Balap petualangan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tim Wild Rose sedang berada di bagian mendayung di Bulan Purnama pada bulan Juni 2009, Panorama Mountain Village
Perjalanan Tim Intrepid di garis start Raid the North Extreme Prince Rupert & Haida Gwaii, BC, 2007

Balap petualangan biasanya merupakan olahraga tim multidisiplin yang melibatkan navigasi di jalur hutan belantara tak bertanda dengan durasi balapan mulai dari dua jam hingga dua minggu. Beberapa balapan juga menawarkan kompetisi solo. Disiplin utama dalam balap tualang meliputi kelana alam, bersepeda gunung, dan mendayung meskipun perlombaan dapat mencakup banyak disiplin ilmu lain termasuk pendakian, abseiling, menunggang kuda, ski, dan arung jeram . [1] Tim umumnya bervariasi dalam campuran gender dan ukuran dari dua hingga lima peserta, namun format utama dianggap sebagai tim campuran gender yang terdiri dari empat pembalap. Biasanya tidak ada penangguhan jam selama balapan, berapa pun lamanya; waktu kompetisi yang telah berlalu berjalan bersamaan dengan waktu nyata, dan peserta harus memilih apakah atau kapan akan beristirahat.

Asal[sunting | sunting sumber]

Akar dari balap tualang sangat dalam dan asal mula balap tualang modern masih bisa diperdebatkan. Beberapa orang menunjuk pada Karrimor International Mountain Marathon selama dua hari, yang pertama kali diadakan pada tahun 1968 sebagai kelahiran balap petualangan modern. Karrimor Marathon mengharuskan tim yang terdiri dari dua orang untuk melintasi daerah pegunungan sambil membawa semua perbekalan yang diperlukan untuk menunjang diri mereka sendiri melalui lari maraton jarak ganda.

Pada tahun 1980, Alpine Ironman diadakan di Selandia Baru . Pesaing individu berlari, mendayung, dan bermain ski menuju garis finis yang jauh. Belakangan tahun itu, pencipta Alpine Ironman, Robin Judkins meluncurkan perlombaan Coast to Coast yang lebih terkenal, [2] yang melibatkan sebagian besar elemen balap tualang modern: lari lintas alam, bersepeda, dan mendayung. WildTrek 2 hari di Australia berlangsung dari tahun 1981 hingga 2005.

Secara mandiri pada tahun 1982, balap tualang panjang ekspedisi pertama, acara Amerika Utara selama seminggu yang disebut Alaska Mountain Wilderness Classic memulai debutnya. Classic melibatkan perjalanan di hutan belantara—tidak ada jalan raya, tidak ada hewan pengangkut, dan tidak ada tim pendukung yang membawa makanan dan peralatan dari awal hingga akhir—dengan jarak tempuh kurang dari 50 dari 150 mil panjangnya. Hal ini berlanjut hingga hari ini, mengubah jalur setiap 3 tahun.

Jenis perlombaan[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan rentangnya[sunting | sunting sumber]

  • 12-Jam: perlombaan enam hingga dua belas jam, menampilkan navigasi dan jelajah pandu arah terbatas.
  • 24 Jam: perlombaan yang berlangsung antara 18-30+ jam, biasanya melibatkan navigasi berbasis UTM ( Universal Transverse Mercator ). Seringkali pekerjaan tali dasar dilibatkan (misalnya, traverse atau rappels). Perlombaan 24 jam atau lebih lama biasanya mengharuskan peserta mempekerjakan kru pendukung untuk mengangkut perlengkapan dari satu tempat ke tempat lain. Sebagian besar balapan saat ini tidak mengizinkan kru pendukung, dengan penyelenggara balapan mengangkut tempat perlengkapan ke pos pemeriksaan yang ditunjuk untuk pembalap.
  • Ekspedisi: Balapan tiga hingga 11 hari (atau lebih lama), yang melibatkan semua tantangan balapan multi-hari, namun seringkali dengan disiplin tambahan (misalnya, menunggang kuda, acara mendayung yang tidak biasa, pendakian gunung ekstensif, dan kerja tali).
  • Beberapa hari: perlombaan 36–48+ jam, yang melibatkan navigasi tingkat lanjut dan pilihan rute; kurang tidur menjadi faktor penting.
  • Sprint: biasanya perlombaan dua sampai enam jam, menampilkan navigasi minimal dan kadang-kadang melibatkan permainan atau tes ketangkasan atau kelicikan khusus.
  • Tahapan Multi-hari: Kelipatan 2-5 hari dengan durasi yang bervariasi, namun setiap malam waktu perlombaan dihentikan dan peserta dapat memulihkan diri dan tidur.

Disiplin[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "New To Adventure Racing". USARA. 
  2. ^ "Coast to Coast". coasttocoast.co.nz (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 9 June 2018.