Down Under

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Istilah Down Under (Indonesia: Di bawah) merupakan bahasa percakapan yang mengacu pada wilayah di Australia dan Selandia Baru atau negara kepulauan di Pasifik Selatan seperti Fiji dan Samoa. Istilah ini berasal dari sebuah fakta bahwa negara-negara ini berada di belahan Bumi selatan, yang berarti "di bawah" dari berbagai negara yang lain, pada susunan biasa dari peta atau globe yang menempatkan mata angin utara di atas.[1][2]

Istilah ini telah digunakan sejak akhir abad ke-19[3] dan penggunaan media yang terus-menerus dari istilah tersebut telah menyebabkan penerimaan dan penggunaan yang luas. Lagu dari Men at Work berjudul "Down Under" menjadi lagu reli patriotik bagi warga Australia. Juara tinju Rusia–Australia Kostya Tszyu dijuluki "The Thunder from Down Under" (Indonesia: Guntur dari Bawah), seperti halnya pemain snoker Australia Neil Robertson. Ketika Miss Australia Jennifer Hawkins saat itu dinobatkan sebagai Miss Universe 2004 di Quito, Ekuador, ia dipanggil dengan julukan yang sama oleh pembawa acara tersebut, Billy Bush.

Menurut Glossary of Movie Terms dari Roger Ebert, Down Under Rule:

Tidak ada set film di Australia yang diperbolehkan menggunakan kata Australia dalam judulnya selain "Down Under" sebagai pengganti yang dapat diterima. Contohnya, kita tidak punya The Rescuers in Australia atau Quigley in Australia.

Tour Down Under adalah perlombaan bersepeda di dan sekitar Adelaide, Australia Selatan, dan sejak 2009 telah menjadi acara perdana dari kalender Peringkat UCI World Tour, yang berpuncak pada Giro di Lombardia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ New Oxford American Dictionary (NOAD2), entry for "Down Under"
  2. ^ Oxford English Dictionary (Electronic), Version 4.0, entry for "down under". The dictionary recodes the first published use in 1886 by J. A. Froude in "Oceana" p. 92 "We were to bid adieu to the 'Australasian'…She had carried us safely down under."
  3. ^ Froude, James Anthony (2010) [1886]. Oceana, Or, England and Her Colonies. Cambridge University Press. hlm. 19, 92. ISBN 9781108023900. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • "Wanted Down Under". BBC. 22 January 2016. Diakses tanggal 9 September 2018. 
  • "Homepage". Down Under Centre. Diakses tanggal 9 September 2018.