Lompat ke isi

Bahasa Tartu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bahasa Tartu
tartu kiil
tarto kiil
Dituturkan diEstonia
WilayahTartumaa
Penutur
4109 (2011 census)
Bentuk baku
Bahasa literatur Estonia Selatan
Dialek
Sangaste-Karula
Puhja-Rannu
Võnnu-Kambja
Tartu-Maarja
Otepää
Aksara Latin
Kode bahasa
ISO 639-3
LINGUIST List
LINGUIST list sudah tidak beroperasi lagi
ekk-tar
Glottologtart1244[1]
Lokasi penuturan
Peta bahasa di Estonia selatan. Tartu dapat ditemukan di sebelah utara kawasan berbahasa Võro.
 Portal Bahasa
L • B • PW   
Sunting kotak info  Lihat butir Wikidata  Info templat

Bahasa Tartu (bahasa Estonia: tartu keel) adalah varietas dari bahasa Estonia Selatan yang dituturkan di Estonia, dekat kota Tartu. Bahasa ini memiliki kemiripan dengan bahasa Mulgi, khususnya varietas Tarvastu dan Helme. Bahasa ini secara historis, bersama bahasa Võro utara, telah menjadi basis dari bahasa literatur Estonia Selatan.[2]

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Pada sensus Estonia 2011, 4109 orang dilaporkan menuturkan bahasa Tartu, dan pada sensus 2021 [et], dialek Mulgi dan Tartu dikombinasikan dituturkan oleh 2% dari populasi berbahasa Estonia.[3]

Bahasa ini mencapai puncak pada abad ke-17 dan melemah hingga tahun 2000-an. Jumlah penuturnya telah meningkat sejak saat itu, namun mayoritas penutur sudah menua, dan sedikit media dalam bahasa Tartu. Gerakan pembangkitan bahasa Tartu tidak sekuat gerakan pembangkitan dari bahasa Seto, Mulgi dan Võro.

Literatur[sunting | sunting sumber]

Koleksi oleh Jakob Hurt berjudul "Eesti mõtteloo" berisi khotbahnya dalam dialek Rõngu dari bahasa Tartu. Dalam literatur modern, Mats Traat merupakan pengguna utama bahasa Tartu.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2023). "Tartu". Glottolog 4.8. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  2. ^ Erelt, Mati, ed. (2007). Estonian language (PDF). Linguistica Uralica. Supplementary series (edisi ke-2nd). Tallinn: Estonian Academy Publishers. ISBN 978-9985-50-399-7. OCLC 321053986. 
  3. ^ "Demographic and ethno-cultural characteristics of the population | Statistikaamet". rahvaloendus.ee (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-07-15.