersedia untuk setiap jenis mobil. Koordinasi ini memungkinkan para pembalap untuk bersaing di banyak trek balap yang berbeda, meningkatkan peluang para pesaing untuk menang, dan memungkinkan asosiasi balap mengembangkan serangkaian acara balapan yang mempromosikan minat penggemar.

Banyak trek mendukung dua jenis balap dalam program mereka, mobil roda terbuka dan mobil stok. Kedua tipe tersebut berkisar dari mesin V8 yang besar dan bertenaga hingga mesin empat silinder yang kecil namun tetap bertenaga. Beberapa mobil balap roda terbuka yang lebih kecil memiliki kelas untuk mesin satu silinder. Tergantung pada kelasnya, mobil mungkin memiliki sayap untuk membantu penanganan pada kecepatan yang lebih tinggi.

Mobil roda terbuka[sunting | sunting sumber]

Dirt sprint cars

Mobil roda terbuka umumnya diproduksi dengan rangka tubular dan bodi yang dibeli untuk kelas tertentu. Roda kendaraan ini tidak dilindungi oleh spatbor; mereka terbuka atau "terbuka".

Kelas meliputi:

  • Dwarf (5/8 replika dari 1928 hingga 1948 coupe dan sedan)
  • Mod lite - mesin sepeda motor 1000-1250cc (5/8 replika ukuran penuh dimodifikasi tetapi sama cepatnya)
  • Kart (go kart)
  • Mini sprint- mesin sepeda motor 600-1200cc. Biasanya memanfaatkan sayap atas.
  • Lari cepat bersayap- 410ci, 360ci engine, atau 305ci engine. Sayap atas membantu mobil balap yang cepat dan bertenaga ini dengan downforce.
  • Mobil sprint non-sayap
  • Mahkota perak
  • cebol (mobil cepat)
  • Cebol tiga perempat (TQ)
  • Seperempat cebol
  • 600 dan 270 sprint mikro

Badan sanksi roda terbuka meliputi:

  • USAC - Klub Mobil Amerika Serikat
  • World of Outlaws Sprint Cars (seri tur nasional mesin 410ci)
  • All Star Circuit of Champions (410ci engine upper Midwest, mid-Atlantic dan seri tur Atlantik)
  • National Sprint League (seri tur Midwest 410ci engine)
  • American Sprint Car Series (ASCS) (seri tur nasional mesin 360ci)
  • United Sprint Car Series (USCS) (mesin 360ci seri touring tengah selatan dan selatan)
  • MOWA (seri touring mesin 410ci Midwest)
  • POWRi (cebol dan sprint mini)

Produsen sasis populer di seluruh negeri untuk mobil sprint bersayap adalah Eagle, Maxim, J&J, Triple X, dan GF1. Ada juga beberapa pembuat mesin yang membuat mesin 410ci dan 360ci untuk tim mobil sprint keliling. Speedway, Kistler, Gaerte, Wesmar, Shaver, Don Ott Racing Engines, dan Fisher Racing Engines adalah pembuat mesin yang lebih populer.

Mobil yang dimodifikasi[sunting | sunting sumber]

IMCA Modified car

Mobil yang dimodifikasi adalah hibrida dari mobil roda terbuka dan mobil stok. Kelas mobil ini memiliki karakteristik balap mobil stok. Roda belakang ditutupi oleh spatbor tetapi roda depan dibiarkan terbuka. Ada badan sanksi yang mengontrol aturan untuk kelas ini di sebagian besar trek. Setiap badan pemberi sanksi memiliki seperangkat pedoman mereka sendiri yang disediakan dalam buku peraturan tahunan dan biaya pendaftaran mereka sendiri. Badan sanksi meliputi:

  • Seri Super DIRTcar
  • IMCA (Asosiasi Kontes Motor Internasional)
  • UMP (Promotor United Midwestern)
  • USRA (Asosiasi Balap Amerika Serikat)
  • USMTS (Seri Tur Modifikasi Amerika Serikat)
  • WISSOTA (Asosiasi Promotor WISSOTA)
  • TSMA (Asosiasi Modifikasi Tiga Negara Bagian)

Mobil bertubuh penuh[sunting | sunting sumber]

