Baikut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Contoh khas baikut gaya Amerika Serikat bagian Selatan

Baikut[1] (juga iga babi samping) adalah berbagai macam iga yang dipotong dari bagian bawah babi, khususnya perut dan tulang dada, di belakang bahu, dan terdiri dari 11 hingga 13 tulang panjang. Daging dan lemak menutupi tulang.[2] Baikut (babi) dapat dibedakan dari iga pendek dari daging sapi. Baikut biasanya dimasak rendah dan lambat, baik diasap, dipanggang, atau direbus.

Baikut dimasak dan dimakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Mereka sangat populer dalam masakan Cina dan Amerika, yang umumnya disebut paigu ( Hanzi: 排骨; Pinyin: páigǔ; Yale (Bahasa Kanton): pàaih gwāt; harfiah: 'row of bones' ), dan dalam masakan Amerika Serikat bagian Selatan .

Persiapan[sunting | sunting sumber]

Asia[sunting | sunting sumber]

Dalam masakan Cina, Baikut umumnya dipotong terlebih dahulu menjadi 7-hingga-10-sentimeter (3 hingga 4 in) bagian, yang kemudian bisa digoreng, dikukus, atau direbus .

Dalam masakan Kanton di Tiongkok selatan, baikut umumnya berwarna merah dan dipanggang dengan saus manis dan gurih. Variasi baikut ini dikelompokkan sebagai salah satu hidangan paling umum dalam siu mei, atau hidangan daging panggang Kanton. Dalam masakan Cina Amerika, baikut umumnya dimasak dengan gaya char siu, dan sering kali disajikan sebagai bagian dari hidangan pembuka yang disebut piring pu pu .

Baikut ala Cina biasanya dikonsumsi dengan cara menggerogoti daging dari bagian tulang kecil yang diangkat tinggi-tinggi dengan sumpit.

Baikut adalah hidangan populer dalam masakan Korea. Mereka sering dipanggang atau dibakar. Bisa juga dibuat menjadi sup atau sup.

Amerika Selatan[sunting | sunting sumber]

Baikut sangat populer di Amerika Selatan . Mereka umumnya dimasak di atas panggangan barbekyu atau di atas api terbuka, dan disajikan sebagai lempengan (tulang dan semuanya) dengan saus. Karena lamanya waktu memasak yang dibutuhkan untuk memanggang, iga di restoran sering kali disiapkan terlebih dahulu dengan cara direbus, direbus setengah matang, atau dikukus rak iga lalu diakhiri di atas panggangan.

Baikut gaya selatan biasanya ditarik dari seluruh lempengan dan dikonsumsi satu per satu dengan tangan, dengan sejumlah kecil daging yang menempel pada setiap tulang digerogoti oleh pemakannya.

Baikut adalah hidangan populer dalam masakan Meksiko. Mereka sering dimasak dengan saus adobo, saus berbahan dasar cabai. Mereka juga bisa dibuat menjadi taco atau burrito.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Echols, John M.; Shadily, Hassan; Wolff, John U. (1989). An Indonesian-English Dictionary (dalam bahasa Inggris). Cornell University Press. ISBN 978-0-8014-2127-3. 
  2. ^ "Learn the facts about fat". Mayo Clinic (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-08-25.