Avatar (film 2009)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Avatar
Avatar-Teaser-Poster.jpg
Poster film Avatar
Sutradara James Cameron
Produser James Cameron
Jon Landau
Skenario James Cameron
Pemeran Sam Worthington
Zoe Saldana
Stephen Lang
Michelle Rodriguez
Sigourney Weaver
Musik James Horner
Sinematografi Mauro Fiore
Penyunting James Cameron
John Refoua
Stephen E. Rivkin
Perusahaan
produksi
Lightstorm Entertainment
RatPac-Dune Entertainment
Ingenious Media
Distributor 20th Century Fox
Tanggal rilis
  • 10 Desember 2009 (2009-12-10) (Odeon Leicester Square)
  • 17 Desember 2009 (2009-12-17) (Britania Raya)
  • 18 Desember 2009 (2009-12-18) (Amerika Serikat)
Durasi
161 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Britania Raya
Bahasa Inggris
Anggaran $237 juta[2]
Pendapatan kotor $2,787,965,087[3]

Avatar, dikenal sebagai James Cameron's Avatar, adalah film fiksi ilmiah petualangan Amerika Serikat tahun 2009 yang disutradarai oleh James Cameron dan diproduseri oleh James Cameron dan Jon Landau. Naskah film ini ditulis oleh James Cameron. Film ini dibintangi oleh Sam Worthington, Zoe Saldana, Stephen Lang, Michelle Rodriguez dan Sigourney Weaver.

Film Avatar ditayangkan secara perdana di Odeon Leicester Square pada tanggal 10 Desember 2009[4] dan dirilis di Britania Raya pada tanggal 17 Desember 2009 dan di Amerika Serikat pada tanggal 18 Desember 2009.[5][6] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2154, manusia telah menghabiskan sumber daya alam bumi yang menyebabkan krisis energi yang parah. Administrasi Pengembangan Sumber Daya (Resources Development Administration atau RDA) menambang mineral berharga - unobtanium - di Pandora, bulan berpenghuni dan berhutan lebat yang mengitari raksasa gas Polyphemus dalam sistem bintang Alpha Centauri.[7] Pandora, yang atmosfernya beracun bagi manusia, dihuni oleh suku Na'vi, spesies humanoid[8] setinggi 10 kaki (3 meter), berkulit biru, yang hidup selaras dengan alam dan menyembah Dewi Ibu bernama Eywa.

Untuk menjelajahi biosfer Pandora, para ilmuwan menggunakan hibrida Na'vi dan manusia yang disebut "avatar", yang dioperasikan oleh manusia yang sesuai genetik. Jake Sully (Sam Worthington), mantan marinir yang lumpuh, menggantikan mendiang saudara kembarnya sebagai operator untuk satu avatar. Dr. Grace Agustinus (Sigourney Weaver), kepala program avatar, menganggap Sully sebagai pengganti yang tidak memadai namun Jake mendapatkan tugasnya sebagai pengawal. Sambil melindungi avatar Grace dan rekannya, Dr. Norm Spellman (Joel David Moore), saat mengumpulkan data biologis, avatar Jake diserang oleh seekor thanator dan melarikan diri ke hutan, di mana ia diselamatkan oleh Neytiri, seorang wanita Na'vi. Melihat tanda keberuntungan pada Jake, Neytiri membawanya ke klannya, di mana ibu Neytiri, Mo'at (C. C. H. Pounder), pemimpin spiritual klan tersebut, memerintahkan putrinya untuk mempersiapkan Jake ke dalam masyarakat mereka.

Kolonel Miles Quaritch (Stephen Lang), kepala pasukan keamanan RDA, berjanji pada Jake bahwa perusahaan tersebut akan mengembalikan kaki Jake jika ia mendapatkan informasi tentang Na'vi dan tempat berkumpulnya klan, sebuah pohon raksasa bernama Hometree, dengan alasan bahwa pohon itu berdiri di atas lapisan unobtanium terbesar di daerah tersebut. Ketika Grace mengetahui hal ini, ia memindahkan dirinya, Jake dan Norm ke sebuah pos terdepan di dalam hutan. Selama tiga bulan berikutnya, Jake mulai berbaur dan bersimpati dengan penduduk asli. Setelah Jake siap berbaur ke dalam suku tersebut, ia dan Neytiri memilih satu sama lain sebagai pasangan, dan segera setelah itu, Jake berubah kesetiaannya saat ia mencoba untuk menonaktifkan buldoser yang mengancam untuk menghancurkan tempat suci Na'vi. Ketika Kolonel Miles menunjukkan rekaman video serangan Jake terhadap buldoser ke administrator Parker Selfridge (Giovanni Ribisi),[9] dan hal lainnya di mana Jake mengakui bahwa Na'vi tidak akan pernah meninggalkan Hometree, Parker memerintahkan untuk menghancurkan Hometree.

