Bahasa Kamasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kamasi
Kaŋmažən šəkət
Dituturkan diRusia
EtnisKamasi
Punah1989, wafatnya Klavdiya Plotnikova
Uralik
Kode bahasa
ISO 639-3Mencakup:
xas – Kamasi & Koibal
zkb – Koibal
LINGUIST List
zkb
Glottologkama1351[1]

Bahasa Kamasi (Kam: Kaŋmažən šəkət) adalah bahasa Uralik yang telah punah. Bahasa ini dikategorikan sebagai salah satu rumpun bahasa Samoyed Selatan, bersama dengan bahasa Mator dan Selkup (meskipun ini bukan merupakan sub-rumpun). Penutur ibu bahasa Kamasi terakhir, Klavdiya Plotnikova, meninggal pada tahun 1989. Bahasa Kamasi dituturkan di Rusia, sebelah utara Pegunungan Sayan, oleh suku Kamasi. Penutur terakhir sebagian besar tinggal di desa Abalakovo. Sebelum kepunahannya, bahasanya sangat dipengaruhi oleh bahasa-bahasa Turkik.

Istilah Koibal digunakan sebagai etnonim untuk orang Kamasi yang beralih ke bahasa Khakas, salah satu rumpun bahasa Turkik. Orang Koibal modern adalah campuran Samoyed – Khakas – Yeniseian. Bahasa Kamasia didokumentasikan oleh Kai Donner dalam perjalanannya ke Siberia bersama dengan bahasa-bahasa Samoyed lainnya. Tapi upaya dokumentasi pertama dimulai pada 1740-an.[2] Pada tahun 2016, Universitas Tartu menerbitkan buku elektronik pembelajaran bahasa Kamasia.[3] Tata bahasa dan kosakata Kamasia terdokumentasi dengan baik.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2019). "Kamas-Koibal". Glottolog 4.1. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  2. ^ https://www.infuse.finnougristik.uni-muenchen.de/e-learning/kamas/index.html
  3. ^ "Kamas - Integrating Finno-Ugric Studies in Europe - LMU Munich". www.infuse.finnougristik.uni-muenchen.de (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-01-15. 
  4. ^ Donner, Kai (1944). "Kai Donners Kamassiches Wörterbuch nebst Sprachproblem und Hauptzügen der Grammatik". 

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Britannica, Edisi 1984, Vol. 18, h. 1025.
  • Wixman, Ronald. The Peoples of the USSR. h. 109.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]