Mobil bertubuh penuh, kadang-kadang disebut sebagai mobil stok, adalah kendaraan yang, tidak seperti mobil roda terbuka, memiliki spatbor yang menutupi semua roda. Mobil bertubuh penuh dapat bervariasi dari sasis rangka tabung penuh dan model akhir bertubuh aluminium hingga mobil yang diproduksi oleh pembuat mobil besar dengan modifikasi tertentu sebagaimana diizinkan untuk setiap kelas. Ada beberapa tipe umum:

Stok Murni

Ini adalah mobil bertubuh penuh dengan sedikit perubahan yang diizinkan dari model pabrik yang dijual untuk penggunaan umum di jalanan. Perubahan bisa terbatas pada ban jenis tertentu, membuat beberapa bagian mobil lebih kuat untuk menahan hukuman balap dan sebagainya. Semua mobil yang digunakan di trek balap wajib memiliki Roll Cage dan safety harness untuk melindungi pengemudi. Beberapa trek memiliki apa yang mereka sebut Hornets yang merupakan mobil unibody yang lebih kecil dengan mesin 4 silinder, yang pasti cukup banyak saat mereka meninggalkan pabrik kecuali untuk roll cage. Ini juga akan dianggap Stok Murni, tetapi tidak berukuran penuh.

Stok Jalanan

Ini juga mobil bertubuh penuh tetapi dapat memiliki perubahan pada rangka, mesin, ban dan beberapa perubahan pada suspensi. Mereka harus memiliki bodi yang berbentuk seperti mobil sebenarnya yang digunakan di jalan langsung dari pabriknya. Seperti halnya mobil Stok Murni, semua harus memiliki satu set lengkap Roll Cage dan tali pengaman untuk melindungi pengemudi.

Stok Super

Mobil Super Stock sangat mirip dengan Model Terlambat dan dapat dibangun dari bawah ke atas oleh para pembalap. Mereka memiliki mesin terbatas dan item terbatas lainnya yang mencegahnya menjadi Model Terlambat, tetapi mereka jauh lebih kuat daripada Stok Jalanan dan merupakan kelas perantara antara Stok Jalanan, Modifikasi, dan Model Terlambat. Bodinya adalah after market atau dibuat oleh pembalap dalam bentuk umum dari merek yang diwakili (Chev, Ford, Dodge, dll).

Mobil non-produksi[sunting | sunting sumber]

Ini adalah mobil stok yang dibuat khusus untuk balap, biasanya dengan rangka tabung yang dilas dan bodi yang dibuat khusus atau dibeli.

Jenis mobil stok bertubuh penuh kotoran yang paling populer adalah model akhir. Mereka dikategorikan tergantung pada trek dan seri apa yang sedang dijalankan. Lintasan pacuan kuda menentukan jenis model akhir yang dilombakan, tetapi sebagian besar termasuk dalam salah satu kategori berikut:

Model terlambat[sunting | sunting sumber]

Fitur kotoran super model terakhirs sekarang ini memiliki sasis rangka tabung berkonstruksi baja dengan bodi aluminium yang memberi mereka penampilan aerodinamis yang ramping dari mobil balap biasa, tetapi tidak ada stok apa pun tentang mesin seberat 2300 pon ini. Mobil ditenagai oleh 850 tenaga kuda (630 kW) motor yang dapat berputar lebih dari 9.000 rpm. Mesin didasarkan pada V-8 Chevrolet, Chrysler, dan pembangkit listrik Ford. Mobil-mobil ini dianggap sebagai mobil paling canggih di balap tanah. Mereka mencapai kecepatan lebih dari 100 mph (160 km/jam) dan meluncur di tikungan tanah. Mereka berlomba di trek tanah di seluruh negeri mulai dari 1/5 hingga satu mil.

Biaya untuk mobil-mobil ini signifikan. Biaya untuk satu model akhir siap balapan yang lengkap adalah sekitar $70.000. Ada juga peralatan dan suku cadang yang lebih murah yang dapat dibeli, tetapi tetap kompetitif jauh lebih mahal. Untuk mendapatkan rangka (sasis) dan suku cadang semua baru tanpa transmisi dan motor adalah sekitar 20.000 hingga 30.000 dolar tergantung pada kualitas dan dari produsen mana sasis itu berasal. Pabrikan teratas di seluruh negeri termasuk Rocket, Sweet-Bloomquist, Club 29, Longhorn, MB Customs, Black Diamond Racecars, GRT, Warrior, Barry Wright Racecars, Rayburn, MasterSbilt, Krypnonite, Domination chassis, dan Schwartz Race Cars. Mesin untuk mobil-mobil ini sekitar 850 tenaga kuda dan harganya bisa mencapai 40.000 dolar. Pembuat motor termasuk Hatfield Racing, Durham Racing Engines, Cornett Racing Engines, Sheered Engine Development, Gaerte Racing Engines, Clements Racing Engines, Custom Racing Engines, Vic Hill Racing Engines, dan Pro Power Engines.

