Baju kajai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Berbagai gaya pakaian baju kajai

Baju kajai adalah model tali pakaian wanita yang dipasang dari bagian depan pakaian di sekitar bagian belakang leher, umumnya membiarkan bagian atas punggung terbuka. [1] Nama ini berasal dari kajai ternak.

Gaya pakaian leher kajai digunakan dengan pakaian renang, untuk memaksimalkan paparan sinar matahari di punggung dan meminimalkan garis-garis kecoklatan . Ini juga digunakan dengan gaun atau kemeja, untuk membuat gaun nirpunggung [2] atau atasan. Tali lehernya sendiri bisa ditutupi oleh rambut pemakainya, sehingga meninggalkan kesan dari belakang tidak ada yang menahan gaun atau kemejanya.

Jika beha dikenakan dengan atasan kajai, biasanya beha tersebut tidak memiliki tali atau konstruksi leher kajai itu sendiri, untuk menghindari tali belakang beha pada umumnya terlihat. Atasan kajai adalah jenis kaus tanpa lengan yang mirip dengan baju senteng (menurut definisi bahasa Inggris Amerika ) tetapi dengan tali diikat di belakang leher. Pada model atasan kajai lainnya, hanya terdapat tali sempit di belakang leher dan tali sempit di belakang tengah punggung, sehingga sebagian besar tanpa punggung. Desain ini menyerupai banyak atasan bikini, meskipun lebih menutupi bagian dada dan mungkin menutupi sebagian, seluruh atau bahkan tidak ada bagian perut di bagian depan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tariq, Sarina (14 April 2016). "Halter neck top - A DIY pattern". Sew Guide. Diarsipkan dari versi asli tanggal Dec 8, 2022. 
  2. ^ "Halter neck wedding dress". Wedding Corners. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 13, 2012. Diakses tanggal 2013-03-14.