Lompat ke isi

Bagian pecahan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Grafik bagian pecahan bilangan riil

Bagian pecahan atau bagian desimal[1] dari bilangan real non-negatif adalah angka lain setelah bagian bilangan bulat dari bilangan tersebut. Bagian bilangan bulat dari suatu bilangan sendiri dapat didefinisikan menggunakan fungsi lantai dari atau . Kemudian, bagian pecahannya dapat dirumuskan sebagai:

.

Pada bilangan positif yang ditulis dalam sistem bilangan posisi konvensional (seperti biner atau desimal), bagian pecahannya ditulis sesuai dengan digit setelah koma. Misalnya, 1,7 memiliki bagian desimal 0,7.

Angka negatif[sunting | sunting sumber]

Terdapat tiga cara untuk mendefinisikan bagian pecahan dari bilangan negatif. Ketiga definisi tersebut adalah:

  • Definisi seperti bilangan positif[2], yaitu
  • Definisi bagian setelah koma[3], yaitu
dengan adalah fungsi bilangan bulat terkecil atau fungsi atap dari .


Definisi terakhir juga dapat ditulis dengan lebih sederhana dengan cara:

.

Ketiga definisi tersebut menghasilkan bagian pecahan yang berbeda. Misalnya, untuk bagian pecahan dari -1,3 akan menghasilkan 0,7 dari defisini pertama, 0,3 dari definisi kedua, dan -0,3 dari definisi ketiga.

Kaitan dengan pecahan berlanjut[sunting | sunting sumber]

Setiap bilangan riil dapat direpresentasikan sebagai pecahan berlanjut, yaitu penjumlahan dari bagian bilangan bulat dengan timbal balik dari bagian pecahannya. Timbal balik dari bagian pecahan tersebut selanjutnya dapat ditulis sebagai penjumlahan dari bagian bilangan bulatnya dengan timbal balik dari bagian pecahannya, dan seterusnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Decimal part". Oxford Dictionaries. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 15, 2018. Diakses tanggal 2018-02-15. 
  2. ^ Graham, Ronald L.; Knuth, Donald E.; Patashnik, Oren (1992), Concrete mathematics: a foundation for computer science, Addison-Wesley, hlm. 70, ISBN 0-201-14236-8 
  3. ^ Daintith, John (2004), A Dictionary of Computing, Oxford University Press 
  4. ^ Weisstein, Eric W. "Fractional Part." From MathWorld--A Wolfram Web Resource