Badan Penjamin Investasi Multilateral

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Badan Penjamin
Investasi Multilateral
Multilateral Investment Guarantee Agency logo.png
Logo MIGA
Tanggal pembentukan1988
JenisLembaga keuangan pembangunan
Badan hukumPerjanjian
TujuanAsuransi risiko politik, investasi asing langsung
Kantor pusatWashington, D.C.
Jumlah anggota
181 negara
Wakil Presiden Eksekutif
Keiko Honda
Organisasi induk
Grup Bank Dunia
Situs webmiga.org

Badan Penjamin Investasi Multilateral (bahasa Inggris: Multilateral Investment Guarantee Agency; MIGA) adalah lembaga keuangan internasional yang menyediakan asuransi risiko politik dan jaminan peningkatan kredit. Jaminan ini membantu investor melindungi investasi asing langsungnya dari risiko politik dan non-komersial di negara berkembang.[1] MIGA adalah anggota Grup Bank Dunia dan berkantor pusat di Washington, D.C., Amerika Serikat. MIGA didirikan tahun 1988 dalam bentuk fasilitas asuransi investasi untuk meningkatkan kepercayaan investor di negara-negara berkembang.[2] Misi resmi MIGa adalah "meningkatkan investasi asing langsung ke negara-negara berkembang untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, mengurangi kemiskinan, dan memperbaiki kehidupan masyarakat".[1] MIGA mencari proyek-proyek yang berusaha menciptakan lapangan pekerjaan, membangun infrastruktur, menghasilkan sumber pajak baru, dan memanfaatkan sumber daya alam lewat kebijakan dan program berkelanjutan.[3]

MIGA dimiliki dan dipimpin oleh negara-negara anggotanya, namun dikelola oleh jajaran eksekutif dan stafnya sendiri. Pemegang sahamnya adalah negara anggota yang menanamkan modal dan memegang hak suara. MIGA menjamin utang jangka panjang dan investasi ekuitas beserta aset dan kontrak jangka panjang lain. Badan ini dievaluasi oleh Grup Evaluasi Independen Bank Dunia setiap tahun.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Multilateral Investment Guarantee Agency. "Overview". World Bank Group. Diakses tanggal 2012-06-25. 
  2. ^ Multilateral Investment Guarantee Agency. "History". World Bank Group. Diakses tanggal 2012-06-25. 
  3. ^ Multilateral Investment Guarantee Agency. "News & Broadcast: MIGA (Multilateral Investment Guarantee Agency)". World Bank Group. Diakses tanggal 2012-06-27. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]