Aussie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Aussie adalah istilah prokem bahasa Inggris Australia yang berarti orang/bangsa Australia.

Penggunaan etnik[sunting | sunting sumber]

Dalam konteks sesudah Al Grassby, Aussie digunakan secara defensif (sebagai lawan bagi pemisahan kultural) oleh beberapa kelompok bangsa Australia sebagai istilah untuk mengenali masyarakat dari kelompok kultural tradisional (keturunan Inggris-Irlandia).[1] Sebuah kesejajaran yang lemah muncul di antara penggunaannya di Australia dan Boer di Afrika Selatan, kedua-duanya merujuk kepada turunan penghuni yang lebih dini, sebagai lawan bagi imigran.

Terminologi ini menerima perhatian internasional sebagai hasil dari kerusuhan Cronulla 2005,[2] di mana t-shirt (khususnya t-shirt yang memuat bendera Australia) dan coretan di pantai terbaca "100% Kebanggaan Aussie" dan terlihat lebih besar sebagai tampilan indetifikasi etnik. Istilah ini digunakan untuk membedakan keturunan Inggris-Irlandia dari keturunan Libanon atau Timur-Tengah.

Lagu[sunting | sunting sumber]

Sampo[sunting | sunting sumber]

Aussie juga merupakan produk sampo dari "Procter and Gamble" yang pertama diluncurkan di Australia. Kini sekarang dipasarkan juga di Britania Raya, Norwegia, Swedia, dan Denmark.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  • Down Under, ragam lisan merujuk pada hal-hal yang berkaitan dengan, atau berasal dari Australia.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hirst, John (2005). Sense and Nonsense in Australian History. Black Inc. Agenda. hlm. 11–13. ISBN 0-97507-699-X. 
  2. ^ BBC World News, 12 Desember 2005, diakses pada 12 Juli 2005
  3. ^ Mukjizat Turun: Bagaimana Petani Selandia Baru Sejahtera tanpa Subsidi atau Perlindungan Buletin Pusat Penelitian Perdagangan Bebas, diakses pada 13 Oktober 2008