Sebagian besar seri balap dan acara khusus menawarkan opsi motor yang berbeda dengan penggunaan bobot kendaraan total yang berbeda untuk menciptakan lapangan permainan yang seimbang:

  • Motor terbuka - tidak ada batasan pemindahan dengan jenis motor ini. Kebanyakan motor terbuka melebihi 400 inci kubik tetapi 380 blok kecil juga merupakan motor terbuka yang umum. Motor ini menggunakan blok dan kepala aluminium dan sering kali memiliki cam yang dilas secara khusus. Mobil yang menjalankan opsi motor ini harus memiliki berat setidaknya 2.350 pon (1.070 kg). Mobil yang menggunakan balok baja harus memiliki berat 2300 lb.
  • Spek motor- motor spek dibuat dengan spesifikasi seri. Motor dapat berupa baja, aluminium atau kombinasi. Motor spesifikasi biasanya tidak dapat melebihi 358 cubic inci (5,87 L). Mobil yang menggunakan opsi motor ini menimbang pada 2.300 pon (1.000 kg) dan menjalankan 10-inci (250 mm) atau 12-inci (300 mm) spoiler.
  • Semua motor baja - baja blok dan kepala, maksimum 362 cubic inci (5,93 L), dan beratnya 2200 atau 2150 pon tergantung pada seri. Mobil dengan motor semua baja harus menjalankan 10-inci (250 mm) atau 12-inci (300 mm) spoiler.
Model terlambat terbatas[sunting | sunting sumber]

Model terlambat terbatas dan stok model terlambat memiliki aturan tubuh yang sama dengan model super terlambat. Perbedaan utama dalam kedua kelas adalah aturan motorik. Batasan mesin biasanya mencakup ukuran perpindahan mesin maksimum, sudut kepala silinder tertentu yang diperlukan, rasio kompresi maksimum, dan ukuran karburator maksimum. Aturan suspensi biasanya melarang penggunaan guncangan tabung mahal. Pilihan ban juga biasanya terbatas pada ban tertentu seperti ban spesifikasi Hoosier D55.

Stok model terlambat[sunting | sunting sumber]

Stok model terlambat memiliki aturan tubuh yang sama dengan model super terlambat dan model terlambat terbatas. Kelas ini biasanya memiliki aturan mesin yang lebih terbatas.

Persyaratan mesin stok model akhir yang khas:

Banyak trek dan badan sanksi yang berbeda memiliki variasi pada aturan ini tentang apa yang merupakan model terlambat terbuka, model terlambat terbatas, dan stok model terlambat.

Model peti akhir[sunting | sunting sumber]
Model akhir Fastrak

Model peti akhir menggunakan mesin Mesin blok kecil Chevrolet yang telah disegel dengan tag khusus. Motor tipikal termasuk mesin GM 602 dan GM 604. Baru-baru ini peti GM CT525 telah menjadi pilihan populer para pembalap dan beberapa motor Ford after-market telah muncul dalam persaingan. Mesin peti disegel pada intake manifold, kepala silinder, penutup depan, dan bak oli dengan baut putar khusus. Mesin peti tidak boleh diubah, dimodifikasi, atau diubah dengan cara apa pun dari spesifikasi pabrik.

Model terbaru Crate memiliki tiga seri tur wilayah Selatan: Durrence Layne Dirt Late Model Series, United Crate Racing Alliance, dan Fastrak Crate Late Model Series.

Seri balap model akhir yang populer[sunting | sunting sumber]

Ada ratusan acara khusus regional dan nasional tanpa izin tambahan yang diadakan sepanjang tahun.

