Bahasa-bahasa resmi Uni Eropa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bahasa di Uni Eropa
Bahasa resmi

Bahasa-bahasa resmi Uni Eropa adalah bahasa yang digunakan oleh orang-orang di dalam negara anggota Uni Eropa (UE).

UE memiliki 24 bahasa resmi, tiga bahasa di antaranya yaitu: bahasa Inggris, bahasa Prancis dan bahasa Jerman memiliki status bahasa "prosedural" yang lebih tinggi[1] di Komisi Eropa (sedangkan Parlemen Eropa menerima semua bahasa resmi sebagai bahasa kerja).[2] Bahasa Irlandia sebelumnya berstatus lebih rendah yaitu sebagai "bahasa perjanjian", kemudian ditingkatkan menjadi bahasa resmi dan bahasa kerja pada tahun 2007, saat ini statusnya diturunkan untuk sementara waktu sebagai bahasa kerja hingga tahun 2021 karena kesulitan menemukan penerjemah yang berkualifikasi.[3][4]

Tiga bahasa prosedural yang telah disebutkan tadi adalah bahasa-bahasa yang digunakan dalam pekerjaan sehari-hari lembaga-lembaga Uni Eropa. Penunjukan Irlandia sebagai "bahasa perjanjian" berarti bahwa hanya perjanjian Uni Eropa yang diterjemahkan ke dalam bahasa Irlandia, sedangkan Undang-Undang Hukum Uni Eropa yang diadopsi di bawah perjanjian (seperti Arahan dan Regulasi) tidak harus diterjemahkan ke dalam bahasa Irlandia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "European Commission - PRESS RELEASES - Press release - Frequently asked questions on languages in Europe". europa.eu (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 11 March 2017. 
  2. ^ "EU". 
  3. ^ "Irish lost in translation". POLITICO (dalam bahasa Inggris). 10 March 2017. Diakses tanggal 11 March 2017. 
  4. ^ OP/B.3/CRI, Publications Office -. "Publications Office — Interinstitutional style guide — 7.2.4. Rules governing the languages in the institutions". publications.europa.eu (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 11 March 2017.