Audiensi (pertemuan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Audiensi diplomat Prancis le Vicomte d'Andrezel dengan Sultan Selim III pada 10 Oktober 1724 di Istana Topkapı.

Audiensi adalah sebuah pertemuan resmi yang diadakan antara seorang kepala negara dan orang lainnya yang diundang kepala negara tersebut. Seringkali, undangan tersebut berisi sebuah permintaan untuk melakukan pertemuan kepada orang lainnya. Meskipun terkadang digunakan di republik untuk menyebut pertemuan dengan presiden, istilah tersebut lebih sering dikaitkan dengan penguasa monarki dan Paus.

Britania Raya[sunting | sunting sumber]

Di Britania Raya, audiensi dengan penguasa monarki Inggris biasanya dicantumkan dalam Court Circular, yang diterbitkan per hari oleh pers lembar lebar. Perdana Menteri Inggris melakukan audiensi mingguan dengan Elizabeth II, biasanya setiap Rabu,[1] pada masa parlmenter di Istana Buckingham.

Denmark[sunting | sunting sumber]

Di Kerajaan Denmark, audisensi publik dengan penguasa monarki Denmark biasanya diadakan setiap Senin kedua di Istana Christiansborg. Sebuah undangan tidak ditujukan untuk audiensi publik. Audiensi pribadi penguasa monarki dengan kepala negara, kepala pemerintahan, delegasi parlementer, pemimpin organisasi internasional dan pemimpin militer biasanya diadakan di istana residensi penguasa Monarki di Istana Amalienborg.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 March 2013. Diakses tanggal 11 March 2013. 
  2. ^ "Audiens". kongehuset.dk. Diakses tanggal 2012-06-27.