Meskipun Grace berargumen bahwa menghancurkan Hometree dapat merusak jaringan saraf biologis pada Pandora, Parker memberikan Jake dan Grace satu jam untuk meyakinkan Na'vi agar dievakuasi sebelum memulai serangan tersebut. Ketika ia mencoba memperingatkan Na'vi, Jake mengaku sebagai mata-mata dan Na'vi membawanya dan Grace sebagai tahanan. Mengetahui hal ini, pasukan Kolonel Miles menghancurkan Hometree, membunuh ayah Neytiri, kepala suku Eytukan (Wes Studi), dan yang lainnya. Mo'at membebaskan Jake dan Grace, namun mereka terlepas dari avatar mereka dan ditahan oleh pasukan Kolonel Miles. Pilot Trudy Chacón (Michelle Rodriguez), yang merasa kesal dengan kebrutalan Kolonel Miles, membawa mereka ke pos terdepan Grace di hutan, namun saat pelarian tersebut, Kolonel Miles menembaki mereka dan mengenai Grace.

Untuk mendapatkan kembali kepercayaan Na'vi, Jake menghubungkan pikirannya dengan pikiran Toruk, seekor pemangsa seperti naga yang ditakuti dan dihormati oleh Na'vi. Jake menemukan para pengungsi di Pohon Jiwa yang suci dan memohon kepada Mo'at untuk menyembuhkan Grace. Klan tersebut mencoba untuk mentransfer Grace dari tubuh manusia ke avatarnya dengan bantuan Pohon Jiwa, namun ia meninggal sebelum prosesnya selesai. Didukung oleh ketua baru Tsu'tey (Laz Alonso), Jake berbicara untuk mempersatukan klan tersebut dan memberitahu mereka agar mengumpulkan semua klan untuk berperang melawan RDA. Mengetahui ancaman besar yang akan terjadi, Kolonel Miles melakukan serangan awal terhadap Pohon Jiwa, percaya bahwa kehancurannya akan menundukkan para penduduk aslinya. Pada malam pertempuran, Jake berdoa kepada Eywa, melalui hubungan saraf dengan Pohon Jiwa, untuk menjadi perantara atas nama Na'vi.

Dalam pertempuran tersebut, korban Na'vi terus bertambah, termasuk Tsu'tey dan Trudy. Namun mereka diselamatkan saat para hewan Pandora secara tak terduga bergabung dengan serangan tersebut dan menguasai manusia, yang Neytiri tafsirkan sebagai jawaban Eywa atas doa Jake. Jake menghancurkan seorang pengebom darurat sebelum bisa mencapai Pohon Jiwa. Kolonel Miles, yang mengenakan jas AMP, lolos dari pesawatnya yang tertembak jatuh dan membuka peti avatar di mana Jake berbaring di sana dan mengeluarkannya ke atmosfer beracun Pandora. Kolonel Miles akan menggorok avatar Jake, namun Neytiri membunuh Kolonel Miles dan menyelamatkan Jake karena kehabisan napas.

Dengan pengecualian Jake, Norm dan beberapa orang lainnya, semua manusia diusir dari Pandora dan dikirim kembali ke bumi, termasuk Parker, dan setelah itu, Jake dipindahkan secara permanen ke avatarnya dengan bantuan Pohon Jiwa.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Manusia
Suku Na'vi
  • Zoe Saldana sebagai Neytiri
  • C. C. H. Pounder sebagai Mo'at, ibu Neytiri
  • Wes Studi sebagai Eytukan, ayah Neytiri
  • Laz Alonso sebagai Tsu'tey

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Avatar mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 83%, berdasarkan 299 ulasan, dengan rating rata-rata 7.5/10.[10] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 83 dari 100, berdasarkan 35 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[11] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[12]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Avatar mendapatkan $760,507,625 di Amerika Utara dan $2,027,457,462 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $2,787,965,087, melebihi anggaran produksi film $237 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $77,025,481, menempati posisi teratas di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Avatar [3D] (12A)". British Board of Film Classification. December 8, 2009. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  2. ^ Patten, D. (December 3, 2009). "'Avatar's' True Cost – and Consequences". The Wrap. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 16, 2009. Diakses tanggal December 12, 2009. 
  3. ^ a b c "Avatar (2009)". Box Office Mojo. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  4. ^ Standora, Leo (December 11, 2009). "'Avatar' FIRST REVIEW: James Cameron's $400 million sci-fi movie thrills London audience". New York Daily News. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ D'Alessandro, Anthony (December 19, 2009). "'Avatar' takes $27 million in its first day". Variety. Diakses tanggal January 11, 2010. 
  6. ^ Douglas, Edward (December 21, 2009). "Avatar Soars Despite Heavy Snowstorms". ComingSoon.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 23, 2009. Diakses tanggal December 21, 2009. 
  7. ^ Horwitz, Jane (December 24, 2009). "Family Filmgoer". Boston Globe. Diakses tanggal January 9, 2010. 
  8. ^ Rottenberg, Josh. "James Cameron Talks Avatar: Brave Blue World," Entertainment Weekly No. 1081 (December 18, 2009): 48.
  9. ^ Cameron, James. "Avatar" (PDF). Avatar Screenings. Fox and its Related Entities. hlmn. 8 and 15. Archived from the original on February 9, 2010. Diakses tanggal February 9, 2010. 
  10. ^ "Avatar (2009)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  11. ^ "Avatar reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  12. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]