Aulia Sofyan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Aulia Sofyan

Aulia Sofyan (lahir 18 Oktober 1972) adalah seorang birokrat Indonesia kelahiran Desa Meunasah Timu, Peusangan, Bireuen. Ia menempuh pendidikan di MIN 1 Matangglumpangdua, SMPN 1 Matangglumpangdua, SMA 1 Banda Aceh, Diploma III STPDN Bandung, S2 Unpad Bandung dan meraih gelar Dokter dalam bidang perencanaan Pembangunan Kota (Urban Planning) dari Universitas Queensland, Australia.

Pada tahun 1994, ia diangkat menjadi salah satu staf di Kantor Gubernur Aceh. Kemudian, ia menjadi staf di BPM Aceh. Setelah itu, ia pindah tugas menjadi staf di BPM Aceh Timur, menjadi kepala seksi ekonomi di Kantor Camat Simpang Ulim, Aceh Timur. Kemudian, ia pindah lagi ke Banda Aceh. Pada mulanya, ia menjabat sebagai staf di Kantor Wali Kota Banda Aceh dan menduduki sejumlah jabatan lainnya.

Setelah gempa bumi dan tsunami Samudra Hindia 2004, ia menjadi Manajer Pengembangan Ekonomi BRR, Manajer Perencanaan BRR dan pengelola aset BRR tahun 2007-2008. Ia kemudian diangkat menjadi Kepala Bidang Administrasi Pelaksanaan Transisi BRR dan Pj Kepala Pusat Pelaksanaan Transisi BRR. Setelah itu, ia diangkat menjadi Kepala Bidang Penelitian, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Bappeda Aceh dan berbagai jabatan lainnya.

Pada tahun 2018-2021, ia diangkat menjadi Plt Kepala BPM Aceh. Pada 2 September 2011, ia menjadi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Provinsi Aceh. Pada 2 September 2021, ia mendapat tugas sebagai Kepala Biro Organisasi dan Perencanaan DPR RI. Ia juga menjadi dosen di STIM Banda Aceh, dosen Fakultas Teknik USK, dosen Fakultas Ilmu Sosial Politik Umuslim maupun di Unimal Lhokseumawe. Pada 2022, ia dilantik menjadi pelaksana jabatan Bupati Bireuen menggantikan Muzakkar A Gani.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]