Lompat ke isi

Bakau merah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bakau merah
Rhizophora mangle Edit nilai pada Wikidata

1796 Plate by Johannes Zorn
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN178851 Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
SuperkerajaanEukaryota
KerajaanPlantae
DivisiTracheophyta
OrdoMalpighiales
FamiliRhizophoraceae
TribusRhizophoreae
GenusRhizophora
SpesiesRhizophora mangle Edit nilai pada Wikidata
Linnaeus, 1753
Tata nama
Sinonim taksonBruguiera decangulata (en) Terjemahkan Edit nilai pada Wikidata

Rhizophora mangle, bakau merah, [1] adalah sejenis pohon bakau yang tersebar di ekosistem muara di seluruh daerah tropis. "Benih" viviparinya, yang sebenarnya disebut propagul, menjadi tanaman dewasa sepenuhnya sebelum lepas dari pohon induknya.[2] Ini disebarkan oleh air hingga akhirnya tertanam di perairan dangkal.

Rhizophora mangle tumbuh pada akar penyangga udara, yang melengkung di atas permukaan air, memberikan ciri khas penampilan " bakau " pada tegakan pohon ini. Ini adalah tanaman berharga di ekosistem pesisir Florida, Louisiana, dan Texas. Namanya mengacu pada warna merah pada bagian dalam akarnya jika dibelah dua, sehingga tidak menampilkan warna merah pada tampilan aslinya. Di habitat aslinya, tanaman ini terancam oleh spesies invasif seperti pohon lada Brazil (Schinus terebinthifolius) . Bakau merah sendiri dianggap sebagai spesies invasif di beberapa lokasi, seperti Hawaii, yang membentuk semak monospesifik yang lebat.[3] Namun, semak belukar R. mangle menyediakan habitat bersarang dan berburu bagi beragam organisme, termasuk ikan, burung, dan buaya.

Keterangan

[sunting | sunting sumber]

Bakau merah mudah dibedakan melalui sistem akar penyangganya yang unik dan biji viviparnya . Akar penyangga bakau merah menggantungkannya di atas air, sehingga memberikan dukungan dan perlindungan ekstra. Mereka juga membantu pohon melawan hipoksia dengan memberikan asupan oksigen langsung melalui struktur akarnya .

Bakau ini bisa mencapai hingga 80 ft (24 m) tingginya dalam kondisi ideal, tetapi umumnya ditemukan pada ketinggian yang lebih sederhana 20 ft (6,1 m) . Kulit batangnya tebal dan berwarna abu-abu kecokelatan. Daun bakau berjumlah 1–2 in (2,5–5,1 cm) lebar dan 3–5 in (7,6–12,7 cm) panjang, dengan pinggiran halus dan bentuk elips . Warnanya hijau lebih gelap di bagian atas daripada di bagian bawah. Pohon itu menghasilkan bunga kuning di musim semi.

Reproduksi

[sunting | sunting sumber]

Sebagai tumbuhan vivipar, R. mangle menghasilkan propagul yang sebenarnya merupakan pohon hidup. Meski menyerupai polong yang memanjang, bibit yang tumbuh sempurna di bakau mampu berakar dan menghasilkan pohon baru. Pohon-pohon bersifat hermafrodit, mampu melakukan penyerbukan sendiri atau angin . Pohon tersebut tidak mengalami tahap dorman sebagai benih, melainkan berkembang menjadi tumbuhan hidup sebelum meninggalkan pohon induknya. Bibit bakau dapat mengapung di air payau selama lebih dari setahun sebelum berakar.

Di wilayah Casamance di Senegal selatan, akar R. mangle yang dibelah dua biasanya digunakan untuk membuat struktur atap dan langit-langit, serta untuk produksi kayu bakar dan arang.

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ a b Ellison, A.; Farnsworth, E.; Moore, G. (2015). "Rhizophora mangle". 2015: e.T178851A69024847. doi:10.2305/IUCN.UK.2015-1.RLTS.T178851A69024847.en.  Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama "iucn status 20 November 2021" didefinisikan berulang dengan isi berbeda
  2. ^ DeYoe, Hudson; Lonard, Robert I.; Judd, Frank W.; Stalter, Richard; Feller, Ilka (2020-03-24). "Biological Flora of the Tropical and Subtropical Intertidal Zone: Literature Review for Rhizophora mangle L". Journal of Coastal Research. 36 (4): 857. doi:10.2112/JCOASTRES-D-19-00088.1. ISSN 0749-0208. 
  3. ^ Allen, J.A., 1998.