Bakir Pasaman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Holding Company

Achmad Bakir Pasaman (lahir di Bandung 27 Februari 1960) adalah seorang Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Holding Company. Ia ditunjuk oleh Kementerian BUMN sebagai Direktur Utama PT Pupuk Indonesia menggantikan Aas Asikin Idat yang sudah menjabat sejak 2015. Sebelumnya, Bakir Pasaman menjabat sebagai Direktur Utama PT Pupuk Kalimantan Timur (disebut juga Pupuk Kaltim).

Karier[sunting | sunting sumber]

Bakir Pasaman memulai kariernya di PT Rekayasa Industri sejak tahun 1985 hingga tahun 2000. Lalu ia ditunjuk menjadi CEO Rekayasa Industri Malaysia Sdn Bhd yang merupakan asosiasi dari PT Rekayasa Industri yang berada di Kuala Lumpur, Malaysia untuk periode tahun 2000 hingga tahun 2005.

Kemudian di tahun 2005 hingga 2011, ia menjabat sebagai Direktur Internasional Comspain XXI S.A yang merupakan afiliasi dari PT Rekayasa Industri yang berlokasi di Spanyol. Selain itu, ia juga menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur di PT Rekayasa Industri untuk periode 2007 hingga 2010.

Lalu di tahun 2010 hingga 2016, Bakir Pasaman dipercaya untuk menjabat sebagai Direktur Teknis dan Pengembangan PT Pupuk Kalimantan Timur, lalu ia ditunjuk sebagai Direktur Utama PT Pupuk Kalimantan Timur untuk periode 2016 hingga Agustus 2020. Dan sejak Agustus 2020, ia ditunjuk oleh Kementerian BUMN untuk menjabat sebagai Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Holding company.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Pendidikan

Bakir Pasaman adalah alumni Universitas Brawijaya, ia mendapatkan gelar doktor di bidang ilmu Administrasi Bisnis pada tahun 2019 lalu.

Keluarga

Bakir Pasaman Menikah dengan Ira Dewangga Hakim pada tahun 1987. Saat ini memiliki tiga orang anak yaitu Kania Aisha Pasaman, Keisha Annisa Pasaman dan Pasha Fadhlillah Pasaman.

Kegiatan Lain

Bakir Pasaman juga merupakan orang yang hobi berolahraga. Olahraga selam adalah yang paling digemarinya, ia merupakan seorang dive junkie.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Teks halaman.[1]

  1. ^ [1], Bakir Pasaman.