Acara utama model terlambat tahunan[sunting | sunting sumber]
  • Bama Brawl - AL: akhir pekan ketiga di bulan Februari
  • Ice Bowl - AL: akhir pekan pertama setelah tahun baru
  • Wild West Shootout - AZ: minggu pertengahan Januari plus balapan
  • Winter Nationals - FL: selama seminggu 2 lagu Tampa dan Daytona mengarah ke Daytona 500)
  • Raja Persemakmuran - VA: awal April
  • Show-Me 100 - MO: akhir pekan Memorial Day
  • $100,000 Dream - OH: balapan terkaya tahun ini
  • Firecracker 100 - PA: Sebelum akhir pekan 4 Juli
  • Warga Negara Dolar Perak - NE: akhir Juli
  • Prairie Dirt Classic - IL: minggu lalu Juli
  • USA 100 - VA: jangan bingung dengan Warga Negara AS pada akhir pekan yang sama
  • Warga Negara AS - WI: $50,000 Terkaya ke-3
  • World 100
  • Utara/Selatan 100 - KY: $50.000 minggu setelah Warga Negara AS
  • Topless 100 - AR: $40,000 Minggu ke-3 di bulan Agustus
  • HillBilly 100 - WV $25.000 balapan satu hari terkaya
  • World 100 - OH: balapan paling bergengsi
  • Knoxville Late Model Nationals - IA: $40,000
  • Shootout - GA: sebelumnya Hav-A-Tampa Shootout
  • Pittsburgher - PA: awal Oktober.
  • Biru-Abu-Abu 100 - SC: acara penting regional 25+ tahun
  • Kejuaraan Dunia Dirt Track (DTWC) - OH: baru-baru ini meningkat dari $50K menjadi $100,000
  • Final Dunia - NC: Liputan TV prime time langsung dari tiga seri final
  • Nasional 100 - AL: balapan paling bergengsi di selatan
  • Gobbler - TN/GA: acara penting regional 25+ tahun yang dijadwalkan akhir pekan sebelum Thanksgiving
  • Gateway Dirt Nationals - MO: balapan dalam ruangan yang menampilkan model, modifikasi, dan cebol super terlambat

Mobil produksi yang dimodifikasi[sunting | sunting sumber]

Mobil-mobil ini adalah mobil produksi yang dimodifikasi. Ada tingkat variabilitas yang tinggi antara kelas mobil yang dimodifikasi. Divisi terendah dari mobil produksi yang dimodifikasi mungkin benar-benar tersedia kecuali interior atau kaca depannya dilepas. Divisi tertinggi mobil produksi yang dimodifikasi mungkin hanya memiliki beberapa suku cadang asli, dan mungkin hampir secepat mobil balap model akhir. Sebagian besar mobil memiliki kaca depan yang dilepas dan interiornya dilucuti. Kursi asli diperbolehkan untuk digunakan di kelas terendah, tetapi kursi balap dan roll cage harus dipasang di divisi yang lebih tinggi. Fitur keselamatan dan kinerja lainnya ditambahkan ke mobil divisi yang lebih tinggi. Mesin di divisi yang lebih rendah benar-benar tersedia, dan divisi yang lebih tinggi sangat dimodifikasi dan ditingkatkan. Sebagian besar mobil produksi yang dimodifikasi menggunakan sistem pembuangan penuh. Mesin bervariasi dari 4 silinder yang tidak dimodifikasi hingga V8 yang sangat dimodifikasi. Mobil di divisi bawah menggunakan ban standar, dan mobil divisi lebih tinggi menggunakan ban balap khusus yang dibuat khusus.

Nama umum divisi mobil produksi yang dimodifikasi:

Sepeda motor[sunting | sunting sumber]

Sepeda motor trail dan rumput memiliki kapasitas 250, 350, 500 dan di kelas solo dan dapat mencapai kecepatan hingga 80 mph (130 km/h) di lintasan lurus dan tanpa rem dipasang ke mesin. Kejuaraan trek tanah American Grand National menggunakan sepeda motor berkapasitas hingga 750 cc dan dapat mencapai kecepatan hingga 130 mph (210 km/h) .[1][2]

Ada tiga kelas sespan. Kelas kontinental memiliki mesin 500 cc satu silinder, juga di Inggris ada mesin sespan tangan kiri dan kanan dengan mesin hingga 1000 cc. Balapan sespan adalah beberapa yang paling menarik dalam olahraga Grass Track, dengan pengemudi dan penumpang bekerja sama untuk mendapatkan cengkeraman dan kecepatan terbaik di tikungan.

