Balaklava

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Balaklava

Балаклава
Balıqlava
bagian dari Sevastopol
Bendera Balaklava
Bendera
Lambang Balaklava
Lambang
Lua error in Modul:Location_map at line 520: Unable to find the specified location map definition: "Module:Location map/data/Sevastopol" does not exist.
NegaraDiperebutkan
 Rusia,  Ukraina
WilayahSevastopol
Ketinggian
10 m (30 ft)
Populasi
 • Total30.000
Zona waktuUTC+4 (MSK)
Kode pos
299xxx
Kode area+380-692
Bekas namaCembalo (sampai 1475), Yamboli, Symbolon
Situs webhttp://balaklava.crimea.ua/

Balaklava (bahasa Ukraina: Балаклáва, bahasa Rusia: Балаклáва, bahasa Tatar Krimea: Balıqlava) adalah sebuah bekas kota di Semenanjung Krimea dan bagian dari kota Sevastopol. Tempat tersebut menjadi sebuah kota dalam haknya sendiri sampai 1957 ketika tempat tersebut secara resmi dimasukkan dalam perbatasan munisipal Sevastopol oleh pemerintah Soviet. Kota tersebut juga merupakan sebuah pusat administratif dari Bakalava Raion yang digunakan untuk menjadi bagian dari Oblast Krimea sebelum kota tersebut dipindahkan ke Munisipalitas Sevastopol.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pelabuhan Balaklava, 1830
Pelabuhan Balaklava, 1855, difoto oleh Roger Fenton

Balaklava telah berpindah tangan beberapa kali pada sejarahnya. Sebuah pemukiman di lokasi saat ininya aslinya dibentuk dengan nama Symbolon (Συμβολον) oleh Yunani Kuno, karena tempat tersebut merupakan kota komersial berpengaruh.

Pada Abad Pertengahan, kota tersebut dikuasai oleh Kekaisaran Bizantium dan kemudian oleh Genoa yang menaklukannya pada 1365. Bizantium menyebut kota tersebut Yamboli dan Genoa menamainya Cembalo. Bangsa Genoa membangun sebuah kekaisaran perdagangan besar di Mediterania dan Laut Hitam, membeli budak-budak di Eropa Timur dan mengirim mereka ke Mesir melalui Krimea.

Catatan[sunting | sunting sumber]


Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Galat skrip: tidak ada modul tersebut "Navbox with striping".