Bahasa di Albania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bahasa di
Albania
Penanda jalan di wilayah Dollna Goricë yang ditulis menggunakan bahasa Albania dan Makedonia, sementara grafiti dibawahnya ditulis menggunakan bahasa Albania
ResmiAlbania
MinoritasYunani, Makedonia, Romania, Serbia, Aromania
AsingJerman, Inggris, dan banyak bahasa-bahasa di Eropa
IsyaratBahasa Isyarat Albania
Tata letak papan tombol
Tata letak papan tombol Albania
L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Albania merupakan sebuah negara dengan kekayaan etnikal homogeneus dengan mayoritas dari populasinya menuturkan bahasa Albania, sekaligus merupakan bahasa resmi dari Albania. Bahasa ini sendiri memiliki dua dialek yang jauh berbeda satu sama lainnya, yakni Tosk, yang dituturkan di selatan dan Gheg, yang dituturkan di utara. Meskipun demikian, banyak dari orang Albania yang juga dapat menuturkan bahasa asing, seperti Italia, Yunani, Prancis,Jerman, Inggris. Beberapa dari orang Albania juga bahasa-bahasa lain di Balkan karena tingginya jumlah diaspora Albania dan komunitas Albania di seluruh Balkan.

Meskipun banyak etnis Albania (dari dalam Albania, Balkan, dan diaspora yang lebih luas) di seluruh dunia dapat menuturkan lebih dari dua bahasa dan telah diakui sebagai seorang poliglot, Albania adalah negara tertinggi keempat di Eropa dalam hal persentase penduduk satu bahasa, dengan 59,9% darinya merupakan penutur bahasa tunggal.[1] Di Albania sendiri, bahasa Italia digunakan secara luas di seluruh Albania, sementara bahasa Yunani terpusat di selatan Albania walaupun banyak warga negara Albania menuturkan bahasa Yunani karena faktor imigrasi. Saat ini, pengetahuan bahasa Inggris di Albania berkembang sangat pesat, terutama di kalangan anak muda.

Status bahasa Albania[sunting | sunting sumber]

Persentase penutur bahasa di Albania
Albania
  
98,7%
Yunani
  
0,54%
Makedonia
  
0,16%

Dalam Pasal 14 Konstitusi Albania disebutkan bahwa "Bahasa Resmi di Republik Albania ialah Bahasa Albania".[2] Menurut sensus populasi 2011, sekitar 2.765.610 atau 98,767% penduduk Albania merupakan ataupun diakui sebagai penutur bahasa ibu dari Albania.[3]

Dialek[sunting | sunting sumber]

Tosk, dialek selatan dari bahasa Albania ditetapkan sebagai bentuk baku dari bahasa Albania (Bahasa Albania Baku). Sementara itu, terdapat dialek lain dari bahasa Albania, yakni: dialek utara (Gheg) yang dituturkan oleh Orang Albania Kosovo, Arbanasi Kroasia, Reka Hulu, dan Istria. Kedua dialek, Utara dan Selatan, secara tradisional dibatasi oleh Sungai Shkumbin. Meskipun keduanya agak berbeda satu sama lain, penutur dari masing-masing dialek dapat saling mengerti lawan dialeknya.[4][5] Terdapat juga vrietas penting lainnya yang semuanya merupakan sub-dialek Tosk, termasuk Lab, Cham, Arbëresh yang dituturkan di Italia dan juga Arvanitika yang dituturkan di Arvanitik, Yunani Selatan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Foreign language skills statistics". Eurostat Statistics Explained. Diakses tanggal 2022-01-13. 
  2. ^ "Constitution of the Republic of Albania" (PDF). Republic of Albania Council of Ministers. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 8 August 2012. Diakses tanggal 12 November 2012. 
  3. ^ "Archived copy" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2012-01-12. Diakses tanggal 2012-06-21. 
  4. ^ Baker, Colin; Jones, Sylvia Prys (1998). Encyclopedia of bilingualism and bilingual education. Clevedon: Multilingual Matters. hlm. 412. ISBN 9781853593628. 
  5. ^ Dana, Leo Paul (2001). Economies of the Eastern Mediterranean region : economic miracles in the making. Singapore [u.a.]: World Scientific. hlm. 47. ISBN 9789810244743. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]