Lua (bahasa pemrograman)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Bahasa pemrograman LUA)
Lua
ParadigmaMultiparadigma: skrip, imperatif (prosedural, berbasis prototipe berorientasi objek), fungsional
Dirancang olehRoberto Ierusalimschy
Waldemar Celes
Luiz Henrique de Figueiredo
Rilis perdana1993; 31 tahun lalu (1993)
Rilis stabil
5.4.6[1] Sunting di Wikidata / 14 Mei 2023 (14 Mei 2023)
Tipe sistemDinamis, kuat, duck
Sistem operasiMultiplatform
LisensiLisensi MIT
Ekstensi nama berkas.lua
Situs webwww.lua.org
Repositoriwww.lua.org
Implementasi utama
Dialek
Metalua, Idle, GSL Shell, Luau
Terpengaruh oleh
C++, CLU, Modula, Scheme, SNOBOL
Mempengaruhi
Io, GameMonkey, Squirrel, Falcon, MiniD
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Lua (/ˈlə/ LOO; dari Portugis: lua yang berarti "bulan") merupakan bahasa pemrograman ringkas yang dirancang sebagai bahasa pemrograman dinamis berbasis skrip dengan semantik yang dapat dikembangkan atau ditambahkan. Sebagai bahasa skrip, Lua memiliki API dalam bahasa C yang relatif lebih sederhana dibandingkan bahasa skrip lainnya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Lua ditulis pertama kali oleh Roberto Ierusalimschy, Luiz Henrique de Figueiredo, dan Waldemar Celes yang merupakan anggota Computer Graphics Technology Group (Tecgraf) pada universitas Pontifical Catholic, Rio de Janeiro, Brasil, pada tahun 1993.

Sebelumnya, sejak tahun 1977 hingga tahun 1992, pemerintah Brazil menerapkan kebijakan perdagangan yang membatasi perdagangan termasuk pertukaran baik perangkat keras ataupun perangkat lunak komputer. Dalam atmosfer yang demikian, banyak klien Tecgraf tidak mampu, baik secara politik maupun finansial, untuk membeli perangkat lunak dari luar. Alasan itulah yang mendorong Tecgraf untuk mengimplementaskan perangkat utilitas dasar yang dibutuhkan.[2]

Secara historis, bahasa pemrograman Lua berawal dari bahasa pemrograman yang digunakan untuk pendeskripsian serta entri data, serta pengkonfigurasian suatu sistem yang masing-masing dikembangkan secara terpisah oleh tecgraf dari tahun 1992 hingga tahun 1993.[3] Tujuan pengembangan tersebut awalnya merupakan usaha untuk menambahkan fitur serta meningkatkan fleksibilitas atas dua proyek pengembangan perangkat lunak yang sedang mereka kerjakan saat itu. Namun terdapat kekurangan atas alur kontrol atas bahasa tersebut sehingga menumbuhkan ide untuk mengembangkannya lebih lanjut dengan fitur-fitur dasar yang lengkap sebagai sebuah bahasa pemrograman.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Secara umum Lua digambarkan sebagai bahasa pemrograman multi paradigma yang menyediakan seperangkat kecil atas fitur-fitur umum yang dapat dikembangkan lebih lanjut untuk memenuhi ragam kebutuhan yang berbeda-beda, karenanya Lua tidak menyediakan fitur yang lengkap dan kompleks yang hanya berfokus pada satu paradigma pemrograman. Sebagai contoh, Lua tidak secara eksplisit mendukung inheritance yang merupakan kemampuan untuk menurunkan sifat sebuah objek dalam konsepsi pemrograman berorientasi objek namun Lua menyediakan fasilitas metatable yang memungkinkan hal tersebut diimplementasikan relatif cukup mudah.

Secara umum, Lua berusaha untuk menyediakan fitur-fitur abstrak/meta yang lebih fleksibel dan dapat dikembangkan jika dibutuhkan dibandingkan menyediakan seperangkat pustaka yang lengkap untuk memenuhi satu kebutuhan tertentu. Hal tersebut menjadikan Lua sebagai bahasa pemrograman yang ringkas dan dapat secara mudah diadaptasikan untuk memenuhi beragam jenis kebutuhan.

Lua merupakan bahasa pemrograman dinamis yang ditujukan untuk digunakan sebagai bahasa skrip, dan cukup ringkas untuk disisipkan dalam berbagai jenis platform utama. Lua hanya mendukung beberapa jenis struktur data atomik seperti; boolean, floating point, serta string. Jenis-jenis tipe/struktur data lainnya seperti; larik, set, ataupun list direpresentasikan dalam Lua melalui satu bentuk tipe data, table.

Contoh program Lua[sunting | sunting sumber]

Contoh klasik sebuah program hello world dapat ditulis dengan bahasa Lua sebagai berikut:

 print("Hello World!")

Komentar menggunakan sintaksis yang lebih kurang sama dengan Ada, Eiffel, SQL dan VHDL:

-- Sebuah komentar di Lua dimulai dengan tanda hubung ganda dan berlaku sampai ke akhir baris.
--[[ String dengan beberapa baris & komentar
     dibuka dan ditutup dengan kurung siku ganda. ]]
--[=[ Komentar seperti ini dapat memiliki --[[komentar]] didalamnya. ]=]

Contoh lainnya, fungsi rekursif atas faktorial:

 function factorial(n)
  if n == 0 then
    return 1
  else
    return n * factorial(n - 1)
  end
 end

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "[ANN Lua 5.4.6 now available"]; diakses pada: 14 Mei 2023; untai nama pengarang: Luiz Henrique de Figueiredo; menggunakan bahasa: Inggris; tanggal terbit: 14 Mei 2023.
  2. ^ Ierusalimschy, R.; Figueiredo, L. H.; Celes, W. (2007). "The evolution of Lua" (PDF). Proc. of ACM HOPL III. hlm. 2–1–2–26. doi:10.1145/1238844.1238846. ISBN 978-1-59593-766-X Periksa nilai: invalid character |isbn= (bantuan). 
  3. ^ "The evolution of an extension language: a history of Lua". 2001. Diakses tanggal 2008-12-18. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]