Bajing pohon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bajing kelabu timur (Sciurus carolinensis)

Bajing pohon adalah anggota-anggota familI bajing (Sciuridae), yang biasanya hanya disebut dengan nama "bajing". Mereka mencakup lebih dari 100 spesies arboreal yang berasal dari semua benua kecuali Antarktika dan Oseania.[1][2][3]

bajing pohon tidak membentuk sebuah kelompok monofiletik; mereka saling berkerabat dengan tingkat kekerabatan yang berbeda dengan anggota-anggota famili bajing lainnya, seperti bajing tanah, bajing terbang, marmot dan bajing-belang. Ciri khas yang digunakan untuk mementukan spesies Sciuridae apa yang masuk kedalam kategori bajing pohon tergantung oleh habitat mereka, bukan fisiologi mereka. bajing pohon kebanyakan menghabiskan waktunya di pohon, bukan di galian atau diantara celah bebatuan seperti bajing lainnya. Sebuah pengecualian dari ini adalah bajing terbang yang juga tinggal di pepohonan, namun memiliki perbedaan fisiologis yang membedakannya dengan saudara-saudara bajing pohon lainnya: bajing terbang memiliki patagia, yaitu kulit yang mereka gunakan untuk sayap saat melayang, memungkinkannya untuk terbang layang.

Genus bajing pohon yang paling umum diketahui adalah Sciurus, yang mencakup bajing kelabu timur dari Amerika Utara, bajing merah dari Eurasia, dan bajing rubah dari Amerika Utara, beserta banyak lainnya. Banyak bajing pohon telah beradaptasi pada lingkungan yang telah dimodifikasi oleh manusia, seperti pertanian dan taman kota.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Menkhorst, P.; Knight, F. (2001). A Field Guide to the Mammals of Australia. Oxford University Press. hlm. 204. ISBN 0-19-550870-X. 
  2. ^ Seebeck, J. H. "Sciuridae" (PDF). Fauna of Australia. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2015-01-17. Diakses tanggal 2013-11-24. 
  3. ^ Musser, Guy G. (2007). "Squirrel". Encyclopædia Britannica online Academic edition. Chicago, Illinois: Encyclopædia Britannica. OCLC 263690320. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-01-02. Diakses tanggal 2010-02-20.