Ayam mutiara nasar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ayam mutiara nasar
Acryllium vulturinum
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22679572
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoGalliformes
FamiliNumididae
GenusAcryllium
SpesiesAcryllium vulturinum
Hardw., 1834

Ayam mutiara nasar ( Acryllium vulturinum ) adalah spesies ayam mutiara terbesar yang masih ada. Secara sistematis, burung ini hanya berkerabat jauh dengan genera ayam mutiara lainnya. Kerabat terdekatnya yang masih hidup, ayam mutiara dada-putih, Agelastes meleagrides menghuni hutan primer di Afrika Tengah. Ia merupakan anggota keluarga burung Numididae, dan merupakan satu-satunya anggota genus Acryllium . Ia merupakan unggas yang tinggal di timur laut Afrika, dari Ethiopia selatan hingga Kenya dan hingga Tanzania utara.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Di Taman Nasional Tsavo East, Kenya

Ayam mutiara nasar berukuran besar ( 61–71 sentimeter (24–28 in) ) burung dengan tubuh bulat dan kepala kecil. Ia memiliki sayap, leher, kaki dan ekor yang lebih panjang dibandingkan ayam mutiara lainnya. Burung mutiara nasar dewasa mempunyai wajah berwarna biru dan leher berwarna hitam, dan meskipun semua ayam mutiara lainnya memiliki kepala yang tidak berbulu, spesies ini tampak seperti burung nasar karena leher dan kepalanya yang panjang dan telanjang.

Leher ramping menonjol dari jubah retasan panjang, mengkilap, biru dan putih. Dadanya berwarna biru kobalt, dan bulu seluruh tubuhnya berwarna hitam, berbintik-bintik halus dengan warna putih. Sayapnya pendek dan bulat, serta ekornya lebih panjang dibandingkan anggota famili Numididae lainnya.

Jenis kelaminnya serupa, meskipun betina biasanya sedikit lebih kecil dibandingkan jantan dan memiliki taji tarsal yang lebih kecil. Burung muda sebagian besar berwarna abu-abu kecokelatan, dengan dada biru kusam dan bulu pendek.

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Ayam mutiara nasar adalah spesies yang suka berteman, membentuk kawanan di luar musim kawin yang biasanya terdiri dari sekitar 25 burung. Makanan spesies ini adalah biji-bijian dan invertebrata kecil. Ayam mutiara ini adalah hewan terestrial dan akan berlari dibandingkan terbang ketika merasa khawatir. Meski habitatnya terbuka, ia cenderung bersembunyi dan bertengger di pepohonan. Mereka mengeluarkan suara membuat cing-cing-cing-cing yang keras.

Ia berkembang biak di habitat kering dan terbuka dengan semak dan pepohonan yang tersebar, seperti sabana atau padang rumput. Biasanya ia bertelur 4–8 telur berwarna krem di celah rumput yang tersembunyi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Acryllium vulturinum". 2016: e.T22679572A92819650. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22679572A92819650.en.