Bahan peledak phlegmatis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bahan peledak phlegmatis adalah bahan peledak yang telah ditambahkan bahan (phlegmatizer) untuk menstabilkan atau menurunkan kepekaannya. Sikap phlegmatisasi biasanya meningkatkan sifat penanganan bahan peledak (misalnya ketika amunisi diisi di pabrik). Terobosan Alfred Nobel adalah penggunaan selulosa nitrat untuk melakukan phlegmatisasi nitrogliserin. Produk apatisnya adalah dinamit.[1]

Bahan peledak TNT sendiri dapat digunakan untuk memflegmatisasi bahan peledak yang lebih sensitif seperti RDX (membentuk Cyclotol), HMX (membentuk Octol) atau PETN (membentuk Pentolite). Bahan phlegmatisasi khas lainnya termasuk lilin parafin (5% digunakan dalam OKFOL dan Komposisi H6), kertas atau bahkan air (digunakan dalam bahan peledak gel air). Bahan-bahan tersebut hampir selalu mudah terbakar (sehingga menambah bahan bakar ke dalam ledakan) atau setidaknya mudah mendidih. Biasanya, sejumlah kecil bahan phlegmatisasi digunakan, misalnya Komposisi B, yang ditambahkan 1% lilin parafin, atau granat tangan RGO Rusia yang mengandung 90 gram bahan peledak "A-IX-1", yang terdiri dari 96% RDX dan 4% parafin lilin menurut beratnya. Contoh penggunaan lainnya adalah ranjau anti-personil VS-50, yang berisi bahan peledak 43 gram RDX, yang sekali lagi diphlegmatisasi dengan menggabungkannya dengan lilin parafin 10% berdasarkan beratnya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Balser, Klaus; Hoppe, Lutz; Eicher, Theo; Wandel, Martin; Astheimer, Hans‐Joachim; Steinmeier, Hans; Allen, John M. (2004). "Cellulose Esters". Ullmann's Encyclopedia of Industrial Chemistry. doi:10.1002/14356007.a05_419.pub2. ISBN 9783527303854.