Dialek Alsace

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Bahasa Elsass)
Bahasa Alsace
Linguistic Map of Alsace
Peta linguistik di Alsace
Dituturkan diPrancis
WilayahAlsace
Penutur
900.000 (2013)[1]
Aspek ketatabahasaan
Tipologi
Status resmi
Diakui sebagai
bahasa minoritas di
Diatur olehTidak ada pengatur resmi
Dipromosikan secara resmi melalui 'Office pour la Langue et les Cultures d’Alsace et de Moselle (OLCA)' (Kantor untuk bahasa dan budaya Alsace daj Moselle), didanai oleh daerah Grand Est (sebelumnya daerah Alsace), dan dewan departemen Bas-Rhin dan Haut-Rhin.
Kode bahasa
ISO 639-2gsw
ISO 639-3gsw (dengan Bahasa Jerman Swiss)
Glottologswis1247  (Alemanik Tengah)[2]
IETFgsw-FR
Lokasi penuturan
Lokasi penuturan Dialek Alsace
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode. Untuk pengenalan mengenai simbol IPA, lihat Bantuan:IPA.
 Portal Bahasa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini
Pemberitahuan
Templat ini mendeteksi bahwa artikel bahasa ini masih belum dinilai kualitasnya oleh ProyekWiki Bahasa dan ProyekWiki terkait dengan subjek.

Apa tujuan penilaian artikel?

Sistem penilaian memungkinkan ProyekWiki memantau kualitas artikel dalam bidang subjeknya, dan memprioritaskan pengerjaan artikel ini

Siapa yang dapat menilai artikel?

Secara umum, siapa pun dapat menambah atau mengubah peringkat artikel. Namun, menilai sebuah artikel sebagai "Kelas-A" umumnya membutuhkan persetujuan dari setidaknya dua penyunting, dan label "AB" dan "AP" hanya boleh digunakan pada artikel yang telah diulas dan saat ini ditetapkan sebagai artikel bagus atau artikel pilihan.
23.12, Rabu, 21 Februari, 2024 (UTC) • hapus singgahan

Dialek Alsace adalah sebuah bahasa Jermanik yang dituturkan oleh sekitar 1 juta jiwa di daerah Alsace di Prancis bagian timur, dekat bekas perbatasan Jerman. Dalam bahasa Prancis, bahasa ini disebut alsacien. Dalam bahasa Jerman disebut elsässich Sprache.

Kebanyakan orang Alsace masih menuturkan bahasa Alsace, khususnya di perdesaan, tetapi karena dominasi bahasa Prancis dalam pendidikan, penggunaannya cenderung menghilang di antara generasi muda.

Contoh[sunting | sunting sumber]

Kata Terjemahan
Bumi Erd
surga Himmel
air Wasser
api Fir
lelaki Mann
perempuan Frau
makan essa
minum trinka
besar gross
kecil klaan
malam Nacht
siang Dâa

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Templat:Ethnologue19
  2. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2023). "Alemanik Tengah". Glottolog 4.8. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]