Balap antik[sunting | sunting sumber]

Banyak kendaraan balap usang yang ditinggalkan di lumbung berkarat sedang dikembalikan ke kejayaannya. Kendaraan balap yang direstorasi ditampilkan di pameran mobil dan terkadang dipacu. Mobil-mobil yang bersaing di ajang balap vintage berasal dari akhir abad ke-19 hingga mobil bersejarah dari beberapa tahun lalu. Ada lebih dari 170 acara balap di Amerika Utara, dan ribuan acara klasik lainnya disetujui oleh ratusan klub.[3]

Program balapan[sunting | sunting sumber]

Empat balapan panas mobil roda terbuka vintage yang umum di Wisconsin (AS) dari tahun 1950-an hingga 1970-an

Program balapan yang khas biasanya melibatkan sejumlah kelas, dan banyak trek menawarkan balap mobil roda terbuka dan mobil stok. Ada berbagai macam format acara.

Lap panas (pemanasan atau latihan)[sunting | sunting sumber]

Balapan ini adalah 2-5 lap bagi pembalap untuk mendapatkan pemahaman tentang kondisi trek dan pengaturan mobil balap mereka. Mereka berada di awal malam sebelum kualifikasi dan balapan panas.

Kualifikasi[sunting | sunting sumber]

Sesi kualifikasi terjadi sebelum dimulainya acara. Seri Model Terlambat Kotoran Minyak Lucas dan Model Terlambat Dunia Penjahat menggunakan sistem kualifikasi untuk mengatur balapan panas mereka. Mereka memberi setiap pengemudi 2 putaran waktunya untuk mendapatkan waktu mereka. Sistem ini juga digunakan untuk mengatur acara permata mahkota besar. Untuk sebagian besar seri regional mereka menggunakan metode yang disebut "pengundian pil". Sebelum balapan, setiap pembalap menggambar nomor dan itu menentukan di mana mereka memulai balapan panas mereka. Baru-baru ini inovasi Transponder Scoring telah membawa balap trek tanah ke internet segera setelah penilaian "langsung" dan waktu acara (Monitor Balap).

Perlombaan panas[sunting | sunting sumber]

Perlombaan pendahuluan untuk setiap kelas, yang disebut balapan panas, sering membuka jadwal. Perlombaan panas dapat menentukan posisi balapan awal di acara utama dan biasanya mendapatkan poin kejuaraan musim. Perlombaan panas lebih pendek daripada balapan fitur, dan tidak banyak mobil yang berlomba di setiap seri, dari 8 hingga 12 lap untuk balapan panas. Ada banyak format untuk kualifikasi acara fitur.

Dalam perlombaan di mana mereka memenuhi syarat untuk menentukan posisi awal mereka untuk perlombaan panas, mereka menggunakan sistem "heads up". Sistem ini adalah di mana ada satu set mobil yang telah ditentukan yang masuk ke fitur A dari perlombaan panas, biasanya 3 atau 4 teratas.

Dalam perlombaan di mana mereka menggunakan undian pil untuk mengatur perlombaan panas, mereka menggunakan metode yang disebut poin lewat. Dalam sistem ini seorang pembalap menerima sejumlah poin untuk tempat mereka finis, 1-59 2-57 dan seterusnya semakin rendah mereka finis. Untuk menambah poin yang didapat pembalap saat finis, pembalap juga mendapat 1,5 poin untuk setiap mobil yang dilewatinya. Mereka kemudian biasanya akan mengambil 16 pembalap teratas dengan jumlah poin tertinggi dan mengurutkan fitur A.

Pertarungan semi-fitur/B utama/kesempatan terakhir[sunting | sunting sumber]

Mungkin ada semi-fitur di mana pembalap yang tidak memenuhi syarat dapat berlomba ke posisi awal terbuka yang tersisa di acara fitur A. Perlombaan ini disebut last chance qualifier atau fitur B. Mobil yang tidak lolos ke fitur A melalui heat race atau sesi kualifikasi mendapat satu kesempatan lagi untuk lolos ke fitur A melalui fitur B. Panjang B di mana saja hingga sekitar 20 lap. Bergantung pada berapa banyak B yang ada menentukan berapa banyak transfer ke A, di mana saja hingga sekitar 6 akan mentransfer. Jika seorang pembalap melewati B, mereka akan start di belakang pembalap yang berhasil melewati posisi heat / kualifikasi.

Pada balapan lain yang dipilih dengan jumlah mobil yang lebih besar, mungkin ada lebih banyak fitur "sup alfabet" (C, D, E, F, dll.). Dalam kasus tersebut, pembalap di balapan fitur yang lebih rendah akan balapan dengan nomor tertentu yang maju ke fitur yang lebih tinggi berikutnya (misalnya dua teratas di F maju ke E, dll.).

