Bahasa di Catalonia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bahasa di
Catalonia
ResmiCatalonia, Spanyol, Aran
PribumiCatalonia, Aran
ImigranBerber, Spanyol Amerika, Arab Maghreb, Rumania, Inggris Britania, Urdu
AsingInggris, Prancis
IsyaratBahasa Isyarat Catalonia (resmi)
Tata letak papan tombol
QWERTY Spanyol
L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Ada empat bahasa dengan status resmi di Catalonia (sebuah komunitas otonom di Spanyol): Catalonia; Spanyol, yang berstatus resmi di seluruh Spanyol; Aran, sebuah dialek dari Occitania yang dituturkan di Lembah Aran; dan Bahasa Isyarat Catalonia.[1] Banyak bahasa lain yang dituturkan di Catalonia akibat dari imigrasi baru-baru ini dari seluruh dunia.

Catalonia memiliki status khusus sejak disetujui Status Otonomi 1979 yang menyatakan sebagai bahasa yang "sesuai dengan Catalonia".[2] Spanyol menjadi satu-satunya bahasa resmi selama sebagian besar periode dari abad ke-18 hingga 1975.

Statistik[sunting | sunting sumber]

Persebaran proporsi bahasa asli di Catalonia, 2008.[3]

Menurut sensus bahasa yang diadakan oleh Pemerintah Catalonia pada 2008, 45,92% warga negara lebih dari 15 tahun menyatakan Spanyol sebagai [satu-satunya] bahasa yang biasa mereka gunakan, dengan 35,64% berbahasa Catalonia, 11,95% berbicara dua bahasa; jumlah yang lebih besar mengklaim Catalonia sebagai "bahasa mereka sendiri" (37,25% Catalonia dengan 46,53% Spanyol dan 8,81% berbicara dua bahasa).[3]

Terakhir, sejak Status Otonomi 1979, Aran—sebuah dialek Occitania Gascon—berstatus resmi dan dilindungi dengan khusus di Lembah Aran. Area kecil dengan 7.000 penduduk ini adalah satu-satunya tempat di mana Occitania (sebagian besar dituturkan di Prancis dan beberapa lembah Italia) menerima status resmi penuh. Namun, pada 9 Agustus 2006, ketika Status yang baru mulai berlaku, Aran menjadi resmi di seluruh Catalonia.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Statute of Autonomy of Catalonia (2006) Diarsipkan 2013-08-26 di Wayback Machine., Article 50, paragraph 6. Retrieved 2012-08-24. "The public authorities shall guarantee the use of Catalan sign language and conditions of equality for deaf people who chooses to use this language, which shall be the subject of education, protection and respect."
  2. ^ [1] Diarsipkan May 28, 2008, di Wayback Machine.
  3. ^ a b Usos lingüístics. Llengua inicial, d'identificació i habitual. Institut d'Estadística de Catalunya. Idescat.cat

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Topik Catalonia Templat:Bahasa di Eropa