Fitur/Utama[sunting | sunting sumber]

Perlombaan fitur A atau fitur utama diadakan untuk setiap divisi. Mobil-mobil teratas dari acara tersebut bersaing dalam perlombaan. Posisi awal dapat ditentukan oleh poin klasemen musim, atau dengan kombinasi dari panas/kecepatan kualifikasi/lari trofi/posisi akhir semi-fitur. Ini biasanya merupakan balapan terlama dalam program dan tergantung pada divisinya, balapan ini dapat berkisar dari 10 putaran hingga 50 putaran. Poin, piala, dan sering kali dompet biasanya diberikan, dengan jumlah masing-masing ditentukan oleh posisi akhir. Pemenang acara fitur dianggap sebagai pemenang acara.

Acara khusus[sunting | sunting sumber]

Banyak trek memiliki acara khusus yang cenderung menarik banyak orang. Kadang-kadang, sebuah trek akan mensponsori perlombaan "powder-puff" untuk memberikan kesempatan kepada wanita untuk mengendarai mobil balap untuk beberapa putaran balap. Jika tidak, pembalap wanita dapat bersaing di acara yang sama dengan pria.

Banyak trek yang dikontrak dengan asosiasi balap tur Nasional dan/atau Regional untuk menjadwalkan acara yang disetujui. Pembalap dalam acara ini mendapatkan poin untuk peringkat dalam seri dan terkadang poin trek. Asosiasi juga biasanya membutuhkan dompet yang dijamin dari jejak acara yang disetujui.

Beberapa trek juga mengadakan kontes "lari apa yang Anda bawa" biasanya menjelang awal musim. Balap penonton mengadu dua pembalap dari tribun yang, setelah menandatangani surat pernyataan, dapat menjalankan mobil pribadi mereka satu sama lain dalam adu tembak satu lawan satu 1 atau 2 putaran.

Trek tanah cenderung agak lebih darurat dan lebih fleksibel daripada perkerasan aspal, dan dapat dikonversi untuk digunakan dalam olahraga motor lainnya. Misalnya, Little Valley Speedway di Little Valley, New York adalah trek tanah setengah mil yang dapat diubah menjadi angka 8, lubang derby pembongkaran, atau tarikan traktor langsung.

Kejuaraan[sunting | sunting sumber]

Baik arena pacuan kuda dan asosiasi balap memberikan kejuaraan sebagaimana ditentukan oleh pedoman dari buku peraturan terkait. Penghargaan, biasanya untuk sepuluh pembalap teratas di setiap kelas, dapat mencakup piala, jaket, dan sejumlah uang.

Kejuaraan trek diberikan sesuai dengan poin yang diperoleh selama musim. Sejumlah poin tertentu dapat diberikan untuk partisipasi dalam suatu acara dan poin tambahan ditambahkan tergantung pada posisi finis di setiap balapan. Poin yang diperoleh di satu trek umumnya tidak diperhitungkan dalam kejuaraan trek lain.

Di trek tanah yang disetujui oleh NASCAR, pembalap dapat bersaing dengan pembalap dari trek lain yang disetujui NASCAR, baik beraspal maupun tanah, untuk kejuaraan Whelen All-American Series di seluruh negara bagian dan provinsi, di mana pemain terbaik dari juara negara bagian dan provinsi akan memenangkan kejuaraan nasional. Semua pembalap model akhir Dirt memenangkan kejuaraan pertama NASCAR pada tahun 1982, dan pembalap ini telah sering memenangkan kejuaraan regional dan nasional dalam sejarah 30 tahun kejuaraan trek pendek NASCAR, yang hanya berlaku untuk divisi balap lokal (non-touring).

Asosiasi balap menghitung poin yang diperoleh di trek untuk balapan bersponsor tertentu dengan cara yang sama. Selain itu mereka dapat mempromosikan penampilan pembalap dan pemenang mereka di berbagai acara lainnya.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Assoc, American Motorcyclist (Januari 1984). Enam Puluh Tahun Pertama; Sejarah yang Diilustrasikan dari American Motorcyclist Association. American Motorcyclist. Diakses tanggal 1 Januari 2011. 
  2. ^ Assoc, Pengendara Sepeda Motor Amerika (August 1978). Ridin' To The Races. Pengendara Sepeda Motor Amerika. Diakses tanggal 1 Januari 2011. 
  3. ^ Untuk Memulai Balapan di Victory Lane Magazine

Pranala luar[sunting | sunting sumber]